Mom & Kids

Anak Sering Sakit? Ketahui 6 Penyebabnya Di Sini!

By Natural Farm |

Moms, siapa yang di sini pernah atau sedang bertanya-tanya mengapa si kecil sering sakit? Bahkan jauh lebih sering dibandingkan dengan anak-anak lain seusianya. Hal tersebut juga pastinya dapat menghambat segala aktivitas harian yang seharusnya dapat dilakukan oleh si kecil, seperti: sekolah, les, bermain, dan lain sebagainya. Tapi, tahukah moms, tanpa sadar pola hidup orang tua yang diterapkan pada anak berperan besar dalam meningkatkan atau bahkan menurunkan imunitas tubuh si kecil? Oleh karena itu, yuk moms ketahui 5 penyebab utama mengapa anak sering sakit agar moms juga tahu bagaimana menjaga imunitas tubuh si kecil dengan cara yang tepat. 

5 Penyebab Anak Sering Sakit yang Jarang Diketahui

1. Jarang melakukan aktivitas sehat bersama si kecil 

Aktivitas fisik seperti bersepeda, berjalan ke taman, atau menikmati piknik akan membuat anak bisa merasakan udara yang segar dan membuat tubuh mereka sehat dibandingkan hanya di rumah serta tidak melakukan aktivitas apapun. Hal tersebut juga dapat membantu meningkatkan asupan vitamin D dari sinar matahari yang juga menguatkan sistem imunitas si kecil. 

2. Kurang asupan probiotik

Salah satu asupan yang penting untuk si kecil adalah probiotik karena perut yang sehat akan membuat sistem kekebalan tubuhnya semakin kuat. Semakin tinggi bakteri baik yang ada di usus, semakin kuat pula pertahanan tubuh si kecil terhadap virus dan bakteri jahat pembawa penyakit. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu memberikan makanan dan minuman yang mengandung probiotik, seperti: yogurt, susu fermentasi, tempe, dan sayuran fermentasi. 

3. Kurangnya waktu tidur 

Selain membiasakan si kecil tidur di waktu yang rutin, moms juga membantu mereka untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Salah satu hal yang bisa moms lakukan untuk memastikan bahwa waktu tidur si kecil berkualitas adalah dengan membatasi penggunaan gadget. 2 jam sebelum tidur, hentikan aktivitas si kecil yang melibatkan barang elektronik lain seperti televisi, tab atau benda lainnya. Moms bisa menggantikannya dengan membacakan buku cerita atau mendongeng. Dengan begitu, otak anak akan lebih tenang dan siap untuk tidur tanpa rangsangan yang berlebihan. 

4. Kurang asupan nutrisi dalam makanan si kecil 

Terkadang, masih banyak dari ibu di luar sana yang kurang memperhatikan makanan yang dikonsumsi oleh si kecil. Banyak juga yang berpikir “daripada anaknya nangis terus, dikasih aja deh apapun yang anakku ingin makan.” Pola pikir ini justru yang salah dan seharusnya berhenti untuk dilakukan oleh para ibu. Si kecil seharusnya mendapatkan asupan nutrisi yang cukup dalam setiap makanan yang dikonsumsi mereka. 

Sayur dan buah mengandung berbagai vitamin dan mineral yang tidak bisa didapatkan dari bahan makanan lain. Jadi, penting sekali buat si kecil mengonsumsi 2 jenis makanan tersebut. Untuk membuat si kecil suka makan sayur, moms bisa mengolahnya menjadi makanan favorit mereka atau mencampurkannya dengan makanan sehat lainnya. Membuat makanan dengan cara yang kreatif dan menarik hingga disukai si kecil adalah kuncinya. 

5. Kebersihan yang kurang terjaga 

Jangan lupa untuk selalu ajari si kecil untuk menjaga kebersihan sejak dini, seperti mencuci tangan sebelum dan sesudah makan atau ketika menyentuh barang-barang yang kotor, ketika pulang sekolah, dan juga setelah bermain. Memberikan teladan yang baik kepada si kecil dengan cara menerapkan gaya hidup yang bersih dapat membantu mereka untuk melakukan hal yang sama hingga menjadi sebuah kebiasaan. Selain itu, jangan lupa juga ajarkan si kecil untuk membersihkan tubuh (mandi) dengan cara yang benar ketika mereka kembali ke rumah sehabis melakukan aktifitas entah itu di sekolah, pergi bersama moms atau hal lainnya.  

suplemen imunitas anak

6. Tidak memberikan suplementasi yang tepat untuk si kecil

Tak hanya pola hidup dan makan yang sehat, suplementasi juga sangat berperan penting untuk menjaga imunitas tubuh si kecil agar tidak gampang sakit, lho moms! Tapi, jangan sampai keliru dalam memilih suplemen yang tepat. Moms bisa memberikan Kyo-Dophilus Kids Probiotic yang mengandung tiga strain probiotik dan sangat bagus untuk menjaga kesehatan si kecil. Suplemen ini berbentuk tablet kunyah sehingga mudah untuk dikonsumsi oleh anak-anak dengan rasa vanila yang enak di mulut. Adapun keunggulan lain dari Kyo-Dophilus Kids Probiotic, yaitu: 

  • Mengandung 3 jenis bakteri baik yang disebut The Friendly Trio (lactobacillus gasseri KS-13, bifidobacterium bifidum G9-1, dan bifidobacterium longum)
  • Setiap tablet kunyah mengandung 1 miliar CFU
  • Strain probiotik telah diverifikasi identitasnya menggunakan sekuensing DNA
  • Non GMO (Genetical Modified Organism)
  • Tidak mengandung kedelai, susu, ragi, gluten, dan sodium
  • Tidak menggunakan pengawet dan pewarna buatan
  • Bakteri baik stabil pada suhu 35OC selama 3 tahun
  • Penyimpanan tidak perlu pada lemari pendingin

Manfaat Kyo-Dophilus Kids Probiotic:

  1. Membantu menjaga fungsi sistem pencernaan yang sehat
  2. Membantu mengoptimalkan penyerapan berbagai nutrien
  3. Membantu mengurangi gas dan kembung
  4. Membantu mencegah dan mengatasi gangguan pencernaan seperti diare
  5. Membantu meringankan sembelit
  6. Membantu mengurangi gejala dan mencegah kolik pada bayi
  7. Mengurangi risiko munculnya alergi dan eksim
  8. Membantu mendukung pertumbuhan bakteri baik pada saluran pencernaan
  9. Menjaga keseimbangan mikroorganisme baik di dalam usus
  10. Membantu mendukung fungsi kekebalan tubuh

Moms bisa membeli produk ini di store Natural Farm terdekat atau di website resmi www.naturalfarm.id, lho! Selain itu, moms juga bisa belanja di marketplace seperti: Tokopedia, Shopee, BliBli, dan Lazada (Natural Farm Official). Baik pembelian secara offline dan online ada promo yang bisa moms dapatkan. So, jangan sampai kelewatan ya! 

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category