Lifestyle

Begini Cara Menghilangkan Jerawat Punggung Paling Ampuh & Efektif

By Vivi |

Tahukah Anda ternyata ada jerawat yang tumbuh di punggung? Bagaimana cara menghilangkan jerawat punggung? Kenapa jerawat bisa muncul di punggu? Cari tahu jawabannya melalui artikel ini.

Pada umumnya jerawat akan muncul di wajah. Jerawat yang muncul di wajah saja terkadang sangat sakit dan meninggalkan bekas yang cukup mengganggu penampilan. Namun ternyata, jerawat di punggung jauh lebih sakit daripada jerawat di wajah, lho.

Dalam kasus dan penyebab tertentu, jerawat di punggung justru bisa menimbulkan penyakit yang lebih serius. Mari simak uraian selengkapnya berikut ini.

Penyebab Munculnya Jerawat Punggung

Sebelum mengetahui cara menghilangkan jerawat di punggung, sebaiknya ketahui dulu apa saja penyebab yang membuat jerawat muncul di punggung.

Untuk diketahui bahwa jerawat yang muncul di punggung terbentuk saat sel kulit mati dan sebum ekstra menumpuk dan memblokir pori-pori kulit dan bakteri. Lambat laun dinding folikel rambut membengkak dan menimbulkan jerawat.

Terlepas dari kondisi penumpukan sel kulit mati tersebut, ada hal-hal lain yang menyebabkan jerawat muncul di punggung, di antaranya:

  • Produksi keringat berlebih di bagian punggung sehingga pori-pori kulit tersumbat dan munculnya jerawat
  • Bagian punggung jarang terjamah saat mandi sehingga kebersihannya tak terjaga dan terjadi penumpukan kotoran, bakteri, sebum hingga sel kulit mati
  • Penggunaan produk perawatan tubuh yang kurang cocok dengan kulit sehingga menimbulkan sumbatan di bagian pori-pori kulit punggung
  • Terjadinya gesekan antara kulit punggung dan pakaian yang terlalu sempit dan ketat, bila tak diubah gaya pakaian seperti ini maka berpotensi menimbulkan iritasi
  • Menggosok kulit punggung terlalu kencang dan memberikan tekanan terlalu berlebihan sehingga menyebabkan jerawat dan iritasi
  • Mengalami stres dan peningkatan hormon kortisol dan androgen, umumnya kondisi ini terjadi saat masa pubertas, menstruasi dan ibu hamil
  • Mengonsumsi makanan atau obat tertentu yang bisa menimbulkan jerawat di pinggung
  • Faktor genetik di mana Anda memiliki riwayat kulit sensitif atau mudah jerawat

Baca juga: Berantas Jerawat dengan Konsumsi Probiotik

Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung

Sejatinya, cara menghilangkan jerawat punggung dan bekasnya yang paling efektif ialah menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh. Namun secara spesifik, berikut ini cara menghilangkan jerawat di punggung secara alami dan penggunaan produk perawatan.

1. Mandi Setelah Berolahraga dan Berkeringat

Setelah melakukan aktivitas olahraga atau aktivitas lain yang mengeluarkan keringat, jangan biarkan keringat tersebut mengucur terlalu lama di punggung. Sebab kondisi tersebut bisa membuat cairan keringat menutupi pori-pori kulit di punggung.

2. Pakai Pakaian Bersih

Pakaian yang kotor atau penuh keringat dapat memicu pertumbuhan bakteri di punggung. Oleh karena itu, sebaiknya ganti pakaian Anda dengan pakaian bersih. Bila harus mengganti pakaian sebanyak 2 sampai 3 kali sehari maka tak apa asalkan tetap menggunakan pakaian bersih.

3. Pakai Pakaian Longgar dan Gampang Serap Keringat

Selain menggunakan pakaian bersih, disarankan untuk mengenakan pakaian yang longgar dan mudah menyerap keringat. Dengan mengenakan pakaian longgar, Anda memberikan waktu kulit untuk bernapas. Sedangkan pakaian yang menyerap keringat membantu penyerapan keringat sehingga tidak menyumbat folikel rambut.

