Sport

Rekomendasi Suplemen Penambah Berat Badan yang Aman untuk Semua Usia

By Vivi |

Untuk meningkatkan berat badan, mengonsumsi suplemen penambah berat badan dapat membantu Anda mendapatkan berat badan ideal dengan kebutuhan nutrisi yang sesuai.

Pasalnya ada banyak suplemen penambah berat badan untuk dewasa tapi kebutuhan nutrisi tubuh tak tercukupi. Sehingga tubuh hanya akan menyimpan lemak saja. Hal seperti ini justru meningkatkan risiko terkena penyakit yang lebih parah.

Selain mengonsumsi suplemen makanan penambah berat badan, tetap menjaga pola makan dan tetap rutin berolahraga. Ketahui juga kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Jenis-Jenis Suplemen Penambah Berat Badan

Setiap orang yang berencana menaikkan berat badan, bisa disebabkan oleh berbagai alasan. Beberapa di antaranya ingin membuat tubuh semakin sehat atau hanya ingin meningkatkan massa otot tubuh.

Meningkatkan berat badan bukan hanya persoalan berat badan bertambah saja. Melainkan Anda tetap harus memastikan bahwa proses peningkatan berat badan tetap memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Berikut ini kandungan yang dibutuhkan tubuh saat Anda akan mengonsumsi suplemen penambah berat badan dengan cepat.

1. Protein

Mengonsumsi makanan atau suplemen multivitamin yang kaya akan protein dapat membantu meningkatkan massa otot. Akan tetapi, mengonsumsi suplemen protein harus dibarengi dengan makanan yang kaya akan protein atau kalori juga. Beberapa di antaranya seperti nasi merah, kentang, kacang, gandum utuh, alpukat dan produk susu seperti keju.

Mengonsumsi makanan atau suplemen tinggi protein membutuhkan waktu cukup lama dicerna di dalam tubuh. Sehingga tubuh manusia lebih banyak menyerap zat gizi.

2. Kreatin

Kreatin merupakan senyawa kimia alami yang diproduksi di dalam tubuh dan terletak di bagian sel-sel tubuh khususnya di bagian otot dan otak. Mengonsumsi kreatin membantu peningkatan berat badan dengan meningkatkan massa otot tapi tidak menumpuk massa lemak lebih besar.

Saat mengonsumsi suplemen penambah otot dan berat badan yang mengandung kreatin ini harus diikuti dengan konsumsi makanan berkalori dan rutin berolahraga.

Hal penting yang perlu Anda perhatikan saat mengonsumsi suplemen dan makanan kreatin yakni konsumsi sesuai dosis supaya di dalam tubuh tidak kelebihan cairan atau menyebabkan gangguan pencernaan.

Baca juga: Apakah Efektif Minum Creatine Tanpa Olahraga?

3. Zinc

Nutrisi zinc atau Seng merupakan senyawa yang dapat membantu proses pembentukan DNA, protein dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sebenarnya peningkatan berat badan dengan mengonsumsi nutrisi zinc tidak secara langsung berpengaruh.

Hanya saja, ada beberapa kasus yang mengaitkan kurangnya asupan zinc yang bisa mempengaruhi nafsu makan seseorang sehingga berat badannya turun. Meski begitu, tetap harus ada penelitian lebih lanjut mengenai kaitan antara berat badan dan nutrisi zinc.

4. Minyak Ikan

Kandungan omega-3 pada minyak ikan diklaim efektif untuk meningkatkan berat badan dan menjaga kesehatan jantung. Namun dalam mengonsumsi suplemen untuk menambah berat badan yang mengandung minyak ikan harus dibarengi dengan mengonsumsi makanan berkalori.

Bagi penderita diabetes atau orang yang sedang mengonsumsi obat pengencer perlu melakukan konsultasi dokter terlebih dulu sebelum mengonsumsi suplemen ini. Sebab efek samping suplemen multivitamin minyak ikan cukup mempengaruhi gula darah dan perdarahan.

5. Citrulline

Asupan bernutrisi yang terakhir untuk membantu menambah berat badan tanpa menimbulkan penyakit yaitu suplemen multivitamin yang mengandung citrulline. Citrulline termasuk asam amino yang berfungsi untuk mengalirkan darah ke seluruh jaringan tubuh.

Salah satu penelitian yang dilakukan Current Opinion in Clinical Nutrition and Metabolic Care menyebutkan bahwa mengonsumsi suplemen yang mengandung citrulline sama seperti Anda meningkatkan massa otot dengan cara latihan fisik.

Walaupun masih diperlukan penelitian jangka panjang untuk mengetahui efek konsumsi citrulline. Akan tetapi, suplemen citrulline tetap efektif untuk meningkatkan massa otot dari waktu ke waktu. Apalagi bila Anda mengonsumsi citrulline sambil rutin berolahraga.

Efek Samping Suplemen Penambah Berat Badan

Sebagian orang yang ingin menambah berat badan biasanya disebabkan faktor genetik dan keturunan. Namun di zaman yang serba canggih dan cepat ini, orang semakin banyak tekanan kehidupan dan pekerjaan sehingga tingkat stress berlebihan semakin tinggi.

