Health

5 Makanan yang Dilarang untuk Asam Urat

By Erwin |

Asam urat dan asupan makanan yang masuk ke tubuh memiliki keterkaitan yang sangat erat. Sebab, penyebab dari asam urat adalah peradangan sendi akibat kadar asam urat yang tinggi di dalam darah tubuh manusia. Karena itulah, Kami akan memberikan informasi tentang 5 makanan yang dilarang untuk asam urat, semoga bisa menambah wawasan Anda.

1. Sayur Asparagus 

Asparagus memang memiliki efek yang baik untuk tubuh seperti menjaga kesehatan karena memiliki kandungan kalium dan folat yang tinggi. Tetapi ternyata, sayur yang satu ini juga bisa membuat asam urat menjadi tinggi.

Alasan kenapa asparagus bisa membuat asam urat menjadi tinggi adalah karena memiliki kandungan purin. Purin sendiri merupakan nama sebuah molekul yang terbentuk dari campuran atom nitrogen dan karbon.

2. Bayam 

Bayam juga ternyata merupakan salah satu makanan yang dilarang untuk asam urat. Sebab, sayur bayam memiliki kandungan senyawa purin yang cukup tinggi.

Di dalam 100 gram sayur bayam, Anda akan bisa menemukan sekitar 57 gram purin.

3. Minuman yang Kandungan Gulanya Tinggi 

Selanjutnya, ada minuman yang memiliki kandungan gula tinggi. Saat ini, banyak tersebar jenis minuman kemasan dengan kadar gula yang tinggi. Hal ini bisa menambah parah asam urat meskipun minuman yang mengandung gula tersebut tidak secara langsung memakai purin.

Umumnya, yang membuat minuman bergula tinggi ini berbahaya bagi penderita asam urat adalah adanya kandungan sirup jagung.

Sirup jagung yang sudah masuk ke dalam tubuh, akan pecah sehingga menghasilkan purin yang bisa berbahaya bagi asam urat. Selain memberikan efek yang kurang baik untuk asam urat, minuman bergula tinggi juga bisa meningkatkan resiko tubuh terkena penyakit diabetes.

Itulah kenapa, minuman berkadar gula tinggi ini disarankan untuk dibatasi konsumsinya. Menurut Kementerian Kesehatan, batas kadar gula yang masuk ke tubuh setiap harinya adalah 4 sendok makan yang setara dengan kurang lebih 50 gram.

4. Makanan yang Berasal dari Laut

Kabar buruk bagi Anda pecinta makanan laut atau seafood. Sebab, makanan laut seperti teri, kerang serta udang termasuk ke dalam makanan yang dilarang untuk asam urat.

Penyebabnya adalah karena makanan laut tersebut memiliki kandungan purin yang tinggi.

5. Alkohol

Selain minuman manis bergula tinggi, alkohol juga merupakan salah satu pantangan untuk asam urat. Minuman beralkohol bisa menghambat ginjal sehingga tidak bisa membuang asam urat yang ada di dalam tubuh. Asam urat yang tidak terbuang kemudian akan disimpan oleh tubuh di dalam sendi sehingga menyebabkan terjadinya radang sendi.

 Itulah 5 jenis makanan yang dilarang untuk asam urat. Semoga bisa menambah wawasan Anda dan menjadi referensi untuk terus menjaga kesehatan.

Share

Latest Articles

Cek 7 Cara Mengatasi Lemas pada Anak Setelah Sakit, Ampuh!

Anak Kurus Apakah Cacingan? Ternyata Ini Penyebabnya!

Kenali 10 Penyebab Bayi Rewel dan Cara Ampuh Mengatasinya!

Intip 10 Fakta Bahaya Makan Mie Instan untuk Anak, Waspadalah!

Khasiat Madu untuk Promil dan Cara Tepat Mengonsumsinya!

Kenali 7 Ciri Ciri Batuk Alergi pada Anak & Bedanya dengan Batuk Biasa

Article Category