Health

Makanan Penyebab Ambeien Yang Harus Dihindari

By Erwin |

Makanan penyebab ambeien pada dasarnya adalah makanan yang mengandung banyak garam, kurang serat, berminyak, dan pedas. Ambeien akan lebih cepat pulih dan bahaya dari penyakit ini dapat dikurangi dengan mengatur jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Selain mengejan berulang kali saat buang air besar, duduk dalam waktu lama, diare, atau sembelit terus-menerus, sering mengonsumsi makanan tertentu juga dapat menyebabkan ambeien. Makanan penyebab ambeien sebaiknya dibatasi atau dihindari, terutama jika Anda pernah atau sedang mengalaminya sebelumnya. Hal ini diperlukan untuk membantu penyembuhan ambeien dan mencegahnya datang kembali di kemudian hari.

Beberapa Makanan Penyebab Ambeien

Beberapa makanan ini dapat menyebabkan ambeien dan dapat memperburuk gejalanya serta menunda pemulihan. Berikut daftar makanannya:

1. Produk yang Terbuat dari Susu

Langkah paling penting dalam mencegah wasir dan meredakan gejalanya adalah menghindari susu dan makanan olahan seperti keju, yogurt, dan es krim.

Produk susu dengan kandungan seratnya yang rendah serta kandungan lemaknya yang tinggi, dapat menyebabkan ambeien. Di samping itu, susu serta makanan olahan susu yang kaya laktosa dapat menyebabkan sembelit dan perut kembung sehingga dapat meningkatkan risiko ambeien.

2. Roti, Spageti, dan Cake

Makanan bertepung termasuk roti, spageti, mie, dan kue kering lainnya mengandung nutrisi yang menyebabkan ambeien. Makanan tersebut, seperti susu dan olahan dari susu, miskin akan serat dan dapat menyebabkan ambeien.

Makanan bertepung dapat menyebabkan perut semakin kembung dan sembelit, terutama pada penderita sindrom iritasi usus besar. Penyakit ini dapat membuat buang air besar menjadi lebih sulit sehingga mengharuskan Anda untuk sering mengejan. Seiring waktu, kecenderungan ini bisa memperburuk ambeien.

3. Daging Merah

Makanan kedua yang mungkin menyebabkan ambeien adalah daging merah, antara lain daging kambing, daging sapi, dan babi. Pasalnya, daging jenis ini membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dicerna oleh tubuh sehingga dapat memperparah sembelit. Sebaliknya, pilihlah sumber protein yang sehat seperti tempe, tahu, ikan, ayam, dan kacang-kacangan.

4. Gorengan

Makanan yang digoreng adalah makanan yang harus dihindari untuk penderita ambeien. Makanan tinggi lemak ini membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna di usus, sehingga dapat menyebabkan dan memperparah ambeien. Makanan tinggi lemak, seperti gorengan, juga dapat membuat feses menjadi lebih lengket dan berminyak sehingga sulit dikeluarkan setelah buang air besar. Kondisi ini dapat memperburuk ambeien atau menyebabkannya kambuh kembali.

5. Makanan Cepat Saji dan Frozen Food

Untuk menghindari ambeien, hindari makan makanan beku dan cepat saji seperti sosis, burger, kentang goreng, nugget, dan donat. Makanan seperti itu banyak mengandung lemak dan natrium, tetapi miskin serat. Akibatnya, makanan tersebut bisa membuat kembung dan mempersulit buang air besar, sehingga memperparah ambeien.

Jika Anda mengalami gejala ambeien, seperti BAB berdarah, rasa tidak nyaman, gatal, dan bengkak di sekitar anus, atau jika Anda mengalami sakit perut, diare, dan demam, sebaiknya temui dokter. Selain menyarankan pasien untuk menghindari makanan penyebab ambeien, dokter dapat meresepkan obat atau melakukan penanganan medis jika diperlukan.

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category