Health

5 Makanan yang Baik Untuk Ginjal dan Mudah Ditemukan

By Erwin |

Salah satu cara untuk merawat organ ginjal pada tubuh adalah dengan makan makanan yang baik untuk ginjal. Namun, banyak orang yang mengeluh bahwa makanan yang baik untuk ginjal, sulit untuk ditemukan. 

Tidak hanya itu, jika sudah ada jenis makanan yang ideal untuk kesehatan ginjal. Harga jenis makanan ini terbilang mahal. Padahal, ada banyak pilihan makanan yang memiliki nutrisi penting untuk ginjal. Harganya murah dan juga mudah ditemukan. 

5 Makanan yang Baik Untuk Ginjal 

Tidak ada alasan untuk tidak hidup sehat dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi. Terutama, untuk organ ginjal yang notabenenya adalah organ penting dalam proses sekresi dalam tubuh. 

Berikut adalah beberapa pilihan makanan sehat untuk organ ginjal. Makanan-makanan ini seperti yang disebutkan sebelumnya. Mudah untuk ditemukan di kehidupan sehari-hari, dengan harga yang terjangkau: 

1. Nanas 

Buah Nanas adalah buah yang memiliki kandungan tinggi dalam aspek serat, vitamin C dan jenis antioksidan lain. Vitamin C bisa menjadi antioksidan yang berperan aktif dalam perlindungan ginjal dari kerusakan yang sifatnya oksidatif. 

Selain itu, Nanas juga bisa membantu kontrol tekanan darah yang mana sangat penting untuk kesehatan ginjal. Buah nanas sangat mudah ditemukan di Indonesia, selain itu harganya juga sangat murah. 

2. Bawang Putih 

Hampir setiap rumah di Indonesia bahkan di dunia pasti memiliki bahan makanan ini di rumahnya. Bawang putih memiliki zat yang sifatnya anti inflamasi yang dibutuhkan dalam perlindungan ginjal. 

Allicin yang terkandung dalam bawang putih dapat membantu kontrol tekanan darah untuk mendukung kesehatan ginjal. Tidak hanya pada ginjal, bawang putih bisa memberikan pengaruh baik pada kekebalan tubuh yang baik juga untuk kondisi ginjal. 

3. Ikan Kakap 

Ikan kakap merupakan ikan yang mudah ditemukan dipasar-pasar Indonesia. Jika dibandingkan dengan jenis ikan impor seperti salmon. Harga ikan kakap jelas lebih terjangkau dan lebih mudah ditemukan. 

Ikan kakap menjadi pilihan sumber protein dengan kualitas tinggi karena rendah kandungan lemak jenuh dan fosfor. Mengonsumsi ikan kakap merupakan alternatif yang tepat untuk mendapatkan tambahan protein tanpa membebani ginjal dalam filtrasi fosfor. 

4. Putih Telur 

Seringkali menjadi makanan diet, konsumsi telur ternyata memiliki dampak baik untuk ginjal. Sama seperti ikan kakap, putih telur menjadi protein dengan kandungan fosfor rendah. Jadi, sangat ideal untuk membantu kondisi ginjal namun tetap mendapatkan asupan protein. 

5. Apel 

Bisa dibilang Apel merupakan buah yang paling ideal untuk menjaga kesehatan ginjal. Pasalnya, buah ini tidak hanya mengandung banyak vitamin dan serat. Namun juga, rendah dalam kandungan natrium. 

Selain itu, apel juga bisa memberikan efek hidrasi dan anti inflamasi sekaligus. Menjaga kondisi ginjal dari peradangan. 

5 makanan yang baik untuk ginjal di atas, dijamin mudah ditemukan. Selain itu, harganya rata-rata cukup terjangkau. 

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category