Health

6 Makanan Kaya Zat Besi Yang Wajib Dikonsumsi Penderita Anemia

By Erwin |

Banyak ahli telah membuktikan makanan kaya zat besi dapat membantu penderita anemia. Berdasarkan penelitian, 46% pasien anemia yang konsumsi zinc cukup tiap harinya telah bebas dari gejala penyakit ini.

Untuk Anda yang memiliki masalah anemia, pastikan konsumsi 6 makanan yang kaya zat besi berikut ini!

Daging Merah

Daging sapi dan kambing tergolong daging merah. Kandungan zat besi di dalamnya mencapai 4,7 mg per 100 g daging. Angka ini cukup tinggi karena orang dewasa umumnya hanya butuh sekitar 14 mg zat besi per harinya.

Daging merah yang diolah dengan kematangan tepat dapat berikan kalori, protein dan vitamin B juga. Jadi, jangan terlalu takut konsumsi daging merah selama diolah baik dan tidak terlalu banyak.

Olahan Susu

Olahan susu seperti keju, yogurt dan ice cream, dapat menjadi sumber zat besi yang baik juga. Dalam keju contohnya, Anda dapat 1,5 mg zat besi per 45 g sajian keju.

Bayangkan jika dipadu dengan makanan kaya zat besi lain. Menu makanan burger keju yang mengandung daging merah dan keju, pasti sudah membantu kebutuhan zat besi Anda.

Telur

Telur dapat diolah mudah dan menjadi sumber zat besi yang baik. Telur rebus, telur dadar dan olahan telur lainnya, dapat membantu Anda penuhi kebutuhan zat besi sehari-hari. Dalam 1 buah telur ukuran normal terdapat 0,6 mg zat besi. 

Coklat Hitam Pahit

Bagi Anda yang suka cokelat, opsi dark chocolate dapat membantu kebutuhan zat besi. Dalam 100 gram makanan kaya zat besi ini, Anda mendapat 3,3 mg zat besi.

Cokelat hitam yang mengandung 70% sampai 80% murni cokelat adalah pilihan yang tepat untuk kebutuhan zat besi Anda. Namun ingat bahwa cokelat hitam ini memiliki kalori yang tinggi juga.

Ikan

Ikan yang menjadi pilihan untuk zat besi tinggi contohnya sarden dan salmo. Kedua ikan ini adalah pilihan paling tepat bagi Anda yang efisien kandungan zat besinya.

Salmon mengandung 0,5 mg zat besi pada 90 gram dagingnya. Sedangkan sarden tawarkan 1,1 mg zat besi per 90 gram. Bagi para penderita anemia, pastikan konsumsi lebih banyak jenis ikan ini.

Kepiting dan Udang

Udang dan kepiting juga memiliki zat besi yang tinggi. Terutama jika Anda konsumsi tidak hanya daging tapi juga bagian tubuh keras mereka. Kandungan zat besi di dalamnya mencapai 7,6 mg per 100 g makanan ini.

Tiram dan Kerang

Makanan laut lain yang kaya zat besi adalah tiram dan kerang. Saat konsumsi 6 kerang ukuran sedang, Anda akan mendapat 33 mg zat besi. Kandungan ini tergolong tinggi karena Anda dapat 300% zat besi kebutuhan harian.

Silahkan memilih makanan kaya zat besi yang paling cocok dengan selera dan kemampuan beli Anda. Selama dikonsumsi cukup tiap harinya, gejala masalah anemia pasti berkurang dengan makanan tersebut.

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category