Health

Penting, Yuk Kenali Fungsi Ginjal Bagi Tubuh Manusia!

By Natural Farm |

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh manusia yang memiliki fungsi yang sangat vital. Kegagalan fungsi pada ginjal akan menyebabkan kualitas kesehatan menurun tergantung pada jenis kerusakannya. Nah, untuk itu, akan kami bahas beberapa fungsi ginjal, antara lain yaitu:

Menyaring Darah

Salah satu fungsi ginjal adalah membuang racun, air, kadar garam, mineral berlebihan dan limbah dengan kandungan nitrogen yang terdapat pada darah maupun tubuh manusia, kemudian akan dibuang hasil metabolisme yang tidak dibutuhkan tubuh. 

Limbah – limbah tersebut akan diubah menjadi urin yang terkumpul dipanggul lalu dikeluarkan dari tubuh manusia melalui proses buang air besar maupun buang air kecil. Tanpa adanya ginjal, limbah dan racun berbahaya akan menumpuk di darah dan menimbulkan berbagai gangguan kesehatan. 

Produksi Hormon 

Fungsi ginjal selanjutnya ialah memproduksi berbagai hormon penting dalam tubuh antara lain yaitu: 

1. Hormon Calcitriol

Hormon ini berfungsi untuk mengaktifkan vitamin D, adapun fungsinya berperan menjaga kesehatan tulang. 

2. Hormon Renin Angiotesin

Hormon ini berfungsi sebagai pengatur tingkat keregangan maupun kontraksi pada pembuluh darah di dalam tubuh. Hal tersebut berkaitan erat dengan tekanan darah. 

3. Hormon Erytropetin

Hormon ini berfungsi merangsang sumsum tulang guna menghasilkan sel darah merah, sehingga kadar hemoglobin dalam tubuh tetap terjaga kestabilannya.

Mengatur Keseimbangan Air

Ginjal manusia sangatlah canggih, karena memiliki kemampuan untuk mengendalikan keseimbangan cairan tubuh, sehingga seluruh jaringan dalam tubuh menerima cukup air. Dengan begitu, seluruh jaringan dapat bekerja secara baik. 

Tak hanya itu, ginjal juga memiliki kemampuan menahan air ketika tubuh memerlukan banyak cairan guna menghindari dehidrasi. Selain itu, ginjal juga bisa memberikan reaksi ketika terjadi perubahan kadar air dalam tubuh. 

Mengatur Konsentrasi Mineral dan Elektrolit

Selanjutnya, fungsi dari organ ginjal adalah mempertahankan konsentrasi elektrolit dan mineral yang ada dalam darah seperti kalium, natrium, fosfor dan kalsium. Adapun fungsi elektrolit dalam tubuh yaitu sebagai pendukung aktivitas sel dan jaringan tubuh seperti saraf dan otot. 

Mengatur Keseimbangan Asam Basa Darah

Fungsi terakhir yang tidak kalah penting dari ginjal ialah menjaga keseimbangan apas basa (pH) tetap stabil yaitu berkisar antara 7,35 – 7,45. Keseimbangan pH darah sangatlah berpengaruh pada proses metabolisme dalam tubuh. 

Setelah mengetahui berbagai fungsi ajaib ginjal, maka wajib bagi anda untuk menjaga kesehatan ginjal dengan menjaga pola makan yang sehat, rutin melakukan aktivitas fisik dan olahraga, mencukupi kebutuhan air putih dan lain – lain. 

Yuk mulai sadari dan mulai menerapkan gaya hidup sehat, agar fungsi ginjal anda tetap maksimal. Selian itu, lakukan medical check up secara berkala untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan dan dapat melakukan tindakan secepatnya bila terjadi gangguan kesehatan. 





 

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category