Health

6 Jenis Makanan Paling Rendah Kalori dan Membuat Kenyang Lebih Lama

By Erwin |

Makanan yang rendah kalori bisa dikonsumsi guna membantu menyeimbangkan jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh sejumlah yang diperlukan tubuh. Walaupun rendah kalori, kebanyakan untuk jenis makanan ke dalam golongan tersebut mudah untuk ditemukan dan bisa memberikan rasa kenyang lebih lama. 

1.Rumput Laut

Makanan rendah kalori yang pertama adalah rumput laut. Rumput laut ini enak bila dijadikan sup maupun camilan. Bukan hanya rendah kalori tetapi juga memiliki nutrisi paling penting yang masih jarang ditemukan pada makanan nabati, seperti vitamin B12, yodium dan vitamin D. 

Mengkonsumsi rumput laut juga akan memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Baik itu untuk membantu mengontrol berat badan, meningkatkan kesehatan di kulit hingga meningkatkan kesehatan pada jantung. 

2. Ikan

Ikan menjadi salah satu makanan yang rendah kalori memiliki kandungan omega 3 di dalamnya pastinya akan memberikan banyak sekali manfaat untuk kesehatan, termasuk dalam mengurangi peradangan dan juga menjaga kesehatan jantung. 

Ada beberapa ikan yang masuk ke dalam golongan rendah kalori seperti ikan lele, salmon, bawal, tuna, tilapia fan gindara. Namun, Anda tetap harus memastikan ikan tersebut diolah dengan cara yang sehat sebelum dikonsumsi. Misalnya, dikukus, ditumis menggunakan sedikit minyak. Bila memungkinkan hindari konsumsi ikan yang digoreng. 

3. Sayur-sayuran

Manfaat sayuran untuk kesehatan tubuh pastinya tidak harus diragukan lagi. Tidak hanya lebih rendah kalori, sayuran ini juga sangat kaya dengan vitamin, serat, mineral dan juga antioksidan yang begitu bermanfaat untuk menjaga kesehatan dalam tubuh. 

Hampir seluruh sayuran rendah dengan kalori tetapi masih ada beberapa jenis sayuran yang mengandung kalori air cukup tinggi sehingga jauh lebih mengenyangkan. Sayuran tersebut adalah selada, mentimun, kangkung, lobak, paprika, bayam seledri dan juga kembang kol. 

4. Kacang-kacangan

Selain lebih rendah kalori, ada beberapa jenis kacang yang memiliki kandungan protein tinggi sehingga dapat memberikan efek lebih kenyang dengan jangka waktu lama saat dikonsumsi. Inilah yang membuat jika ingin makan berlebihan dapat ditekan. 

Kandungan kalori pada kacang umumnya per takaran saji. Banyak sekali pilihan kacang yang nantinya dapat dikonsumsi seperti, kacang kenari, almond, edamame dan mete. 

5. Ayam 

Makanan yang rendah kalori selanjutnya adalah ayam tanpa kulitnya. Bila Anda kurang menyukai olahan ikan maupun memiliki alergi dengan makanan laut, maka dapat mengkonsumsi daging yang memiliki rendah lemak lainnya, seperti ayam. Namun, sebelumnya Anda harus memastikan jika bagian kulitnya tidak ikut dimasak karena kulit ayam sangat tinggi kalori tetapi rendah nutrisi. 

6. Tahu

Tahu menjadi salah satu makanan yang juga rendah kalori dan mempunyai banyak kandungan nutrisi. Pada 100 gram tahu hanya memiliki kandungan kurang lebih 144 kalori. Selain kalori tahu juga memiliki kandungan serat, mangan, protein, kalsium, zat besi zinc, fosfor, vitamin A, magnesium yang sangat memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. 

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category