4. Eksfoliasi

Eksfoliasi menggunakan scrub yang mengandung asam salisilat. Tujuan eksfoliasi ini untuk mengangkat kotoran dan minyak ekstra serta menekan proses produksi kulit mati yang bisa menyumbat pori-pori kulit punggung.

5. Hindari Kebiasaan Mengurai Rambut di Punggung

Sama halnya dengan potensi rambut yang terurai di wajah dapat menimbulkan jerawat. Hal yang sama juga terjadi bila Anda sering mengurai rambut di punggung. Kotoran dan minyak yang menempel di rambut tersebut akan pindah ke kulit punggung dan menimbulkan tersumbatnya pori-pori pada kulit punggung.

6. Hindari Mengonsumsi Makanan dengan Kadar Indeks Glikemik Tinggi

Mengonsumsi makanan sehat akan mempengaruhi kondisi kesehatan seluruh tubuh, termasuk kesehatan kulit punggung. Khususnya cara hilangkan jerawat punggung dengan menghindari makanan yang mengandung indeks glikemiks tinggi.

Kandungan indeks glikemik tinggi tersebut yang membuat gula darah gampang naik lebih cepat. Makanan yang mengandung indeks glikemik di antaranya nasi, roti putih, pasta putih dan ketan putih.

7. Oleskan Krim Benzoil Peroksida dan Asam Salisilat

Krim yang mengandung benzoil peroksida dioleskan ke jerawat yang ada di kulit punggung ampuh untuk membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat. Kemudian menggunakan produk yang mengandung asam salisilat untuk meminimalisir peradangan dan membantu pori-pori kulit punggung terbuka.

8. Gunakan Krim Retinoid

Selain dua krim di atas, krim retinoid juga bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat di kulit punggung. Krim retinoid seperti isotretinoin dan tretinoin membantu proses pembukaan pori-pori yang sudah tersumbat sel kulit mati.

9. Konsumsi Antibiotik

Saat jerawat meradang, rasa sakitnya cukup menyakitkan dan perih. Untuk mengurangi rasa sakitnya, Anda bisa mengosnumsi antibiotik. Sebab efek antiinflamasi yang terkandung dalam produk antibiotik bisa menekan rasa perih saat jerawat di punggung meradang. Antibiotik ini juga bisa mengatasi bakteri yang ada di kulit punggung.

10. Kurangi Gesekan di Punggung

Cara alami menghilangkan jerawat di punggung dengan mengurangi kebiasaan menggesekan objek lain ke bagian punggung. Misalnya saja menghindari mengenakan pakaian ketat dan menggunakan tas ransel saat jerawat sedang meradang.

Tips Mencegah Jerawat Punggung

Setelah jerawat telah hilang dari kulit punggung, lakukan langkah antisipasi supaya jerawat tidak muncul lagi di kulit punggung dengan beberapa langkah konkret. Langkah-langkah untuk mengantisipasi tumbuhnya jerawat pada kulit di punggung antara lain:

  • Rajin membersihkan kulit sesuai jenis kulitnya
  • Gunakan sabun pembersih yang mengandung bahan khusus antibakteri yang memiliki tekstur lembut saat bersentuhan dengan kulit
  • Jangan pernah memencet jerawat agar tidak menyebabkan peradangan
  • Gunakan pakaian yang gampang menyerap keringat dan longgar
  • Jaga pola dan gaya hidup sehat
  • Konsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur

Rekomendasi Produk untuk Mengobati dan Merawat Kulit Punggung yang Berjerawat

Treatment untuk mengobati dan merawat kulit punggung agar terbebas dari jerawat berbeda tergantung kebutuhannya. Produk untuk mengobati dan menghilangkan jerawat, merawat bekas jerawat hingga produk untuk mencegah tumbuh kembali jerawat berbeda-beda. Berikut ini rekomendasinya, antara lain.

1. Aveeno Daily Moisturizing Body Wash

Untuk membuat permukaan punggung lebih bersih dan sehat sehingga terbebas dari kuman, Anda bisa menggunakan sabun Aveeno Daily Moisturizing Body Wash. Sabun dari Aveeno ini diformulasi khusus dengan mengombinasikan Colloidal oatmeal dengan natural oils.

