Health

Mengenal Manfaat Beras Porang Bagi Kesehatan dan Cara Membuatnya

By Vivi |

Beras porang semakin populer sejalan dengan meningkatnya masyarakat yang sadar akan pola hidup sehat dengan mempertimbangkan makanan apa yang akan dikonsumsi. Bagi masyarakat awam, beras porang sering kali dianggap beras shirataki padahal kedua jenis beras ini berbeda.

Sesuai dengan namanya, beras porang berasal dari olahan umbi tanaman porang. Melalui prosedur dan mekanisme pembuatan khusus umbi tersebut dikonversi menjadi beras. Namun siapa sangka bahwa ternyata beras porang lebih menyehatkan dibandingkan jenis beras lainnya.

Berikut ini informasi selengkapnya mengenai manfaat mengonsumsi beras porang, cara membuat beras porang dan menyajikannya.

Manfaat Beras Porang

Sering kali orang beranggapan bahwa beras shirataki adalah beras porang, padahal keduanya jelas berbeda. Walaupun salah satu manfaat kedua beras ini sama yakni membantu proses penurunan berat badan. Akan tetapi manfaat bagi kesehatan tubuhnya berbeda. Berikut ini manfaat mengonsumsinya.

1. Menurunkan Berat Badan

Kandungan glukomanan di dalam beras porang efektif untuk membantu proses penurunan berat badan. Pasalnya dari kandungan tersebut tubuh akan mengirimkan sinyal kenyang lebih lama, menghindari makan makanan berlebih serta menurunnya asupan kalori. Berkurangnya asupan kalori dan karbohidrat tersebut efektif mengurangi berat badan.

2. Menurunkan Kadar Gula Darah dan Kolesterol

Porang mengandung asam lemak omega-3 yang membantu melawan kadar kolesterol jahat (LDL) sekaligus membantu stimulasi pertumbuhan kadar kolesterol baik (HDL). Kadar lemak yang rendah ini berdampak terjaganya kesehatan jantung.

Senyawa glukomanan di dalam beras ini menjadi sumber serat larut yang berfungsi untuk memperlambat proses penyerapan kolesterol dan gula pada darah. Dengan begitu peningkatan gula di dalam darah terhindar dan meminimalisir resistensi insulin.

3. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Bagi pasien penderita diabetes, disarankan mengganti nasi putih biasa dengan nasi porang. Hal tersebut lantaran indeks glikemik beras ini di bawah 51. Sejalan dengan itu maka Anda dapat terhindar dari meningkatnya kadar gula darah secara mendadak sekaligus menstimulasi produksi insulin di dalam tubuh.

Baca Juga: 4 Tanda Tubuh Reaksi Berlebihan dengan Makanan Karbohidrat Tinggi

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Di dalam beras porang terkandung oligosakarida yang berfungsi untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh secara langsung maupun tidak. Kandungan probiotik alaminya juga bertugas memproteksi kesehatan usus dari virus dan bakteri sumber penyakit.

Senyawa yang bersifat antibakteri dan hepatoprotektif ini yang akan melawan bakteri penyebab infeksi, membersihkan usus dari racun dan mengatasi berbagai persoalan pada sistem pencernaan.

5. Memperbaiki Fungsi Kognitif

Di dalam beras porang terkandung magnesium, fosfor, zinc, selenium hingga asam lemak omega-3. Kandungan-kandungan ini yang membantu proses perbaikan dan peningkatan fungsi kognitif, khususnya dalam meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Bahkan kandungan nutrisi tersebut ampuh untuk menurunkan rasa cemas dan depresi berlebih.

Tips Memilih & Menyimpan Beras Porang

Gampang-gampang sulit untuk memilih produk beras porang terbaik serta bagaimana cara menyimpan beras tersebut dengan tepat agar kandungan nutrisinya tidak hilang begitu saja. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih beras.

