Health

Jangan Sampai Anda Melewatkannya! Inilah Cara Memenuhi Kebutuhan Kalori Harian

By Erwin |

Memenuhi kebutuhan hidup untuk tetap bertahan menjadi tugas penting yang harus dipenuhi setiap individu. Salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi yaitu makan. Tentu jika anda tidak makan, badan akan merasa lemas dan tidak memiliki tenaga. 

Sedangkan anda harus melaksanakan berbagai aktivitas yang membutuhkan banyak Gerakan. Untuk itu kebutuhan kalori harian menjadi hal penting. Kalori bisa berasal dari mana saja baik nabati maupun hewani. 

Anda tentu sudah menyadari sejak lama jika hal ini teramat penting dan jika tidak terpenuhi maka akan menyebabkan datangnya berbagai penyakit. Lalu bagaimana cara memenuhi kebutuhan kalori harian bagi tubuh? Berikut detail penjelasannya, yaitu: 

1. Konsumsi Makanan Bergizi Dan Seimbang 

Cara paling umum yang bisa anda lakukan untuk memenuhi kadar kalori dalam tubuh yaitu dengan makan makanan bergizi dan seimbang. Tentu dengan begitu anda akan lebih sehat dan tidak terjadi penumpukan kalori. 

Pastikan anda mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, dan nutrisi lainnya dengan seimbang dan tidak berlebihan. Terlebih jika anda sedang menjalankan program diet ketat. 

2. Pilih Makanan Yang Rendah Kalori 

Bagi anda yang tidak ingin gemuk dan berisi, bisa banget memilih makanan yang rendah kalori. Dengan begitu anda tidak akan merasa kekenyangan ataupun kelaparan. Misalnya saja, konsumsi sayuran, buah-buahan, dan berbagai makanan nabati. 

Selain bisa mengurangi kalori dalam tubuh, anda juga akan lebih sehat dan seimbang. Namun jika anda tidak begitu suka dengan sayur dan buah, bisa mencoba untuk mengkonsumsinya dalam jumlah sedikit dulu dan bertahap. Itulah cara kebutuhan kalori harian.

3.  Hindari Makan Junk Food 

Terlalu banyak konsumsi junk food atau makanan cepat saji tentu tidak baik untuk kesehatan tubuh. Lantaran bisa menimbulkan penyakit yang tidak terduga layaknya maag, diare, muntaber dan lainnya. Hal ini mungkin sering anda lakukan ketika menjadi anak perantauan bukan? yap. 

Selain itu, junk food yang anda makan bisa jadi mengandung banyak gula, lemak jenuh, dan kalori lain yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Jadi lebih baik anda memasak sendiri dan mengatur banyaknya kalori yang masuk dalam tubuh. 

4. Olahraga Dengan Cukup 

Salah satu opsi yang bisa anda pilih untuk mengurangi kadar kalori yang ada dalam tubuh yaitu melakukan olahraga dengan cukup. Olahraga akan membantu anda membakar banyaknya makanan yang ada didalam tubuh dengan baik sehingga tidak ada lemak jahat yang mengendap. 

Imbangi olahraga yang anda lakukan dengan minum air putih sesuai dengan aturan yang dianjurkan. Jangan sampai anda dehidrasi dan merasa sangat letih. Minum air putih juga bisa mengatasi rasa lapar dalam beberapa waktu. 

Sekian pembahasan mengenai cara pemenuhan kebutuhan kalori harian dalam tubuh. Dengan mengaturnya anda akan lebih sehat dan menjaga gizi lebih seimbang dalam tubuh. Jangan sampai anda menyimpan terlalu banyak kalori dalam tubuh!

Share

Latest Articles

Cek 7 Cara Mengatasi Lemas pada Anak Setelah Sakit, Ampuh!

Anak Kurus Apakah Cacingan? Ternyata Ini Penyebabnya!

Kenali 10 Penyebab Bayi Rewel dan Cara Ampuh Mengatasinya!

Intip 10 Fakta Bahaya Makan Mie Instan untuk Anak, Waspadalah!

Khasiat Madu untuk Promil dan Cara Tepat Mengonsumsinya!

Kenali 7 Ciri Ciri Batuk Alergi pada Anak & Bedanya dengan Batuk Biasa

Article Category