Sabun ini membantu menjaga kelembapan kulit dan membuat kulit bertekstur lembut dan halus. Penggunaan sabun Aveeno Daily Moisturizing Body Wash dapat menenangkan jerawat yang sedang meradang.

2. Dr. Bronners Organic Liquid Soap

Rekomendasi lainnya untuk membersihkan bakteri dari tubuh dengan menggunakan Dr. Bronners Organic Liquid Soap. Produk perawatan tubuh yang satu ini terbuat dari bahan organik alami asli. Sabun ini mengandung minyak esensial alami, di antaranya Palm Kernel Oil, Coconut Oil, Jojoba Oil, dan Olive Oil.

Sabun cari dari Dr. Bronners ini ampuh untuk membersihkan seluruh tubuh mulai dari kebersihan wajah, badan sampai rambut. Dengan begitu kulit, khususnya  kulit punggung jadi terjaga kebersihan dan kelembapannya.

Menariknya ada berbagai aroma yang bikin rileks yang bisa Anda pilih. Di antaranya aroma Citrus Orange, Rose, Baby Unscented, Lavender, Almond,Eucalyptus, Peppermint, dan Tea Tree.

3. Bio Talk Charcoal Soap

Sabun Bio Talk Charcoal Soap diklaim untuk mengatasi jerawat yang meradang yang tumbuh di wajah dan tubuh. Sabun detox yang mengandung Charcoal ini diklaim cukup ampuh mengobati jerawat yang ada di bagian wajah dan punggung.

Keunggulan produk ini dibandingkan produk sabun lainnya yakni sabun ini bisa digunakan oleh anak-anak, ibu menyusui, ibu hamil, penderita eczema, psoriasis hingga kulit sensitif lainnya.

4. Bio Talk Calendula Healing Salve

Khusus untuk kulit punggung yang berjerawat, kulit yang sedang mengalami iritasi, kulit eksim hingga kulit pecah-pecah bisa diatasi dengan menggunakan minyak Bio Talk Calendula Healing Salve.

Cara penggunaannya cukup mudah, cukup mengoleskan Bio Talk Calendula Healing Salve ke bagian jerawat atau kulit yang sangat kering. Untuk menghasilkan efek yang optimal, gunakan minyak ini rutin 2 kali sehari dengan mengoleskan minyak secara tipis dan merata.

Kandungan di dalam minyak ini berasal dari tanaman asli di antaranya Helianthus Annuus Seed Oil, Cocos Nucifera Oil, Cera Alba, Calendula Officinalis Flower Extract, Fragrance, Argania Spinosa Kernel Oil.

5. Bio Oil Skincare Oil

Rekomendasi produk lainnya untuk menghilangkan bekas jerawat di bagian kulit punggung yaitu Bio Oil Skincare Oil. Minyak dari Bio Oil ini menggunakan formulasi khusus yang efektif untuk menyamarkan bekas luka, noda pigmentasi, mengatasi stretch mark hingga mengembalikan minyak alami kulit yang hilang.

Demikianlah cara menghilangkan jerawat punggung dan rekomendasi produk untuk menjaga kesehatan kulit tubuh dan wajah.

Apabila Anda membutuhkan produk perawatan dan kecantikan lainnya, silakan kunjungi website Natural Farm untuk menemukan produk perawatan dan kecantikan alami dengan harga terjangkau.

Yuk, rawat kecantikan tubuh dan mata dari dalam dan dari luar!

Share

Trending Article

5 Rekomendasi Vitamin Daya Tahan Tubuh Dewasa untuk Lengkapi Asupan Nutrisi

Khasiat Virgin Coconut Oil & Rekomendasi Produk Terbaik untuk Kesehatan

Mengenal Manfaat Beras Porang Bagi Kesehatan dan Cara Membuatnya

Kenali 6 Penyebab Susah BAB dan Cara Mengatasi BAB Susah Keluar

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Article Category