Health

Makanan Pereda Nyeri Haid: Wajib Catat!

By Erwin |

Apakah suasana hati Anda tidak menentu saat menstruasi, dan apakah nyeri haid membuat Anda tertekan? Jika demikian, jangan khawatir. Berikut beberapa makanan pereda nyeri haid yang boleh Anda konsumsi untuk meredakan rasa sakit dan tidak nyaman saat haid.

Sekilas Tentang Menstruasi

Beberapa gejala yang mungkin Anda alami sebelum dan selama menstruasi antara lain perut kembung, sakit perut, sering lapar, perubahan suasana hati, serta fisik yang lemah. Hal ini disebabkan oleh fluktuasi hormonal dalam tubuh saat menstruasi. Masalah menstruasi adalah hal yang wajar. Secara umum, masalah tersebut dapat teratasi dengan sendirinya ketika siklus menstruasi telah selesai.

Namun meski demikian, jika ada pilihan untuk meredakan gejala tersebut kenapa tidak? Tentu ini akan menjadi solusi yang sangat dinantikan bagi mereka yang menstruasinya diiringi dengan rasa sakit dan tidak nyaman serta masalah lainnya.

Rekomendasi Makanan Sehat untuk Menstruasi

Agar menstruasi lebih nyaman, Anda bisa mengubah pola makan dan mengonsumsi makanan bergizi. Namun, jika Anda merasa kembung atau tidak nyaman mengonsumsi sepiring makanan sekaligus saat menstruasi, sebaiknya bagilah setiap 3-4 jam sekali.

Makan dalam porsi kecil secara sering akan membantu Anda menurunkan berat badan sekaligus menjaga gula darah tetap konstan. Jika Anda ragu makanan apa saja yang baik dikonsumsi saat menstruasi, berikut beberapa pilihan terbaik makanan pereda nyeri haid:

1. Telur

Telur adalah salah satu opsi makanan yang wajib saat menstruasi. Makanan yang satu ini memiliki kandungan vitamin B6, vitamin D, dan vitamin E yang tinggi, yang diduga dapat membantu mengatasi nyeri haid.

2. Pisang

Pisang kaya akan potasium dan vitamin B6. Kedua senyawa ini mampu membantu meredakan kram perut dan menghindari kembung saat menstruasi.

3. Sayur Hijau

Mengonsumsi sayuran hijau saat menstruasi mungkin membantu mengurangi kekhawatiran yang biasa Anda rasakan selama masa menstruasi. Sayuran hijau mengandung magnesium yang memberikan beberapa manfaat. Bayam dan brokoli adalah dua sayuran hijau yang bisa Anda pilih.

4. Daging

Mengonsumsi makanan kaya zat besi seperti steak, ayam, dan ikan akan membantu menghindari anemia dan mengurangi rasa lelah yang Anda rasakan saat menstruasi. Meski bermanfaat, gunakan secukupnya dan jangan berlebihan.

5. Yoghurt

Beberapa wanita mengalami peningkatan rasa lapar sepanjang siklus menstruasi mereka. Untuk menghindari makan berlebihan, gunakan yogurt sebagai camilan bergizi. Yogurt juga mengandung kalsium yang dapat membantu meredakan kram menstruasi.

Nah, itulah beberapa makanan yang bisa membantu mengatasi nyeri haid atau menstruasi. Agar bisa nyaman dan tetap sehat saat menstruasi, sebaiknya hindari pula makanan atau minuman yang terlalu berlemak, terlalu asin, terlalu manis, atau banyak mengandung kafein. Mengonsumsi makanan atau minuman tersebut mungkin akan memperparah masalah yang Anda alami saat menstruasi.

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category