Saat Anda stress dan tidak mengontrol makanan yang dikonsumsi serta melakukan aktivitas fisik yang terlalu berlebihan. Maka sulit mendapatkan berat badan ideal sesuai harapan.

Meski sangat membutuhkan suplemen penambah berat badan, Anda tetap harus mengetahui efek samping apa yang akan berdampak pada tubuh selain meningkatnya berat badan.

Bila Anda tidak aware dengan bahan yang terkandung dalam suplemen tersebut, maka dampaknya cukup berbahaya bagi tubuh. Beberapa di antaranya mengalami perubahan mood cukup drastis, diabetes, gangguan ginjal, hati hingga gangguan kesehatan jantung.

Tips Memilih Suplemen Penambah Berat Badan yang Tepat

Bertambahnya berat badan harus dibarengi dengan meningkatnya kesehatan tubuh. Dengan banyak makan, berat badan memang bisa bertambah. Namun bagaimana dengan kondisi kesehatannya? Justru hanya dengan makan banyak, Anda akan menimbulkan jenis penyakit lainnya.

Bantu peningkatan berat badan dengan melengkapi kebutuhan nutrisi melalui konsumsi suplemen penambah berat badan yang bisa Anda temukan di apotik, market place atau media sosial.

Namun untuk memastikan apakah suplemen tersebut aman untuk tubuh, ada beberapa hal yang perlu Anda pastikan, di antaranya:

  • Suplemen penambah berat badan BPOM
  • Suplemen telah bersertifikat Food and Drug Administration (FDA) dan lembaga terkait lainnya
  • Konsumsi suplemen memenuhi kebutuhan kalori harian tubuh
  • Pertimbangkan nutrisi yang terkandung di dalam suplemen
  • Pilih produk suplemen yang terbuat dari bahan alami dan baik untuk kesehatan tubuh
  • Sesuaikan produk suplemen penambah berat badan dengan usia konsumen
  • Tentukan bentuk suplemen multivitamin yang bisa Anda konsumsi

Rekomendasi Suplemen Penambah Berat Badan

Produk suplemen penambah berat badan pria, wanita, dan anak-anak berbeda-beda. Belum lagi dari segi bentuk, ada suplemen yang berbentuk cair, pil, kapsul ataupun bubuk. Anda bisa memilih suplemen yang sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini rekomendasi suplemen penambah berat badan dan massa otot terbaik.

1. BSN True Mass 1200

Suplemen BSN True Mass diproduksi dengan formulasi khusus untuk memenuhi kebutuhan makronutrien karbohidrat dan protein di dalam tubuh. Ratio antara protein dan karbohidratnya yaitu 4:1, di mana kadar protein sebesar 50 gram sedangkan kadar karbohidratnya 213 gram.

Suplemen yang terbuat dari gandum utuh ini mengandung kalori cukup besar yakni 1210 kalori setiap takaran sajinya. Dengan begitu, Anda tetap bisa menjaga kebutuhan kalori tubuh sembari meningkatkan berat badan.

Nutrisi lainnya yang terkandung di dalam BSN True Mass antara lain Branched Chain Amino Acid Chelate (BCAA), asam amino dan minyak trigliserida rantai sedang. Ada tiga pilihan rasa yang bisa Anda pilih, di antaranya:

2. Optimum Nutrition Serious Mass

Rekomendasi suplemen untuk meningkatkan berat badan namun tetap sehat karena kebutuhan nutrisinya tetap terjamin yaitu Optimum Nutrition Serious Mass. Optimum Nutrition Serious Mass memiliki formulasi khusus sehingga setiap takaran sajinya mengandung kalori sebesar 1.250 kalori, karbohidrat sebesar 250 gram dan kadar protein sebesar 50 gram.

Belum lagi terdapat 25 jenis vitamin dan mineral esensial untuk pemenuhan kebutuhan nutrisi makro dan mikro untuk tubuh. Protein yang terkandung di dalamnya berfungsi untuk meningkatkan berat badan sekaligus meningkatkan massa dan kekuatan otot.

Anda yang rutin melakukan latihan fisik disarankan mengonsumsi ini setelah melakukan latihan fisik atau di antara waktu makan.

Bedanya Optimum Nutrition Serious Mass dengan suplemen lainnya, selain ada pilihan rasa. Anda juga bisa memilih kemasan ukuran kecil saat pertama kali coba. Bila ternyata cocok, Anda bisa membeli dalam kemasan besar. Berikut ini varian suplemen Optimum Nutrition Serious Mass, di antaranya:

Demikianlah rekomendasi suplemen penambah berat badan yang aman dan efektif untuk menambah berat badan, mengembangkan massa otot namun tetap aman dan terjaga kesehatan tubuh.

Untuk menemukan produk suplemen dan multivitamin yang aman dan baik untuk kesehatan, Anda bisa mengunjungi laman Natural Farm.

Yuk, mulai investasi kesehatan sejak dini!

Share

Trending Article

Kenali 6 Penyebab Susah BAB dan Cara Mengatasi BAB Susah Keluar

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat dan Cara Bulking yang Tepat

Apa Itu Cutting? Ini Penjelasan Pola Latihan Cutting dan Rekomendasi Suplemennya

Suplemen Pembentuk Otot: Jenis, Tips & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Article Category