Health

Khasiat Virgin Coconut Oil & Rekomendasi Produk Terbaik untuk Kesehatan

By Vivi |

Virgin coconut oil adalah minyak kelapa khusus yang berkhasiat baik untuk seluruh tubuh, mulai dari rambut, kulit hingga bagian tubuh lainnya. Salah satu khasiat virgin coconut oil (VCO) adalah untuk meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) sehingga kesehatan jantung semakin membaik.

Walaupun secara umum masyarakat hanya tahu minyak kelapa dijadikan bahan pokok untuk memasak. Akan tetapi, Anda tetap perlu mengetahui bagaimana manfaat virgin coconut oil untuk kesehatan tubuh dan cara mengkonsumsi virgin coconut oil yang tepat untuk mengoptimalkan khasiatnya bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Extra Virgin Coconut Oil untuk Kesehatan

Extra virgin coconut oil untuk apa? Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini manfaat coconut oil virgin bagi kesehatan tubuh manusia, di antaranya sebagai berikut.

1. Mengatasi Permasalahan Rambut

Salah satu cara untuk mengatasi persoalan kerontokan, ketombe hingga rambu rusak dan kebotakan dengan mengoleskan VCO ke bagian kulit kepala dan rambut. Tujuannya untuk meningkatkan kelembapan, pertumbuhan rambut serta menurunkan kerontokan pada rambut.

2. Mengurangi Pertumbuhan Plak pada Gigi

Untuk kesehatan gigi, berkumur dengan VCO efektif menghindari timbulnya permasalahan gigi seperti pertumbuhan plak dan halitosis. Pasalnya pembentukan plak pada gigi diakibatkan radang gusi atau gingivitis, untuk terhindar dari plak gigi tersebut Anda bisa berkumur menggunakan VCO.

3. Memperbaiki Kesehatan Otak

Tahukah Anda bahwa minyak virgin coconut oil mengandung rantai sedang asam lemak yang menstimulasi sumber energi baik yang dibutuhkan otak. Asam lemak tersebut membantu memperbaiki fungsi dan kesehatan otak, meningkatkan konsentrasi dan daya ingat serta menekan tingkat risiko gangguan neurodegeneratif seperti Alzheimer.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa mengonsumsi VCO membuat kesehatan jantung semakin membaik. Kandungan rantai sedang asam lemak (MCT) berkhasiat untuk meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari penyakit jantung akibat ketidakseimbangan kadar kolesterol.

Baca Juga: Ganti Gula Pasir dengan Gula Stevia, Ini Aturan Pakai dan Khasiatnya

5. Menstabilkan Kadar Gula Darah

Minyak virgin coconut oil berkhasiat untuk menstabilkan kadar gula darah di dalam tubuh serta meningkatkan sekresi insulin. Selain itu, senyawa yang terkandung di dalam VCO efektif untuk mengontrol pemakaian glukosa darah. Sejalan dengan itu maka penyakit diabetes bagi penderitanya dapat terkontrol.

6. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

VCO mengandung asam lemak esensial seperti monolaurin dan asam laurat. Kedua asam lemak tersebut bersifat antibakteri, antimikroba dan antivirus. Dari sifat asam lemak tersebut maka membantu membersihkan sistem pencernaan dari tumbuhnya parasit, jamur dan bakteri yang menjadi penyebab gangguan pencernaan.

7. Mengontrol dan Menjaga Berat Badan

Asam lemak yang terkandung di dalam VCO merupakan asam lemak baik, Anda tak perlu khawatir bila lemak tersebut akan berdampak pada peningkatan berat badan. Pasalnya salah satu khasiat MCT sendiri mampu mengurangi rasa lapar.

8. Menjaga Kesehatan Tulang

Minyak kelapa di dalam tubuh berfungsi sebagai penyerap mineral seperti kalsium dan magnesium yang baik. Kedua jenis mineral tersebut merupakan mineral yang baik untuk pertumbuhan tulang.

9. Menjaga Kesehatan Kulit

Ternyata VCO memiliki khasiat khusus untuk kesehatan kulit. Kandungan asam lemak esensial dan vitamin E pada VCO ini ampuh menjaga kelembapan kulit dan mengurangi risiko tanda penuaan.

Secara tidak langsung maka penggunaan VOC yang dioleskan langsung ke kulit ampuh untuk memperbaiki kondisi kulit kering, eksim dan psoriasis.

10. Mengurangi Kejang

Dasar keilmuan mengonsumsi VCO dapat mengurangi kejang karena kadar stres oksidatif yang disebabkan paparan radikal bebas pemicu kejang berkurang, meningkatkan fungsi sel yang memproduksi energi dan menjaga keseimbangan senyawa di dalam otak.

