Health

Kenali Penyebab dan Cara Menghilangkan Ketombe dan Rambut Rontok

By Vivi |

Cara menghilangkan ketombe dan rambut rontok sebenarnya cukup mudah. Yang terpenting Anda mengetahui bagaimana cara menjaga dan merawat kesehatan kulit kepala supaya rambut tumbuh dengan akar yang kuat.

Saat menemukan ketombe atau rambut yang rontok, awalnya Anda belum benar-benar merasa terganggu. Namun bila dibiarkan begitu saja, maka ketombe bisa menurunkan rasa kepercayaan diri sedangkan rasa gatal akan ketombe dan rambut rontok bisa menciptakan rasa kurang nyaman saat Anda melakukan aktivitas sehari-hari.

Untuk itu, sebelum ketombe dan kerontokan semakin parah. Mari mengetahui cara ampuh menghilangkan ketombe dan rambut rontok.

Baca juga: Ketahui 5 Cara Alami Atasi Rambut Rontok Berlebihan

Penyebab Rambut Rontok dan Berketombe

Ada jenis ketombe yang bikin gatal. Ketombe jenis ini berbentuk serpihan kulit mati berwarna kuning atau putih yang menimbulkan rasa gatal luar biasa sehingga hasrat Anda ingin menggaruknya cukup besar. Saat Anda menggaruknya, ketombe tersebut akan jatuh ke bahu dan merusak penampilan.

Jenis ketombe gatal seperti ini disebabkan menumpuknya minyak, debu, kotoran, dan sel kulit mati di kulit kepala yang bisa menyumbat folikel. Bila tidak segera diatasi, maka jamur Malassezia globosa yang menyebabkan ketombe gatal jumlahnya semakin tidak terkontrol.

Penyebab lainnya karena ada masalah kulit seperti dermatitis seboroik dan jenis eksim di kulit kepala. Tandanya dengan munculnya kulit kering yang mengelupas, kemerahan dan diikuti dengan rasa gatal.

Faktor lain yang menyebabkan rambut rontok dan ketombe antara lain:

  • Kurang menjaga kebersihan rambut seperti kebiasaan jarang keramas
  • Pola makan kurang sehat, kurangnya vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan untuk menyehatkan kulit kepala dan rambut
  • Mengalami stress berlebih
  • Terjadinya produksi minyak berlebih di kulit kepala
  • Terjadinya peradangan di bagian kulit kepala, psoriasis yang bikin kulit berisik dan menebal yang mudah mengelupas dan terasa gatal
  • Adanya gangguan yang disebabkan jamur di bagian kulit kepala

Cara Menghilangkan Ketombe dan Rambut Rontok

Rasanya bikin frustrasi saat menemukan ketombe menempel di kulit kepala dan rambut. Melakukan mobilitas ke sana kemari dengan ketombe menempel di rambut bisa mengurangi penampilan.

Apalagi bila ketombe tersebut gatal dan berjatuhan hingga menempel ke bagian pundak dan bahu. Rasanya kurang nyaman dan bisa menurunkan rasa percaya diri. Bagaimana cara menghilangkan ketombe dan rambut rontok? Berikut ini caranya.

1. Oleskan Lidah Buaya

Cara mengatasi rambut rontok dan ketombe dengan mengoleskan lidah buaya antara lain:

  • Mengoleskan dan memijat kulit kepala menggunakan daging lidah buaya yang telah dipotong dan dihaluskan, kemudian diamkan selama kurang lebih 30 menit
  • Setelah itu, Anda bisa membilas rambut tersebut dan gunakan sampo untuk membersihkannya
  • Untuk hasil yang lebih maksimal, lakukan cara tersebut sebanyak 2 kali sehari

2. Membungkus Rambut dengan Larutan Cuka Apel

Cuka apel memiliki sifat asam yang efektif untuk mencegah terjadinya pertumbuhan jamur dan merontokan sel kulit mati. Caranya sebagai berikut:

  • Melarutkan 1 sendok makan cuka apel dengan 1 gelas air hangat
  • Lalu basahi handuk atau kain bersih dengan larutan cuka apel tersebut
  • Membungkus rambut dengan kain bersih atau handuk yang telah dibasahi cuka apel dan diamkan selama 3 jam

3. Menggunakan Baking Soda

Cara menghilangkan rambut rontok dan ketombe menggunakan baking soda cukup efektif karena baking soda memiliki sifat antijamur untuk mencegah terjadinya gatal. Meski begitu, menghilangkan ketombe menggunakan baking soda perlu dilakukan penelitian lanjutan karena kadar pH pada baking soda cukup tinggi dan berpotensi menyebabkan kerusakan rambut.

4. Mengonsumsi Probiotik

Cara menghilangkan ketombe dan mengatasi rambut rontok selanjutnya dengan mengonsumsi makanan, minuman atau multivitamin yang mengandung probiotik. Probiotik sejenis bakteri baik yang membantu peningkatan sistem kekebalan tubuh hingga melawan infeksi jamur yang disebabkan ketombe.

5. Menggunakan Sampo yang Mengandung Salicylic Acid

Cara untuk menghilangkan ketombe dan rambut rontok menggunakan sampo yang paling gampang. Namun Anda perlu memastikan sampo tersebut mengandung senyawa salicylic acid atau asam salisilat.

6. Mengoleskan Minyak Kelapa

Cara menghilangkan ketombe membandel dan rambut rontok menggunakan minyak kelapa dengan cara mengoleskannya, berikut ini langkah-langkahnya:

  • Tuang minyak kelapa di wadah bersih sebanyak 1 sampai 2 sendok makan
  • Lalu oleskan minyak kelapa tersebut ke kulit kepala sampai rata
  • Kemudian diamkan selama kurang lebih 30 sampai 60 menit
  • Bersihkan kepala dan rambut hingga bersih menggunakan sampo
  • Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan treatment ini sebanyak 1 sampai 2 kali seminggu

7. Mengoleskan Minyak Tea Tree

Untuk mengatasi jamur Malassezia yang mengendap di kulit kepala, Anda bisa mengoleskan minyak tea tree. Minyak tea tree bersifat antijamur dan mengatasi peradangan alami karena jenis jamur tersebut.

Namun bila Anda memiliki kulit sensitif, penggunaan minyak tea tree bisa menimbulkan iritasi. Karenanya penggunaan minyak tea tree ini harus dipadukan dengan carrier oil. Kemudian oleskan minyak tersebut secara merata di kulit kepala. Atau menggunakan sampo yang mengandung bahan minyak tea tree.

8. Mengoleskan Perasan Lemon

Sama halnya dengan cuka apel, perasan lemon bersifat asam, antibakteri dan antijamur sehingga cocok untuk menghilangkan ketombe dan rambut rontok. Cukup oleskan 2 sendok teh perasan lemon langsung ke kulit kepala. Kemudian pijat dengan lembut dan diamkan selama beberapa menit. Terakhir bersihkan dengan air hangat sampai bersih.

9. Mengonsumsi Minyak Ikan

Minyak ikan yang mengandung omega-3 baik untuk menyehatkan kulit, termasuk kulit kepala. Efek sampingnya selain menyehatkan kulit kepala, minyak ikan berkhasiat untuk merangsang tumbuhnya rambut sehat dan meningkatkan kekuatan akar rambut.

10. Membersihkan Rambut dan Kulit Kepala dengan Sampo Zinc

Cara menghilangkan ketombe dan rambut rontok yang terakhir dengan menggunakan sampo yang mengandung zinc pyrithione. Kandungan zinc pyrithione bersifat anti ketombe dan anti rontok. Untuk hasil yang lebih optimal gunakan sampo ini sebanyak dua kali seminggu.

Rekomendasi Hair Tonic untuk Atasi Rambut Ketombe dan Rontok

Apabila Anda ingin menghilangkan ketombe dan mengurangi rambut rontok namun ada keterbatasan waktu karena kesibukan. Kini tak perlu khawatir karena ada beberapa produk perawatan rambut atau hair tonic yang sudah terjamin efektivitasnya untuk mengatasi persoalan rambut.

