Health

Praktikkan Cara Meredakan Sakit Gigi yang Efektif Berikut

By Erwin |

Bagaimana cara meredakan sakit gigi yang efektif? Apakah Anda sudah mengetahuinya atau belum? Jika belum, tidak ada salahnya membaca artikel ini sehingga bisa mengetahui caranya yang benar-benar efektif.

Anda mungkin sekarang belum merasakan sakit gigi yang rasanya sangat menyakitkan. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan di kemudian hari nanti akan merasakannya. Oleh karenanya, Anda harus mengenal cara meredakan sakitnya dulu agar nanti dapat mempraktikkan sendiri.

Apa Penyebab Sakit Gigi?

Penyebabnya secara umum ada dua, yaitu disebabkan gaya hidup serta kebiasaan sehari-hari dan faktor internal dari organ gigi yang bermasalah. Kedua penyebab tersebut lebih sering dan dominan yang pertama.

Dalam artian, banyak orang sakit gigi karena kebiasaannya yang kurang sehat. Ditambah sering mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis dan tinggi glukosa. Jika hal tersebut setiap hari dipraktikkan, maka tinggal menunggu waktu saja sakit gigi datang menyerang.

Beberapa kebiasaan yang kurang sehat berkaitan dengan sakit gigi, antara lain malas sikat gigi, sering makan dan minum yang manis-manis, dan tidak pernah memeriksakan gigi ke dokter untuk mengetahui kondisinya.

Biasanya, anak kecil yang suka dan sering makan serta minum manis-manis. Dikarenakan rasanya enak, maka ingin selalu memakannya dalam porsi banyak. Jika dilakukan hampir tiap hari, kandungan glukosa apalagi ada pemanis buatan di dalam makanan atau minumannya akan merusak gigi sedikit demi sedikit.

Namun kenyataannya, banyak juga orang dewasa yang suka mengkonsumsi makanan dan minuman manis. Oleh karenanya, jangan heran semakin banyak orang menderita sakit gigi mulai dari anak-anak hingga orang tua.

Bagaimana Cara Meredakan Sakit Gigi yang Mudah dan Efektif?

Ada beberapa caranya yang bisa Anda praktekkan saat nanti benar-benar sakit gigi. Caranya mudah dipraktekkan dan hasilnya cukup efektif. Untuk lebih detailnya, berikut uraiannya yang harus Anda baca.

1. Mengompres Pipi dengan Es batu

Jika merasakan sakit gigi menyerang, segera ambil pecahan es batu secukupnya. Setelah itu, bungkus dengan kain dan tempelkan pada bagian pipi yang dirasakan sakit. Hal tersebut untuk meredakan pembengkakan gusi hingga bagian pipi disebabkan gigi yang sakit.

2. Berkumur dengan Air Garam

Cara lain yang bisa Anda praktekkan, yaitu berkumur dengan air garam. Tuangkan air hangat satu gelas, lalu tambahkan garam sekitar satu sendok makan. Setelah itu, aduk sebentar dan gunakan untuk berkumur selama beberapa menit.

Namun perlu diingat, jangan sampai tertelan airnya. Lakukan kumur-kumur tersebut beberapa kali. Setelah itu, Anda bisa meminum air putih hangat dan menyikat gigi hingga bersih.

3. Mengoleskan Minyak Cengkeh

Cara tradisional dengan bahan herbal yang bisa Anda lakukan saat sakit gigi, yaitu menggunakan minyak cengkeh. Oleskan saja minyak cengkeh tersebut pada gigi atau gusi yang sakit, lalu diamkan beberapa saat. Setelah itu, berkumur-kumur dengan air hangat dan Anda bisa merasakan tidak sakit lagi.

Beberapa cara meredakan sakit gigi diatas bisa Anda praktekkan satu per satu. Tentu saja saat nanti Anda merasakan sakit pada gigi. Selamat mencoba.

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category