Health

Pastikan Hindari 5 Buah Yang Dilarang Untuk Penderita Diabetes Ini!

By Natural Farm |

Pantangan buah pasien diabetes penting dipahami. Walaupun buah dapat membantu kesehatan tubuh penderita diabetes, ada beberapa buah yang dilarang untuk penderita diabetes. Buah memang tidak mengandung glukosa seperti gula biasa. Namun, kandungan fruktosa pada buah tetap tinggi.

Kandungan fruktosa adalah model gula natural yang ada di buah. Karena memiliki struktur mirip gula, penderita diabetes harus batasi asupannya. Pantangan untuk makan terutama untuk buah dengan kandungan fruktosa tinggi.

Untuk lebih tahu dan dapat menghindari dengan baik. mari bahas bersama buah – buahan tersebut pada artikel ini!

5 Buah – Buahan yang Harus Dihindari Pasien Diabetes

Mangga

Mangga memiliki kandungan gula tinggi dan umumnya mudah sekali diserap tubuh. Mangga muda ataupun mangga manis tetap memiliki kandungan fruktosa yang tinggi. Karena itu, sangat disarankan untuk menghindari buah ini.

Pisang

Pisang sangat dikenal sebagai buah energi. Banyak orang cukup makan satu atau dua buah pisang sebagai sarapan tiap harinya. Sayangnya, kandungan energi ini berasal dari kandungan gula pada pisang. Fruktosa yang tinggi ini tidak boleh sampai dikonsumsi penderita diabetes.

Pepaya

Pepaya termasuk buah dengan nilai energi dan gula tinggi. Alasan buah yang dilarang untuk penderita diabetes ini sama seperti pisang.

Nanas

Nanas memiliki kandungan yang dapat mempengaruhi berbagai sel protein dalam tubuh manusia. Anda tentu pernah dengar bahkan memakan satu nanas dapat membuat air mani pada pria terasa manis. Jika sampai dapat mengubah rasa air mani, pasti kandungan gula fruktosa di dalamnya sangat tinggi. Karena itu buah ini harus dihindari.

Semangka

Semangka memberikan kesegaran pada tubuh karena airnya. Sayangnya, fruktosa dalam bentuk air di semangka sangat mudah menyebabkan lonjakan kandungan gula pada darah pasien diabetes. Karena itu, lebih baik tidak konsumsi buah ini.

Hati – Hati Konsumsi Buah Selama Menderita Diabetes

Walaupun banyak dokter menyarankan ara penderita diabetes tetap konsumsi buah, pastikan tetap hati – hati. Selain menggunakan list buah yang harus dihindari di atas, tata cara makan buah juga harus diperhatikan.

Buah yang mudah diserap tubuh adalah yang paling berbahaya. Saat buah cepat diserap tubuh, tingkatan gula dalam tubuh dapat naik drastis dalam waktu pendek. Hal ini tidak boleh terjadi pada penderita diabetes.

Untuk hindari lonjakan cepat gula ini, pilih buah yang lama dicerna saja. Saat pencernaan mengambil nutrisi perlahan dari buah, tubuh tetap mendapatkan nutrisi tanpa ada lonjakan gula terjadi. Karena itu, lebih utamakan buah dengan serat tinggi.

Jumlah konsumsi juga harus dibatasi. Walaupun buah tergolong makanan yang baik untuk tubuh, konsumsi berlebihan akan membahayakan pasien diabetes. Pastikan juga hindari buah yang sudah diproses. Contoh saja asinan buah, manisan buah dan juga juice buah. Karena kebanyakan olahan buah mudah diserap tubuh, lebih baik makan yang alami saja.

Semoga bahasan tentang buah yang dilarang untuk penderita diabetes ini berguna bagi Anda sekalian. Terima kasih sudah baca artikelnya!

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category