Health

Rekomendasi Obat Flu Yang Aman Untuk Ibu Menyusui

By Natural Farm |

Flu dapat menyerang semua orang, baik anak muda maupun orang tua. Penyebab umumnya kelelahan dan cuaca yang sering berubah-ubah. Penyakit ini bukan penyakit musiman yang mematikan. Namun, pengobatan tetap diperlukan, dan tidak semua obat boleh dikonsumsi, terutama oleh ibu hamil dan menyusui yang mana mereka membutuhkan obat flu yang aman untuk ibu menyusui.

Alasannya karena obat yang diminum berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan bayi. Wanita menyusui yang menderita penyakit yang disebabkan oleh satu virus dapat menggunakan pengobatan flu. Meski begitu, asupan harus dipantau, terutama jika wanita tersebut memilih obat bebas di toko obat dan membelinya tanpa resep dokter.

Pilihan Obat Flu Yang Aman Untuk Ibu Menyusui

Memilih obat flu yang salah justru bisa memperparah gejala flu Anda alih-alih membuatnya hilang. Oleh karena itu, para ibu dianjurkan untuk memilih obat flu yang hanya memiliki satu bahan aktif untuk menyembuhkan satu gejala saja. Alasan di balik ini adalah kebanyakan obat flu dihasilkan dari campuran berbagai bahan aktif, dan inilah yang harus diatasi.

Beberapa zat tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu yang sedang menyusui. Nah, berikut beberapa rekomendasi obat flu yang aman untuk ibu menyusui.

1. Dextromethorphan

Batuk pada umumnya berhubungan dengan flu. Anda dapat meminum obat yang mengandung dextromethorphan untuk mengatasi batuk yang menyebabkan tenggorokan gatal terus menerus. Bahan ini berperan aktif dengan menurunkan keinginan ibu untuk batuk.

Perawatan flu ini telah disetujui untuk digunakan oleh ibu menyusui. Namun, tidak disarankan jika ibu memiliki riwayat asma, bronkitis, atau pernah menderita diabetes. Alasannya karena menelannya akan memperburuk kondisi.

2. Dekongestan

Selain batuk, flu sering kali menyebabkan seorang ibu mengalami pilek atau hidung tersumbat. Untuk mengatasi hal ini, obat dekongestan adalah pilihan terbaik sebagai obat flu yang aman untuk ibu menyusui.

Bahkan jika obat dekongestan termasuk pseudoephedrine atau phenylephrine, para ahli mengatakan obat ini aman untuk dikonsumsi wanita hamil. Namun, pastikan ibu tidak mengonsumsinya dalam jangka waktu lama atau dalam jumlah banyak.

3. Ibuprofen

Ibuprofen adalah pengobatan flu aman yang berikutnya untuk wanita menyusui. Obat ini berguna untuk mengobati sakit kepala dan demam.

Obat ini juga berguna untuk mengobati pilek yang disebabkan oleh infeksi sinus. Jika ibu memiliki riwayat sakit maag, konsultasikan dengan dokter sebelum meminumnya.

4. Parasetamol

Jika Anda tidak memiliki ibuprofen, parasetamol dapat digunakan sebagai alternatif pengobatan flu. Tindakannya serupa karena mengurangi suhu serta ketidak nyamanan yang mungkin dirasakan di seluruh tubuh. Jika ibu mengonsumsi obat lain, pastikan tidak ada parasetamol di dalamnya karena dapat melipatgandakan dosis, yang tidak disarankan.

5. Antihistamin

Reaksi alergi tubular dapat menyebabkan gejala seperti flu. Jika demikian, Anda memerlukan obat flu yang mengandung antihistamin. Sayangnya, tidak banyak pengobatan alergi dengan efek jangka panjang, dan beberapa di antaranya terbukti mengganggu produksi ASI.

Sebaliknya, orang tua dapat memilih obat antihistamin yang tidak menyebabkan gejala alergi. Untuk informasi yang lebih akurat kami anjurkan untuk bertanya langsung ke dokter.

Share

Latest Articles

Cek 7 Cara Mengatasi Lemas pada Anak Setelah Sakit, Ampuh!

Anak Kurus Apakah Cacingan? Ternyata Ini Penyebabnya!

Kenali 10 Penyebab Bayi Rewel dan Cara Ampuh Mengatasinya!

Intip 10 Fakta Bahaya Makan Mie Instan untuk Anak, Waspadalah!

Khasiat Madu untuk Promil dan Cara Tepat Mengonsumsinya!

Kenali 7 Ciri Ciri Batuk Alergi pada Anak & Bedanya dengan Batuk Biasa

Article Category