Health

Mampu Mengatasi 4 Penyakit Kronis, Sebenarnya Satu Apel Berapa Kalori Kandungan Gizinya?

By Erwin |

Jika Anda bertanya satu apel berapa kalori, Anda perlu mengetahui lebih dulu jika apel tidak hanya mengandung senyawa yang bermanfaat untuk tubuh tetapi juga air. Pada apel berukuran sekitar 100gr, kalori satu apel sebesar 52kal. Saat mengkonsumsi satu hari satu apel, terutama di pagi hari, Anda akan merasa kenyang dalam waktu yang cukup lama, mengingat apel mengandung 10,4gr gula dan 2,4gr serat. Tidak hanya itu, ada nutrisi lain yang terkandung didalam 100gr apel, diantaranya:

  • Mineral 

Magnesium, Fosfor, Kalium, Kalsium, Baron, dan Zinc. Dengan kandungan beragam mineral mencapai sekitar 8% sesuai berat apel, ada proses regenerasi sel yang bisa dipercepat dan memperkuat organ tubuh dari resiko penyakit yang muncul dari pola hidup tidak sehat hingga polusi udara yang terjadi.  

  • Antioksidan 

Ada beragam jenis antioksidan, seperti flavonoid, polifenol, quercetin, dan lainnya dengan kadar mencapai 10% yang mampu menangkal radikal bebas dan mencegah resiko munculnya mutasi sel yang berujung pada pertumbuhan sel kanker.  

  • Vitamin 

Vitamin C, B1, B2, B3, B5, B6, B9, D, K yang terdapat didalam apel menyumbang 2% komposisi nutrisi dalam apel, ketika Anda ingin mengetahui satu apel berapa kalori dan senyawa pelengkapnya. Kandungan vitamin yang beragam dalam apel menjadikan buah ini dapat meningkatkan daya tahan ketika dikonsumsi rutin.  

  • Protein 

Adanya kandungan protein dan β-karoten membantu membunuh bakteri pada sistem pencernaan, menstabilkan kadar gula darah, serta meningkatkan metabolisme untuk menjaga ketahanan tubuh.

Dengan adanya kandungan nutrisi diatas, ada banyak manfaat buah apel yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsi minimal 100gr per hari, yaitu:

1. Menurunkan resiko diabetes

Orang Indonesia sangat rentan resiko diabetes dan konsumsi buah apel secara rutin membuat khasiat buah apel dapat dirasakan secara nyata untuk meminimalisir kerusakan jaringan pada organ pankreas sebagai penghasil insulin.  

2. Meningkatkan kesehatan jantung 

Umumnya semakin bertambahnya usia membuat metabolisme tubuh menurun dan jika diiringi dengan pola makan yang tidak sehat, tubuh akan mudah terkena resiko hipertensi maupun stroke. Namun demikian, saat Anda sudah mengetahui berapa kalori di satu apel, Anda bisa merutinkan konsumsi apel dalam bentuk salad atau jus buah untuk menurunkan resiko penyumbatan pembuluh darah oleh tumpukan lemak.   

3. Mengurangi resiko kanker

Mutasi sel di organ penting tubuh yang terindikasi sebagai sel tumor atau kanker dapat diminimalisir dengan kombinasi beragam buah termasuk apel dan blueberry, karena kandungan antioksidan buah yang sangat tinggi. 

4. Mencegah gejala Alzheimer

Penurunan konsentrasi dan gejala alzheimer lainnya bisa terjadi seiring pertambahan usia dan kerusakan sel tubuh. Setelah mengetahui satu apel berapa kalori, konsumsi apel secara benar dapat melancarkan suplai darah dan oksigen ke otak untuk mengurangi resiko alzheimer. 

Share

Latest Articles

7 Rekomendasi Susu yang Mengandung Protein Tinggi Sesuai Kebutuhan Harian

10 Cara Cepat Memanjangkan Rambut Pria, Aman dan Anti Ribet!

Ketahui Manfaat Aloe Vera untuk Wajah dan Kandungan Nutrisinya

Cek 7 Cara Mengatasi Lemas pada Anak Setelah Sakit, Ampuh!

Anak Kurus Apakah Cacingan? Ternyata Ini Penyebabnya!

Kenali 10 Penyebab Bayi Rewel dan Cara Ampuh Mengatasinya!

Article Category