Health

Musim Hujan, Waspada Demam Berdarah!

By Natural Farm |

Musim hujan seperti saat ini mewajibkan kita untuk double bahkan triple protection, mengingat banyak sekali wabah penyakit yang akan menyerang dan salah satunya adalah demam berdarah. Pasti sudah pada tahu bahwa demam berdarah dengue adalah penyakit yang ditularkan oleh nyamuk yang terjadi di daerah tropis dan subtropis di dunia. Kabar buruknya, wabah ini telah menyerang jutaan orang di seluruh dunia setiap tahunnya. Demam berdarah paling sering terjadi di Asia Tenggara, pulau-pulau Pasifik barat, Amerika Latin, dan Afrika. Indonesia menjadi salah satu negara yang terdampak wabah penyakit ini. Bagi yang pernah terinfeksi demam berdarah sebelumnya, infeksi dengan virus demam berdarah bisa meningkatkan risiko gejala parah jika terkena demam berdarah lagi. Lantas proteksi seperti apa yang diperlukan untuk menjaga tubuh terhindar dari penyakit ini? Yuk simak ulasan dari Natural Farm berikut. 

Hal-Hal yang Menimbulkan Demam Berdarah 

Pasti sudah banyak yang tahu kalau demam berdarah disebabkan oleh salah satu dari empat jenis virus dengue. Natural Buddy tidak bisa terkena penyakit ini karena berada di sekitar orang yang terinfeksi sebab penyakit ini ditularkan melalui gigitan nyamuk. Dua nyamuk yang bisa menularkan virus ini adalah Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Bagaimana proses penularannya? Ketika nyamuk menggigit seseorang yang terinfeksi virus dengue, virus tersebut akan masuk ke dalam nyamuk. Setelah itu, ketika nyamuk yang terinfeksi menggigit orang lain, virus memasuki aliran darah orang itu dan menyebabkan infeksi. Wah serem banget ya? 

Gejala Demam Berdarah yang Harus Diwaspadai

Banyak orang yang menganggap bahwa gejala-gejala seperti flu, demam, sakit kepala, nyeri di tubuh merupakan gejala penyakit biasa. Tapi tahukah kamu, gejala-gejala tersebut bisa jadi pertanda penyakit berbahaya seperti demam berdarah. Buat Natural Buddy yang mau lebih tahu gejalanya seperti apa, yuk simak poin-poin berikut: 

  • Sakit kepala
  • Nyeri otot, tulang atau sendi
  • Mual dan muntah
  • Sakit di belakang mata
  • Kelenjar bengkak
  • Ruam

Selain tanda-tanda umum di atas, terdapat beberapa tanda-tanda peringatan demam berdarah yang parah. Hal ini merupakan keadaan darurat sehingga dapat berkembang dengan cepat. Tanda-tanda peringatan biasanya dimulai satu atau dua hari pertama setelah demam hilang, termasuk:

  • Sakit perut parah
  • Muntah terus-menerus
  • Perdarahan dari gusi atau hidung
  • Darah dalam urin, tinja, atau muntahan
  • Pendarahan di bawah kulit, yang terlihat seperti memar
  • Pernapasan yang sulit atau cepat
  • Kelelahan
  • Iritabilitas atau kegelisahan

Did you know? Demam berdarah yang parah dapat menyebabkan beberapa komplikasi, seperti pendarahan internal hingga kerusakan organ. Tekanan darah juga bisa turun ke tingkat yang berbahaya hingga menyebabkan shock. Dalam beberapa kasus, demam berdarah yang parah juga bisa menyebabkan kematian loh.

5 Pencegahan yang Harus Dilakukan 

Seperti yang Natural Buddy tahu, pencegahan DBD bisa dilakukan dengan beberapa cara mulai dari secara internal hingga eksternal. Yuk simak poin-poin pencegahan berikut: 

  1. Gunakan AC atau kelambu yang dipasang di ventilasi dan tempat tidur. Selain itu, nyamuk yang membawa virus dengue paling aktif dari fajar hingga senja, tetapi mereka juga dapat menggigit pada malam hari.
  2. Kenakan pakaian pelindung saat Natural Buddy pergi ke daerah yang dipenuhi nyamuk, kenakan baju lengan panjang, celana panjang, kaos kaki, dan sepatu.
  3. Gunakan obat nyamuk seperti permetrin karena mereka dapat diaplikasikan pada pakaian, sepatu, perlengkapan berkemah, dan kelambu.
  4. Mengurangi habitat nyamuk dengan menutup genangan air. 
  5. Rutin konsumsi Nutriwell Vitarom untuk bantu cegah DBD. 

suplemen untuk cegah DBD

Mengapa Harus Nutriwell Vitarom?

Nutriwell Vitarom diformulasikan dengan mengkombinasikan ekstrak daun pepaya, vitamin C, vitamin D3 dan asam folat. Kandungan unik yang berperan penting untuk mengoptimalkan daya tahan tubuh. Ekstrak daun pepaya dapat membantu menjaga dan meningkatkan jumlah trombosit dalam darah sehingga berperan dalam pencegahan dan mengurangi gejala demam berdarah serta malaria. Vitamin C berfungsi menjaga kekuatan pembuluh darah dan mempertahankan daya tahan tubuh yang optimal. Kandungan vitamin D3 meningkatkan sistem imunitas tubuh serta mencegah infeksi virus dan bakteri. Asam folat membantu pembentukan sel darah merah dan mencegah terjadinya kondisi kurang darah akibat defisiensi asam folat. Manfaat lebih detail sebagai berikut ya: 

  1. Membantu menjaga daya tahan tubuh
  2. Membantu memperbaiki nafsu makan
  3. Membantu meningkatkan kadar trombosit dalam darah
  4. Membantu mencegah dan mengurangi gejala demam berdarah
  5. Membantu mencegah dan mengurangi gejala malaria
  6. Membantu mempercepat masa pemulihan setelah demam berdarah dan malaria
  7. Membantu mengurangi peradangan
  8. Membantu menjaga keseimbangan kadar gula darah

Selain memiliki banyak manfaat, Nutriwell Vitarom juga gampang untuk dikonsumsi. Cukup 1 kali sehari 1 kapsul dan jangan lupa untuk Simpan di tempat kering dan hindari paparan sinar matahari langsung, pada suhu 30 derajat celcius. Jauhkan dari jangkauan anak-anak dan pastikan kemasan tertutup rapat setelah digunakan. Terakhir, Natural Farm juga mau kasih tahu keunggulan dari Nutriwell Vitarom yakni: Mengandung 300 mg ekstrak daun pepaya. Diformulasikan dengan vitamin C, D3 dan asam folat. Kandungan penting bagi kesehatan tubuh diformulasikan dalam satu kapsul sehingga praktis untuk dikonsumsi. 

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Natural Buddy semua. Jangan lupa Happy Healthy Habits. Pantau terus media sosial Natural Farm di @naturalfarm.id dan website Natural Farm untuk tahu info dan promo menarik lainnya.

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category