Health

4 Jenis Makanan Mengandung Protein Tinggi di Sekitar Kita

By Erwin |

Apa sajakah makanan mengandung protein tinggi? Protein merupakan salah satu komponen nutrisi yang sangat penting bagi tubuh kita. Beberapa fungsi utamanya adalah sebagai pendukung pertumbuhan khususnya bagi bayi dan anak-anak. Selain itu, protein juga sangat penting sebagai zat yang memelihara jaringan tubuh.

Kebutuhan protein setiap orang biasanya berbeda-beda. Ada beberapa faktor yang mengakibatkan perbedaan tersebut misalnya usia, jenis kelamin, hingga berat badan. Persentase kebutuhan protein untuk anak-anak tentunya lebih besar dibandingkan orang dewasa. Namun, dalam kondisi-kondisi tertentu, persentase kebutuhan protein orang dewasa bisa pula lebih besar.

Kebutuhan protein tersebut tentunya bisa dipenuhi dengan mengonsumsi makanan-makanan yang tinggi kandungan protein. Jangan khawatir, makanan-makanan yang tinggi protein tersebut sebenarnya dapat dengan mudah kita temukan di sekitar kita. Apa saja? Berikut diantaranya.

Dada Ayam

Ayam adalah salah satu sumber protein hewan yang baik. Akan tetapi, tidak semua bagian pada tubuh ayam mengandung banyak protein. Nah, bagian ayam yang mengandung protein tinggi sekaligus rendah lemak adalah bagian dada. Dalam 100 gram dada ayam saja, 31 gramnya adalah protein, lebih dari 30% nya.

Selain protein, daging ayam juga sumber dari berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, contohnya adalah kolin, selenium, dan vitamin B. Sangat disarankan untuk mengonsumsi daging dada ayam yang sudah dibersihkan kulitnya. Pasalnya, kulit ayam mengandung kolesterol yang tinggi sehingga kurang baik bagi kesehatan Anda.

Daging Sapi

Selain daging ayam bagian dada, jenis makanan lainnya yang tinggi protein adalah daging sapi. Akan tetapi, daging sapi yang baik untuk kesehatan adalah daging sapi tanpa lemak. Beberapa bagian sapi yang diketahui mengandung sedikit lemak atau bahkan tanpa lemak sama sekali adalah panggul sapi dan sirloin. Kedua bagian tersebut juga mengandung lebih tinggi protein.

Daging sapi tidak hanya tinggi kandungan protein tetapi juga berbagai zat penting lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa contohnya adalah zat besi, fosfor, selenium, dan berbagai jenis mineral lainnya. Pastikan mengolah daging sapi secara benar seperti dipanggang atau direbus untuk memperoleh manfaat kesehatan lebih banyak.

Telur

Telur adalah salah satu sumber protein yang murah dan mudah didapatkan. Untuk satu butir telur dalam negeri, Anda sudah bisa memperoleh sekitar 6 gram protein. Jumlah protein yang lebih banyak bisa Anda dapatkan di beberapa jenis telur yang lain seperti telur bebek dan telur puyuh.

Cara pengolahan telur yang terbaik adalah dengan cara direbus. Dengan demikian, Anda dapat memperoleh manfaatnya dengan lebih optimal. Beberapa manfaat telur adalah untuk menjaga kesehatan jantung, menjaga berat badan, dan mempercepat penyembuhan setelah sakit.

Seafood

Seafood adalah sumber protein hewani yang baik. Beberapa jenis seafood dengan kandungan protein tinggi misalnya adalah udang, cumi, dan berbagai ikan laut. Contohnya, ikan salmon yang hampir seluruh bagiannya mengandung protein. Dalam 100 gram ikan salmon, hampir 100 gram pula kandungan proteinnya.

Namun perlu diperhatikan bahwa beberapa jenis seafood seperti udang dan cumi juga tinggi kolesterol. Bahkan kerang juga sering mengandung logam berat seperti merkuri. Oleh sebab itu, jelilah dalam memilih jenis seafood serta pastikan untuk mengolahnya secara sehat.

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category