Lifestyle

Acne Patch: Definisi, Manfaat dan Rekomendasi Acne Patch Terbaik

By Vivi |

Tren menggunakan acne patch untuk menutupi jerawat di wajah semakin sering terlihat di mana-mana. Apa itu acne patch? Bila yang belum mengetahui, acne patch semacam plester khusus jerawat yang ditempelkan di atas jerawat.

Muda-mudi hingga perempuan dewasa seperti menemukan solusi untuk mengatasi jerawat dengan efektif namun tidak ribet. Tak perlu mengeluarkan biaya cukup besar untuk melakukan treatment demi hanya menghilangkan satu dua jerawat.

Apabila Anda sering berjerawat atau sering melakukan aktivitas di luar ruangan namun sedang ada jerawat di wajah. Yuk, kenalan dengan salah satu produk kecantikan terbaru ini.

Apa Itu Acne Patch?

Acne pimple patch adalah produk kecantikan dalam bentuk plester yang berfungsi menutup jerawat yang lagi matang-matangnya atau bernanah, misalnya seperti pustul dan nodul. Jenis jerawat ini cukup mengganggu penampilan sehingga Anda perlu menghilangkannya.

Harga acne patch jauh lebih murah ketimbang Anda harus melakukan treatment khusus untuk menghilangkan jerawat tersebut. Meski begitu, perlu diketahui bahwa acne patch tidak direkomendasikan untuk jenis jerawat komedo atau penggunaannya tidak untuk menghilangkan bekas jerawat.

Umumnya, acne patch terbuat dari cairan hidrokoloid. Di dunia kedokteran, cairan hidrokoloid biasanya digunakan untuk mengobati pasien dengan luka terbuka atau borok. Cara kerja cairan tersebut dengan menyerap atau menyedot cairan yang ada pada luka.

Cara kerja seperti itulah yang diterapkan juga pada acne pimple patch. Berdasarkan skema sederhana, berikut ini cara kerja acne pimple patch, antara lain:

  • Menyerap cairan atau nanah yang terkandung pada jerawat matang
  • Memproteksi jerawat yang sedang diobati tersebut dari virus, bakteri, sinar matahari hingga polusi udara
  • Menciptakan sensasi nyaman dan aman digunakan di area kulit berjerawat

Bila acne patch tidak efektif untuk jenis jerawat komedo atau bekas jerawat, maka pertanyaan selanjutnya yakni berapa lama menggunakan acne patch?

Idealnya saat acne patch Anda mulai mengembung, segera ganti pimple patch tersebut dengan yang baru supaya kulit di sekitar jerawat tetap bersih dan tidak menimbulkan bakteri yang berpotensi memperburuk jerawat.

Manfaat Acne Patch

Manfaat pimple patch bukan hanya menutupi jerawat yang sedang meradang saja. Berikut ini manfaat acne patch atau pimple patch.

1. Penutup Jerawat yang Praktis dan Rapi

Kegunaan acne patch yang paling dasar untuk menutup jerawat dengan bentuk-bentuk plester yang unik dan lucu bagi perempuan. Cara penggunaannya pun gampang dan praktis. Anda bisa memasang dan melepasnya secara mandiri di mana saja, baik di rumah maupun di kantor.

2. Plester Jerawat Cocok untuk Semua Jenis Kulit Wajah

Untungnya jenis kulit apapun tetap aman menggunakan pimple patch ini tanpa menyebabkan efek samping negatif. Hal tersebut karena bahan pembuat acne patch bebas iritasi.

3. Terhindar dari Rasa Ingin Memencet Jerawat

Saat menemukan jerawat, apalagi jerawat yang sedang meradang dan lagi matang-matangnya. Pasti rasanya tangan Anda gatal ingin segera memencet jerawat itu. 

Padahal dengan memencet jerawat bukan berarti persoalan jerawat tersebut selesai. Justru keseringan dampak memencet jerawat bisa memperparah kondisi jerawat tersebut.

Lain halnya bila Anda menutup jerawat matang tersebut dengan pimple patch. Maka rasa ingin memencet jerawat tersebut bisa Anda hindari.

4. Proteksi Jerawat dari Bakteri, Virus dan Kuman

Jerawat matang yang dibiarkan begitu saja di luar ruangan berpotensi terpapar virus, kuman dan bakteri jahat yang beterbangan di udara. Proses kontaminasi ini akan memperburuk kondisi jerawat dan membuat proses penyembuhan lebih lambat. Pada skala besarnya, bisa menimbulkan infeksi.

5. Penghisap Cairan dan Nanah pada Jerawat

Cara kerja acne patch menghisap dan menyedot cairan atau nanah yang ada pada jerawat yang sedang matang. Kelebihan minyak pada jerawat juga ikut terhisap melalui acne patch. Saat cairan dan nanah tersebut telah keluar dari jerawat, maka jerawat lebih cepat kering dan proses penyembuhan makin efisien.

Baca juga: 5 Bahan Alami yang Efektif Hilangkan Bruntusan

6. Meredam Peradangan

Kandungan hidrokoloid pada acne pimple patch juga berperan untuk meredam peradangan jerawat. Caranya dengan menghadirkan kelembapan di sekitar jerawat untuk mengurangi kondisi pembengkakan dan kemerahan.

7. Risiko Bekas Lukas Berkurang

Manfaat selanjutnya setelah jerawat berhasil kempes yakni risiko menciptakan bekas luka semakin berkurang. Kondisi jerawat yang kempes tetap terjaga kebersihannya dan usaha mencegah adanya bekas luka jerawat.

