Health

Obat Alami dan Obat Pereda Nyeri Tenggorokan Sakit Saat Menelan 

By Natural Farm |

Anda pernah merasakan tenggorokan sakit saat menelan makanan atau minuman? Kondisi ini sering terjadi akibat radang maupun infeksi tenggorokan. Kondisi lainnya bisa karena flu, radang amandel, tukak kerongkongan, hingga asam lambung naik. 

Bukan hanya itu saja, tenggorokan yang sakit ketika menelan bisa akibat dari infeksi Covid-19. Apalagi jika gejalanya diikuti oleh batuk, demam, juga sesak napas. Lalu bagaimana pengobatan yang benar? cek uraian berikut! 

Cara Meredakan Sakit Ketika Menelan Secara Alami

Rasa sakit ketika menelan bisa terjadi ketika terlalu sering bicara atau teriak. Oleh karena itu, jangan melulu menggunakan obat-obatan pereda nyeri. Cobalah beberapa cara meringankan tenggorokan sakit berikut ini : 

1. Konsumsi makanan dan minuman hangat

Konsumsi minuman hangat dengan lemon dicampur madu, teh herbal, teh bunga chamomile, jahe, dan sebagainya. Anda juga bisa konsumsi makanan hangat, seperti sup ayam.

Konsumsi makanan dan minuman hangat bisa membantu mengencerkan lendir dan membantu meredakan rasa sakit ketika menekan. Namun, jangan dulu memakan makanan yang keras dan runcing, seperti keripik dan makanan berminyak. Karena bisa membuat tenggorokan gatal. 

2. Perbanyak konsumsi air putih 

Konsumsi air putih bisa melembabkan, menenangkan tenggorokan, serta bisa mencegah iritasi. Sebaiknya cukupi kebutuhan minum air putih 8 gelas per harinya. Tujuannya agar cairan tubuh tercuku[i dan tenggorokan bisa segara pluit. 

3. Pakai alat gosok 

Gunakan minyak atau obat gosok yang terbuat dari bahan tanaman herbal, seperti menthol, peppermint. Oleskan pada bagian dada dan hidung. Anda hirup aromanya agar menenangkan tenggorokan yang meradang. 

4. Berkumur pakai garam 

Berkumur dengan garam bisa membantu membersihkan tenggorokan, mengurangi pembengkakan, dan mengencerkan dahak, bisa mencegah infeksi saluran pernapasan atas. Cara konsumsi cukup larutkan air dengan garam, kemudian gunakan berkumur. 

Lakukan kumur setidaknya 3 jam sekali. Anda bisa menambahkan ¼ sendok teh baking soda dalam larutan itu. Lakukan kumur sambil menengadahkan kepala supaya garam bisa menjangkau tenggorokan bagian belakang. 

Cara mengobati tenggorokan sakit saat menelan menggunakan obat pereda nyeri 

Jika masalah sakit tenggorokan tidak kunjung sembuh. Tidak ada salahnya konsultasi ke dokter. Biasanya obat yang sering digunakan dalam kondisi ini adalah : 

1. Obat kumur 

Obat ini berfungsi untuk pereda rasa sakit ketika menelan dan bisa membasmi kuman yang membuat infeksi tenggorokan. Anda bisa membeli di Apotek atau toko terdekat. 

2. Anti inflamasi 

Sakit tenggorokan bisa terjadi akibat inflamasi, makanya Anda bisa konsumsi obat anti inflamasi agar mengurangi peradangan kerongkongan, amandel, juga tenggorokan. Obat ini tersedia bentuk sirop, semprot, juga tablet. 

3. Antibiotik 

Konsumsi antibiotik juga salah satu cara meredakan tenggorokan yang sakit. Alasannya, sakit tenggorokan bisa akibat dari bakteri pada kerongkongan, amandel juga tenggorokan. 

Jenis antibiotik yang sering digunakan untuk obat sakit tenggorokan ketika menelan, yakni penisilin dan amoxicillin. Jika Anda alergi dengan jenis obat tersebut, bisa menggunakan obat jenis lain. 

Demikianlah informasi tentang pengobatan tenggorokan sakit saat menelan yang bisa Anda lakukan secara alami dan dengan menggunakan obat pereda nyeri. Semoga membantu.

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category