Health

Kenali 6 Penyebab Susah BAB dan Cara Mengatasi BAB Susah Keluar

By Vivi |

Di dalam ilmu kedokteran, sembelit adalah gangguan sistem pencernaan yang membuat Anda susah BAB (buang air besar). Kenapa BAB susah keluar? Ada banyak faktor penyebab sembelit.

Gampang-gampang susah mengetahui apakah Anda sedang mengalami gangguan kesulitan buang air besar atau tidak. Hal tersebut lantaran frekuensi setiap orang untuk BAB berbeda. Beberapa orang ada yang rutin buang air besar setiap hari atau hanya beberapa hari sekali.

Namun terlepas dari itu, kondisi BAB ini memang tidak terlalu mengganggu aktivitas sehari-hari. Akan tetapi cukup berdampak pada kondisi kesehatan tubuh. Mari simak uraian selengkapnya berikut ini.

Penyebab Susah BAB

Namun sebelumnya perlu diketahui bahwa pada dasarnya penyebab bab keras dan susah keluar karena terganggunya aktivitas kerja di bagian organ usus. Bisa dikatakan juga bahwa kesulitan buang air besar ini merupakan gejala sistem pencernaan dan kinerja usus terganggu. Apa penyebab susah BAB? Berikut ini informasi selengkapnya.

1. Kebiasaan Menunda BAB

Kebiasaan menunda BAB terlihat sepele dan banyak dilakukan orang. Namun ternyata kebiasaan menunda tersebut justru memicu tubuh untuk mengirim sinyal susah buang air besar di hari-hari selanjutnya. Setelah mengetahui informasi ini, hindari kebiasaan menunda buang air besar lagi, ya!

2. Tidak Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Kebiasaan buruk lainnya yang menjadi penyebab gangguan buang air besar karena Anda tidak menerapkan gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat meliputi mengonsumsi makanan dan minuman bergizi, menjaga pola istirahat dan tidur, serta rutin berolahraga atau latihan fisik.

Saat salah satu dari gaya hidup sehat itu tidak terlaksana maka berpeluang mengalami kesulitan BAB. Sebagai contoh saat Anda kurang mengonsumsi serat atau cairan di dalam makanan atau minuman.

3. Di Masa Kehamilan

Seorang wanita yang sedang memasuki masa kehamilan, khususnya di fase trimester awal kehamilan, biasanya akan mengalami konstipasi atau sembelit. Kondisi ini dipicu dari berlebihnya produksi hormon progesteron yang berdampak melemahnya otot-otot di dalam tubuh, termasuk otot usus.

Kendati demikian, kondisi ini termasuk hal wajar dan tidak berbahaya. Apabila Anda begitu cemas saat melalui fase konstipasi ini tak ada salahnya untuk melakukan konsultasi ke dokter.

4. Faktor Penyakit Tertentu

Selain itu, ada beberapa penyakit yang menyebabkan atau memiliki gejala kesulitan BAB. Beberapa di antaranya:

  • Penyakit radang usus
  • Kanker usus besar
  • Kelainan saraf, misalnya multiple sclerosis
  • Penyakit parkinson
  • Diabetes
  • Cedera saraf tulang belakang
  • Hiperkalsemia
  • Sindrom iritasi usus besar
  • Kelenjar tiroid kurang aktif

5. Faktor Konsumsi Jenis Obat Tertentu

Sama halnya dengan penderita penyakit tertentu, orang yang sedang mengonsumsi beberapa jenis obat-obatan khusus berpeluang mengalami kesulitan BAB lebih besar. Berikut ini beberapa jenis obat-obatan yang menyebabkan sulit BAB, di antaranya:

  • Obat anti epilepsi
  • Obat antidepresan
  • Obat diuretik
  • Obat diare
  • Obat pereda nyeri yang termasuk golongan narkotik, misalnya kodein dan morfin
  • Obat khusus untuk gangguan pencernaan
  • Suplemen kalsium dan zat besi

6. Faktor Psikologis

Penyebab BAB keras dan susah keluar yang terakhir karena seseorang sedang mengalami gangguan kejiwaan atau psikologis. Gangguan psikologis yang dimaksud di antaranya cemas, stres, depresi, trauma atas perilaku kekerasan dan trauma atas pelecehan seksual.

Baca Juga: Mudah Ditemukan! Ternyata Ini 5 Makanan Penyebab Diare

Cara Mengatasi Susah BAB

Untuk mengatasi susah BAB setiap orang berbeda-beda tergantung dari penyebabnya itu sendiri. Meski begitu, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda sesuaikan sebagai cara mengatasi bab keras dan susah keluar berdasarkan faktor penyebabnya, di antaranya sebagai berikut:

  • Mengonsumsi air putih lebih banyak, minimal 8 gelas per hari
  • Membuang kebiasaan menunda atau menahan buang air besar
  • Mengonsumsi makanan penuh serat, misalnya seperti kacang-kacangan, sayuran, buah-buahan dan biji-bijian
  • Mengonsumsi makanan probiotik dan prebiotik
  • Memulai kebiasaan rutin berolahraga atau latihan fisik, minimal berjalan kaki di sekitar rumah selama 15 sampai 30 menit
  • Memicu BAB dengan mengonsumsi kafein, misalnya saja kopi, coklat hitam dan teh
  • Mencampurkan minyak zaitun ke dalam segelas air jeruk atau ke dalam campuran salad
  • Melarutkan garam epsom sekitar 3 sampai 5 sendok teh garam inggris dengan 250 ml air putih hangat
  • Mengelola stres dan gangguan psikologis lainnya
  • Mengonsumsi obat pencahar atau obat khusus melancarkan BAB

Kapan Harus ke Dokter?