8. Proses Penyembuhan Jerawat Terpantau

Bila Anda rutin menggunakan acne patch dari awal jerawat meradang hingga kempes. Maka langkah tersebut menjadi proses untuk memantau penyembuhan jerawat. Sejalan dengan itu, maka Anda bisa mengetahui sejauh apa efektivitas produk tersebut dan butuh durasi berapa lama hingga jerawat kempes.

9. Menjaga Kelembapan Sekitar Kulit Berjerawat

Manfaat yang terakhir yakni untuk membantu menjaga kesehatan dan kelembapan area kulit di sekitar kulit berjerawat. Apalagi bila Anda menggunakan obat totol untuk mengobati jerawat, maka penggunaan acne patch bersamaan dengan obat totol ini menjadi kombinasi yang tepat.

Cara Menggunakan Acne Patch

Akan menjadi percuma bila Anda membeli produk acne patch terbaik tapi tidak tahu bagaimana cara memakai acne patch yang benar dan aman. Berikut ini langkah-langkah menggunakan acne pimple patch, antara lain:

  • Membersihkan tangan terlebih dulu untuk memastikan tangan terbebas dari kuman
  • Membersihkan wajah dengan sabun muka lalu keringkan, disarankan jangan mengoleskan obat jerawat atau krim khusus jerawat
  • Memilih patch dengan desain dan ukuran yang tepat berdasarkan jenis dan ukuran jerawatnya
  • Jangan menyentuh bagian dalam pimple patch secara langsung dengan tangan
  • Menempelkan patch langsung di atas jerawat bernanah atau jerawat yang sudah matang menggunakan tangan yang bersih atau aplikator khusus
  • Menekan sedikit dengan lembut untuk memastikan patch tersebut melekat dengan baik di kulit
  • Menggunakan pimple patch tersebut sesuai aturan yang bisa Anda baca panduannya di kemasan, bisa menggunakan plester hanya beberapa jam atau semalaman
  • Bila sudah waktunya, lepas plester tersebut dengan lembut dan hati-hati agar tidak merusak kulit dan menciptakan rasa sakit lainnya
  • Membuang patch yang telah digunakan
  • Melanjutkan treatment perawatan kulit lain seperti mencuci wajah kembali, menggunakan pelembap, krim dan produk perawatan kecantikan lainnya
  • Terpenting, gunakan patch sesuai kebutuhan

5 Rekomendasi Acne Patch Terbaik

Penggunaan acne patch yang fleksibel dan gampang namun berfungsi sangat baik sebagai penunjang penampilan menjadi alasan utama kenapa banyak orang yang mulai mencari dan membeli produk ini. Berikut ini rekomendasi acne patch terbaik lengkap dengan keunggulannya.

1. Kaleido Acne Patch Rescue Series (Microneedle)

Plester jerawat Kaleido Acne Patch Rescue Series (Microneedle) merupakan produk terbaik sebagai acne patch untuk jerawat batu yang lagi sakit-sakitnya atau jerawat yang terletak di wilayah dark sports.

Setiap patch Kaleido Acne Patch Rescue Series memiliki 145 “jarum” kecil yang bersifat halus sehingga dapat menembus dua lapisan kulit teratas yakni stratum corneum dan epidermis yang akan mendorong bahan aktif masuk ke dalam jerawat agar terlarut dengan sendirinya.

2. BREYLEE Acne Pimple Patch Night

Acne patch BREYLEE Acne Pimple Patch Night memiliki formula khusus antara Hydrophilic Colloid dari Belgia dengan ekstrak pohon teh. Sehingga patch ini dengan mudah dan nyaman menyatu dengan kulit yang berjerawat namun kulit tetap dapat bernapas.

3. BREYLEE Acne Pimple Patch Day

Acne patch BREYLEE Acne Pimple Patch Day terbuat dari formulasi khusus dengan mengombinasikan ekstrak pohon teh dengan Hydrophilic Colloid dari Belgia. Sehingga patch tetap dapat menyembuhkan jerawat namun kulit tetap dapat bernapas dengan nyaman.

4. Kaleido Playful Series (Hologram)

Acne patch dari Kaleido Playful Series (Hologram) memiliki formula khusus berbahan OG Acne Patch Kaleido dengan bantuan teknologi hydrocolloid yang akan menyerap jerawat. Kemudian bahan Low Dose Salicylic Acid aman untuk kulit sensitif, kulit ibu hamil (bumil) dan ibu menyusui.

5. Kaleido Night Patch

Rekomendasi terakhir acne pimple patch dari Kaleido Night Patch. Pimple patch dari Kaleido ini menggunakan teknologi hydrocolloid polymer yang efektif untuk mengecilkan jerawat hanya dalam semalam.

Sama seperti acne patch lainnya, Kaleido Night Patch akan menyerap cairan di dalam jerawat, kemudian mencegah timbulnya infeksi. Ketebalan patch ini 0,5 mm yang ampuh menyerap cairan dalam waktu semalam. Jerawat akan langsung kempes dan warna kemerahan semakin berkurang.

Demikianlah kegunaan acne patch dan cara memakai acne patch serta rekomendasi produknya. Tak perlu ragu dan bingung beli acne patch dimana. Anda bisa menemukan produk teraman dan terbaik melalui website Natural Farm.

Yuk, rawat kulit wajah dan tubuh dan temukan produk kesehatan dan kecantikan terbaik di Natural Farm.

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category