Health

Simak Daftar Makanan Karbohidrat yang Cocok untuk Program Diet

By Erwin |

Bagi seseorang yang sedang menjalankan program diet sehat, disarankan untuk lebih cermat dalam memilih sumber makanan karbohidrat. Dengan mengonsumsi sumber makanan tersebut, maka dapat membantu mengurangi asupan kalori yang masuk ke tubuh. Lantas yang menjadi pertanyaan adalah, kira – kira apa saja makanan sumber karbohidrat yang cocok untuk program diet sehat? Apabila Anda penasaran akan informasi tersebut, maka bisa menyimak detail informasi lengkapnya di artikel berikut ini. 

Daftar makanan karbohidrat untuk program diet

Seperti yang diketahui, bahwa kebanyakan orang biasanya akan menghindari asupan karbohidrat sepenuhnya lantaran menganggap cara tersebut lebih cepat dalam membantu menurunkan berat badan. Padahal, ada cara yang bisa seseorang lakukan untuk menjalankan program diet dengan tetap memenuhi kebutuhan asupan karbohidrat harian. Caranya, yaitu dengan mengonsumsi beberapa makanan sumber karbohidrat yang tepat untuk program diet berikut ini. 

1. Kacang – kacangan

Salah satu makanan sumber karbohidrat yang dapat digunakan untuk program diet sehat, yaitu ada kacang – kacangan. Diketahui, ada jenis kacang – kacangan tertentu yang memiliki kandungan asam lemak sehat untuk membantu meningkatkan kesehatan tubuh. Dalam hal ini, Anda dapat memasukkan kacang – kacangan ke dalam menu utama / snack yang kaya serat dan protein. Sehingga, hal inilah yang nantinya dapat dicerna secara perlahan dan membuat kenyang lebih lama. 

2. Beras merah

Berikutnya, Anda bisa menjadikan berat merah pengganti nasi putih untuk memenuhi kebutuhan sumber karbohidrat dalam program sehat. Beras merah, umumnya memiliki kandungan serat lebih tinggi dengan indeks glikemik yang lebih rendah jika dibandingkan dengan beras putih. Dengan mengonsumsi nasi merah tersebut, maka akan membuat Anda kenyang lebih lama. Di samping itu, mengonsumsi nasi merah juga tidak akan membuat gula darah melonjak lebih cepat setelah makan. 

3. Umbi – umbian

Sumber karbohidrat lainnya yang juga cocok untuk program diet sehat, yaitu ada umbi – umbian. Tidak hanya memiliki rasa yang cenderung manis saja, umbi – umbian seperti ubi jalar dan kentang juga memiliki kandungan serat tinggi dan baik untuk sistem pencernaan tubuh. Kendati demikian, Anda perlu cermat dalam mengolah jenis umbi – umbian satu ini jika ingin dikonsumsi untuk program diet. Pastikan Anda untuk menghindari mengolah jenis umbi – umbian tersebut dengan menggoreng. 

4. Pisang

Terakhir, Anda juga dapat menjadikan buah pisang sebagai sumber karbohidrat yang baik untuk program diet sehat. Dengan memiliki kandungan serat tinggi, buah pisang ini dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan. Terlebih lagi, buah pisang ini juga sangat mudah didapat dengan harganya yang cukup terjangkau. Sehingga tidak mengherankan, apabila kebanyakan orang sering menjadikan pisang sebagai salah satu sumber karbohidrat ketika program diet. 

Demikianlah tadi beberapa sumber makanan karbohidrat yang dapat Anda konsumsi ketika menjalankan program diet sehat untuk menurunkan berat badan. 

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category