Berdasarkan Standar Nasional Indonesia (SNI), beras berkualitas terbaik memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • Beras terbebas dari hama penyakit
  • Beras terbebas dari bahan kimia asing dan bau apek
  • Beras terbebas dari bahan campuran lain seperti bekatul dan dedak
  • Beras terbebas dari bahan kimia berbahaya seperti klorin

Adapun hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih beras antara lain:

  • Melihat tampilan beras secara umum, apakah ada kotoran, batu atau kerikil
  • Melihat tekstur beras
  • Mencium aroma beras, apakah beras mengeluarkan aroma seperti bau apek atau aroma wangi
  • Mempertimbangkan harga beras

Dalam menyimpan beras, Anda perlu memastikan bahwa beras tersimpan di dalam wadah yang tertutup dan sulit terpapar udara dari luar wadah. Langkah ini bertujuan agar beras terhindar dari kotoran, udara dan air yang kotor yang berasal dari wadah tersebut.

Bila beras disimpan dalam wadah terbuka atau di sekitar daerah yang lembab maka kadar air di dalam beras meningkat. Kondisi seperti memudahkan jamur dan kutu muncul. Kondisi yang seperti ini membuat kadar nutrisi di dalam beras hilang.

Cara Menyajikan Beras Porang

Beras porang berasal dari tanaman umbi-umbian porang alias Amorphophallus oncophyllus. Umbi porang biasanya tumbuh di daerah tropis seperti di Indonesia. Umbi porang dapat diolah menjadi beras, tepung, mie, obat hingga kosmetik.

Cara membuat beras porang pun tak begitu sulit dan membutuhkan waktu cukup singkat. Anda cukup menuangkan air panas yang telah mendidih di atas satu porsi beras porang dengan berat bersih 40 gram. Perlu dilihat bahwa jangan sampai kondisi air tersebut terlalu menggenang di atas beras.

Kemudian tutup wadah yang telah berisi beras atau air tersebut dengan rapat. Biarkan selama kurang lebih 15 sampai 20 menit. Saat beras sudah menjadi nasi maka Anda sudah siap menyantapnya bersama lauk-pauk lainnya.

Rekomendasi Beras Porang Terbaik!

Apabila Anda mulai tertarik untuk mengonsumsi beras porang sebagai pengganti beras putih. Berikut ini rekomendasi beras porang terbaik dengan keunggulannya masing-masing.

1. Fukumi Beras

Beras Fukumi sudah cukup populer saat ini di Indonesia. Bahan utamanya tepung porang yang berasal dari umbi porang sebesar 48% lalu diikuti tepung beras dan air.

Cara membuatnya pun cukup mudah, antara lain:

  • Menuangkan 1 sachet fukumi untuk satu kali makan dalam wadah tertutup
  • Menuangkan 60 ml air panas ke dalam wadah tersebut
  • Menutup wadah tersebut dan tunggu sekitar 15-20 menit hingga air terserap dan beras berubah jadi nasi

Jika Anda berniat untuk membeli beras Fukumi, maka Anda bisa memilih untuk memulai Fukumi beras berukuran 280 gram dan Fukumi beras berukuran 1 kilogram.

2. Beeru Beras Porang

Rekomendasi selanjutnya yakni Beeru Beras Porang yang memiliki tekstur dan nasi seperti rasa nasi putih pada umumnya. Beeru Beras ini memiliki aroma wangi dan terbebas dari efek gatal pada tenggorokan.

Cara membuatnya cukup mudah, di antaranya:

  • Menuangkan Beeru Beras dan air panas ke dalam wadah tertutup dengan perbandingan 1 : 1
  • Menutup wadah tersebut dan tunggu sekitar 15-20 menit sampai beras berubah menjadi nasi

Kemasan Beeru Beras Porang memiliki berat bersih 280 gram dan di dalam satu kardus terdapat 7 sachet beras yang bisa Anda gunakan untuk satu kali makan.

Untuk membeli beras porang atau produk kesehatan lain seperti suplemen, multivitamin dan makanan sehat lainnya di Natural Farm.

Yuk, investasikan kesehatan diri sejak dini untuk masa depan lebih bahagia!

Share

Trending Article

5 Rekomendasi Vitamin Daya Tahan Tubuh Dewasa untuk Lengkapi Asupan Nutrisi

Khasiat Virgin Coconut Oil & Rekomendasi Produk Terbaik untuk Kesehatan

Mengenal Manfaat Beras Porang Bagi Kesehatan dan Cara Membuatnya

Kenali 6 Penyebab Susah BAB dan Cara Mengatasi BAB Susah Keluar

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Article Category