Health

Penting Bagi Tubuh, Makanan Apa Saja yang Mengandung Protein?

By Erwin |

Mengonsumsi makanan dengan protein tinggi bisa bantu proses metabolisme tubuh, perbaiki sel tubuh, serta produksi sel baru. Makanan mengandung protein tinggi pun sering menjadi pilihan orang yang menjalankan diet sebab dapat meningkatkan massa otot.

Tak hanya itu, ibu hamil dan menyusui juga disarankan mengkonsumsi asupan protein cukup untuk dukung tumbuh kembang bayi. Lalu, makanan apa saja yang mengandung protein? Mari simak ulasannya di bawah ini!

Beberapa Makanan Berprotein Tinggi

Kebutuhan protein harian tiap orang berbeda, tergantung jenis kelamin, usia, serta berat badan. Kebutuhan protein dapat terpenuhi dengan konsumsi makanan mengandung protein yang tinggi. Berikut ini adalah makanan apa saja yang mengandung protein tinggi:

  • Daging Dada Ayam

Daging ayam, terlebih pada bagian dada, adalah salah satu makanan berprotein tinggi serta rendah lemak, tentu juga mudah didapatkan dan dapat diolah menjadi berbagai hidangan lezat. Sebab, dalam 100 gram dada ayam yang matang mengandung sekitar 31 gram protein.

Tak hanya itu, daging ayam pun mengandung vitamin B, selenium, dan kolin. Namun, usahakan memilih daging ayam yang tanpa kulit. Sebab kulit mengandung lemak serta kolesterol kurang baik untuk kesehatan.

  • Daging Sapi Tanpa Lemak

Tak hanya daging ayam, daging sapi pun menjadi makanan yang tinggi protein. Anda bisa mengonsumsi daging sapi untuk penuhi kebutuhan protein. Akan tetapi, usahakan untuk memilih daging sapi tanpa lemak, seperti pada bagian panggul sapi dan sirloin yang punya kandungan protein lebih tinggi.

Selain menjadi makanan dengan protein yang tinggi, daging sapi pun mengandung vitamin B serta berbagai macam mineral, seperti selenium, zat besi, selenium, serta fosfor, yang penting bagi tubuh. 

Cara olah daging sapi sebaiknya direbus atau dipanggang. Namun, Anda juga bisa menggorengnya dengan minyak zaitun, minyak canola, atau minyak kedelai. Untuk simpan daging sapi, disarankan disimpan di lemari pembeku suhu -18 derajat celcius supaya daging sapi tetap segar. 

  • Telur

Telur pun dikenal sebagai makanan yang tinggi protein. Perlu untuk diketahui bahwa satu butir telur di dalamnya mengandung kurang lebih 6 gram protein. Selain itu, makanan ini pun diperkaya nutrisi lain yang bermanfaat untuk jaga berat badan, lebih mempercepat penyembuhan, serta menjaga kesehatan jantung.

Untuk mendapatkan manfaat yang lebih optimal, sebaiknya telur diolah dan dikonsumsi dengan direbus. Sebab, menggoreng telur akan tingkatkan kadar kolesterol serta lemak jenuh.

  • Makanan Laut

Beberapa jenis makanan laut, seperti udang, ikan salmon, gurita, dan cumi, diketahui mengandung protein tinggi yang baik untuk kesehatan tubuh. Di dalam 100 gram ikan salmon sendiri diketahui mengandung kurang lebih 100 gram protein.

Namun, ada sejumlah jenis seafood, terutama kerang dan ikan, yang diketahui di dalamnya mengandung merkuri. Oleh sebab itu, Anda perlu lebih berhati-hati dan cermat di dalam memilih makanan laut ini. Supaya lebih sehat, Anda pun disarankan untuk mengolah ikan dengan direbus, dikukus, ataupun ditumis menggunakan sedikit minyak.

Nah, itulah beberapa makanan apa saja yang mengandung protein cukup tinggi. Penuhilah kebutuhan protein tubuh sehari-hari agar tubuh tetap sehat dan fit. Jangan mengkonsumsi terlalu berlebihan, karena kurang baik pula untuk kesehatan.

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category