Apakah perlu memeriksa ke dokter saat mengalami sulit BAB? Umumnya orang akan pergi ke dokter saat frekuensi BAB cukup sering, misalnya sehari bisa BAB 5 kali. Pertanyaan selanjutnya, apakah perlu melakukan pemeriksaan ke dokter bila terjadi gangguan susah BAB?

Untuk tahap tertentu, Anda perlu memeriksakan gangguan kesehatan tersebut ke dokter bila mengalami beberapa gejala di bawah ini, antara lain:

  • Ditemukan darah pada tinja
  • Sulit BAB diikuti dengan rasa sakit perut terus-menerus
  • Sulit mengeluarkan gas atau kentut
  • Terasa nyeri di bagian bawah punggung
  • Mengalami demam dan muntah
  • Mengalami penurunan berat badan padahal sedang tidak mengikuti program diet apapun
  • Mengalami pendarahan dari usus besar

Rekomendasi Obat Teraman sebagai Solusi Susah BAB

Apabila ini gangguan sulit BAB pertama kali atau fase awal mengalami gangguan air besar, Anda masih bisa mengatasi gangguan pencernaan tersebut dengan mengonsumsi beberapa obat berikut ini.

1. Flimty

Solusi mengatasi sembelit yang paling mudah dan cukup mengenakan dengan mengonsumsi Flimty. Mengapa dikatakan enak, pasalnya Flimty tersedia berbagai varian rasa di antaranya rasa Mango, Blackcurrant dan Raspberry.

Flimty terbuat dari Soluble Fiber, Bit Merah, Psyllium Husk, campuran buah & sayuran, Goji Berry, Prebiotic, gula buah, vitamin premix serta mineral dan enzim. 

Selain mengatasi susah BAB, khasiat mengonsumsi Flimty yaitu untuk membantu mengontrol kolesterol dan gula darah, mendetoksifikasi tubuh, mempercepat metabolisme, meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta menyehatkan sistem pencernaan.

Anda bisa memilih varian rasa dan ukuran isi kemasan, berikut ini pilihan variannya, di antaranya:

2. Balans

Balans Recharge adalah minuman kaya serat yang dapat membantu Anda memperlancar sistem pencernaan serta mendukung program diet. Hal tersebut karena formulasi khusus seperti probiotik, prebiotik, vitamin dan enzim di dalamnya.

Rasanya pun cukup lezat karena ada campuran madu dan lemonnya. Cukup mengonsumsi minuman berserat ini sebanyak satu sachet sehari saat mengalami gangguan pencernaan.

3. Dynamic Health

Dynamic Health Apple Cider Vinegar with “Mother” diproses melalui penyaringan alami dan proses pasteurisasi sehingga menghasilkan jus organik khusus yang bisa melancarkan sistem pencernaan.

Khasiat lainnya selain menyehatkan sistem pencernaan antara lain menurunkan berat badan, menurunkan dan mengontrol kadar kolesterol dan gula darah, menghilangkan bau mulut, mengurangi kram kaki di malam hari hingga meningkatkan energi dan sistem imunitas tubuh.

4. GOLI

GOLI Apple Cider Vinegar Gummies berkhasiat untuk mengatasi masalah kesehatan pada sistem pencernaan. Formula khusus dengan menggunakan cuka sari apel atau Apple Cider Vinegar yang sama yang digunakan berabad-abad lalu untuk pengobatan tradisional.

Selain cuka sari apel, terdapat pula vitamin B9 dan vitamin B12. Anda cukup mengonsumsi 1 sampai 2 gummies sebanyak 3 kali sehari.

Nah, itulah informasi selengkapnya mengenai penyebab susah BAB dan cara mengatasinya. Perlu diingat bila Anda seorang ibu hamil atau ibu menyusui, silahkan lakukan konsultasi terlebih dulu dengan dokter kandungan Anda untuk mengonsumsi obat pelancar BAB.

Untuk menemukan produk kesehatan seperti obat-obatan, suplemen dan multivitamin teraman yang telah tersertifikasi halal dan kesehatan. Anda bisa menemukannya Natural Farm!

Mari jaga kesehatan diri sendiri untuk investasi masa depan!

Share

Trending Article

Mengenal Manfaat Beras Porang Bagi Kesehatan dan Cara Membuatnya

Kenali 6 Penyebab Susah BAB dan Cara Mengatasi BAB Susah Keluar

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat dan Cara Bulking yang Tepat

Apa Itu Cutting? Ini Penjelasan Pola Latihan Cutting dan Rekomendasi Suplemennya

Article Category