1. Eucalie Hair Growth / Anti Hair Fall Tonic Organic Serum

Hair tonic Eucalie Hair Growth / Anti Hair Fall Tonic Organic Serum merupakan produk perawatan kulit kepala dan rambut yang telah tersertifikasi BPOM dan telah dinyatakan HALAL.

Eucalie Hair Growth bisa digunakan semua kalangan dengan usia minimal 1 tahun. Termasuk bila Anda memiliki kulit kepala sensitif atau seorang ibu hamil. Diformulasikan dengan kandungan alkohol-serum khusus dengan teknologi Biomimetic Peptide.

Selain mengurangi kerontokan dan ketombe, serum ini ampuh untuk mencukupi nutrisi rambut, memperkuat akar rambut dan meningkatkan kesuburan pertumbuhan rambut.

2. Escalade Loss Less Serum

Serum untuk merawat kesehatan kulit kepala dan rambut dari Escalade yaitu Escalade Loss Less Serum. Produk serum ini diklaim 121% efektif untuk menstimulasi pertumbuhan rambut.

Efek pengurangan rambut rontok pasca menggunakan serum Escalade Loss Less Serum membantu peningkatan sirkulasi darah pada kulit kepala sehingga folikel sampai batang rambut semakin kuat.

3. Escalade Dandruff Treatment Shampoo & Conditioner

Produk perawatan rambut Escalade Dandruff Treatment Shampoo & Conditioner memiliki formulasi lengkap dengan kandungan Crinipan PMC, Capibiome, dan Ekstrak Rosemary.

Kandungan Crinipan PMC menjaga kesehatan rambut dengan mencegah terjadinya produksi mikrobioma berlebih yang menyebabkan persoalan rambut seperti ketombe dan rambut rontok hingga dermatitis seboroik.

Kandungan Capibiome membantu proses peradangan kulit kepala untuk menyeimbangkan ekosistem pada kulit kepala. Lalu kandungan Ekstrak Rosemary yang mencegah terjadinya pertumbuhan jamur Malassezia yang menjadi penyebab ketombe.

4. O SWEET Singapore Ginger Shampoo

Anda juga bisa merawat rambut yang rontok dengan O SWEET Singapore Ginger Shampoo. Bedanya sampo O Sweet Singapore Ginger dengan produk sampo lainnya karena ada kandungan Jahe Bentong, Minyak Biji Camelia dan Polygonum Multiflorum.

Produk ini telah melalui uji klinis selama 4 tahun dan bersertifikat SGS & HSA International dengan predikat Sampo Anti Rontok Terbaik.

5. Tumbuh Lab Hair Oil With Peppermint

Ada juga hair tonic lokal buatan asli Indonesia yang memiliki efek signifikan untuk mengatasi persoalan rambut. Produk perawatan rambut dari Tumbuh Lab, Tumbuh Lab Hair Oil With Peppermint diklaim mampu menyehatkan kulit kepala, memperkuat akar rambut hingga mengurangi potensi kerontokan dan kebotakan dini.

Selain mengatasi persoalan rambut, Tumbuh Lab Hair Oil With Peppermint juga efektif untuk memperbaiki rambut yang rusak, menstimulasi pertumbuhan rambut sehingga rambut tumbuh tebal dan halus.

Anda bisa menemukan produk hair tonic atau produk perawatan dan kecantikan lainnya melalui Natural Farm. Jadi, jangan anggap remeh ketombe dan rambut yang rontok, ya!

Share

Trending Article

Mengenal Manfaat Beras Porang Bagi Kesehatan dan Cara Membuatnya

Kenali 6 Penyebab Susah BAB dan Cara Mengatasi BAB Susah Keluar

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat dan Cara Bulking yang Tepat

Apa Itu Cutting? Ini Penjelasan Pola Latihan Cutting dan Rekomendasi Suplemennya

Article Category