Virgin Coconut OIl vs Minyak Kelapa Biasa

Pohon kelapa terkenal dengan khasiatnya yang lengkap. Sebab bukan hanya buah kelapanya saja yang bisa dimanfaatkan, melainkan satu pohon kelapa dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari manusia.

Secara spesifik membahas mengenai minyak kelapa biasa dengan virgin coconut oil, walaupun keduanya merupakan minyak yang berasal dari pohon yang sama. Akan tetapi ada cukup banyak perbedaan dari kedua jenis minyak ini.

Mulai dari proses ekstraksi untuk menghasilkan minyak. Proses ekstraksi VCO bebas dari kegiatan pemanasan dan pengolahan kimia berlebih, berbeda dengan proses ekstraksi minyak kelapa biasa yang justru lebih intens.

Proses ekstraksi tanpa proses pengolahan kimia ini berdampak kualitas minyak kelapa yang lebih original, alami, murni dan lebih baik untuk kesehatan tubuh.

Seiring dengan proses ekstraksi yang alami tersebut, komposisi kimia pada VCO masih lengkap. Terdapat asam lemak jenuh rantai sedang dalam jumlah besar seperti asam kaprat, asam laurat dan asam kaprilat. 

Sedangkan minyak kelapa biasa justru memiliki kandungan asam lemak jenuh rantai panjang lebih besar yang berefek pada metabolisme tubuh.

Apa Saja Kandungan Virgin Coconut Oil?

Mengutip dari Halodoc, berikut ini secara terperinci kandungan nutrisi yang terkandung di dalam virgin coconut oil, di antaranya sebagai berikut:

  • Asam lemak jenuh, berkhasiat menjaga kesehatan jantung dan keseimbangan hormon
  • Asam lemak medium-chain triglycerides (MCT), berkhasiat memperbaiki fungsi dan kerja otak, meningkatkan metabolisme tubuh hingga efektif menurunkan berat badan
  • Antioksidan, berkhasiat untuk menjaga kesehatan kulit, mencegah penuaan dini, melawan radikal bebas serta terhindar dari kerusakan sel
  • Vitamin dan mineral, berkhasiat untuk pemenuhan mineral untuk tubuh
  • Senyawa bioaktif, berkhasiat meningkatkan imunitas tubuh dan memproteksi tubuh dari berbagai virus dan penyakit

Tips Mengkonsumsi Extra Virgin Coconut Oil

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengonsumsi extra virgin coconut oil, di antaranya sebagai berikut:

  • Mengonsumsi langsung bersama segelas air putih atau ke dalam minuman sehat seperti just atau smoothies
  • Mencampur multivitamin VOC ke dalam minuman hangat
  • Menambahkan multivitamin VCO ke dalam makanan
  • Mengganti margarin atau mentega dengan virgin coconut oil
  • Mengunyah oil pulling seperti mengunyah permen

Cara Memilih Virgin Coconut Oil Terbaik

Meskipun terbilang berkhasiat dan lebih aman virgin coconut oil dibandingkan minyak kelapa. Akan tetapi, dalam pemilihan produknya tetap tak boleh sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih produk VCO asli dan terbaik, di antaranya:

  • Memperhatikan asal negara tempat memproduksi VCO
  • Melihat apakah ada label Extra VCO
  • Melihat cara pembuatannya, pilih produk dengan metode pembuatannya menggunakan teknik cold pressed
  • Melihat dokumen sertifikat dan sertifikasi produk dari negara asal dan negara Indonesia
  • Memperhatikan warna dan aromanya, bila warnanya jernih dan mengeluarkan aroma alami maka produk VCO adalah produk asli

Salah satu rekomendasi produk terbaiknya yaitu Bali Pure - Virgin Coconut Oil. Bali Pure Virgin Coconut Oil memiliki tiga varian yang bisa Anda pilih di antaranya varian berukuran 100 ml, 250 ml, dan 500 ml.

Bali Pure Virgin Coconut Oil ini diklaim terbuat dari minyak kelapa murni tanpa proses pemanasan ataupun melibatkan cahaya matahari. Kandungan vitamin dan mineralnya masih alami dan utuh dengan kadar 99% sedangkan kadar asam lauratnya hanya 52,8%.

Produk ini aman digunakan untuk anak-anak ataupun dewasa dengan dosis yang berbeda. Untuk membeli Bali Pure - Virgin Coconut Oil Anda bisa menemukannya di Natural Farm.

Yuk, investasikan kesehatan diri sejak dini!

Referensi:

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category