Health

Rambut Rontok Kekurangan Vitamin Apa? Cek Kelengkapan Nutrisi untuk Rambut

By Vivi |

Persoalan rambut rontok memang cukup pelik. Sebenarnya rambut rontok kekurangan vitamin apa? Ternyata ada kaitannya antara rontoknya rambut dengan kurangnya nutrisi di dalam tubuh.

Pernahkah Anda mengalami persoalan saat menyisir rambut, banyak rambut yang rontok. Dalam kasus terberat malah hanya dalam satu kali sisir rambut bisa rontok. Untuk menyiasatinya kebanyakan orang justru mencari produk hair tonic.

Namun ternyata, ada alternatif cara lain untuk mengatasinya yakni dengan mengonsumsi vitamin. Rambut rontok karena kekurangan vitamin apa? Cek informasi selengkapnya berikut ini.

Rambut Rontok Karena Kekurangan Vitamin Apa?

Persoalan rambut rontok menjadi problematika umum yang bisa dialami oleh siapa saja. Tak melihat pria, wanita, muda ataupun tua. Penyebab kerontokan pada rambut di antaranya karena gaya hidup, tingkat stres, faktor genetik sampai kurangnya vitamin dan mineral.

Saat tubuh kekurangan vitamin dan mineral, maka rambut kekurangan zat besi atau protein untuk menjaga kesehatan rambut. Jika rambut rontok kekurangan vitamin apa?

1. Vitamin A

Mengutip dari website KlikDokter, berdasarkan data yang tertulis dalam Cleveland Clinic. Vitamin A memiliki khasiat untuk menumbuhkan rambut yang sehat alami serta meningkatkan jumlah produksi sebum. Peningkatan produksi sebum ini berdampak pada kesehatan kulit kepala, membuat kulit kepala semakin lembap dan kuat.

Untuk memenuhi nutrisi vitamin A, Anda bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi sayur kangkung, wortel, bayam, labu, telur, hingga produk susu dan yoghurt.

2. Vitamin B Kompleks

Vitamin B kompleks untuk kesehatan rambut cukup berperan penting. Manfaatnya untuk mendorong sirkulasi darah ke kulit kepala, folikel rambut, dan pertumbuhan rambut sehat.

Secara spesifik vitamin B7 berperan untuk menjaga pertumbuhan dan elastisitas rambut. Apalagi bila rambut sering terkena panas dari alat elektronik untuk styling rambut.

Vitamin B9 yang berperan sebagai asam folat untuk membantu proses regenerasi sel rambut sehat. Peran vitamin B9 juga sebagai alat untuk mengangkut gizi yang dibutuhkan folikel rambut.

Vitamin B kompleks lainnya yang penting untuk kesehatan rambut yakni vitamin B1, vitamin B2, B3, B5, B6 dan vitamin B12.

3. Vitamin C

Jika Anda memiliki persoalan rambut yang tipis, maka konsumsi vitamin C. Sebab vitamin C berkhasiat untuk menebalkan rambut. Antioksidannya sendiri sebagai sintesis kolagen untuk menciptakan keratin rambut.

4. Vitamin D

Sama halnya dengan vitamin C, vitamin D juga menjadi solusi bila Anda memiliki masalah rambut rontok dan tipis. Mengonsumsi vitamin D membantu meningkatkan kesehatan folikel dan membantu proses pertumbuhan rambut sehat.

Makanan yang mengandung vitamin D antara lain ikan salmon, kuning telur, jamur, ikan berlemak, oatmeal, dan susu kedelai.

5. Vitamin E

Khasiat vitamin E untuk rambut sebagai pendorong proses sirkulasi darah menuju kulit kepala. Dengan begitu, tingkat oksigenasi folikel rambut semakin baik untuk mendukung proses pertumbuhan rambut yang sehat.

Cara melengkapi kebutuhan vitamin E pada rambut dengan mengoleskan minyak vitamin E Pada kulit kepala. Untuk makanan yang dikonsumsi, Anda bisa mengonsumsi almon, ikan dan sayur bayam.

6. Zat Besi

Zat besi menjadi mineral yang penting dibutuhkan untuk kesehatan rambut. Zat besi yang kurang berpengaruh terhadap kebutuhan oksigen pada folikel rambut. Hal inilah yang menyebabkan rambut gampang rontok.

Zat besi juga membantu proses pembentukan sel baru pada rambut sehingga menghasilkan rambut yang lebih kuat dan sehat.

7. Asam Lemak Omega-3

Ternyata, asam lemak omega-3 termasuk nutrisi yang baik untuk kesehatan rambut. Kulit kepala dan rambut akan semakin sehat dan kuat. Untuk mendapatkan asam lemak omega-3, Anda bisa mendapatkannya pada ikan berlemak dan biji rami.

8. Selenium

Vitamin terakhir yang dibutuhkan rambut yaitu selenium yang mengandung anti oksidan. Mineral selenium ini akan memproteksi rambut dari dampak radikal bebas.

Baca juga: Cara Mengatasi Ketombe: Solusi Ampuh untuk Rambut Bebas Masalah

Tips Mencegah Rambut Rontok Akibat Kekurangan Vitamin

Menemukan rambut rontok rasanya bikin pusing dan mumet. Melihat rambut berceceran di lantai, setiap nyisir harus merapikan rambut yang rontok, dan melihat jumlah rambut makin menipis.

Sebelum terjadi kebotakan, sebaiknya rawat rambut dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Mengonsumsi makanan bergizi dan bernutrisi
  • Mengontrol rasa stres dengan baik
  • Menjaga keseimbangan hormon
  • Menghindari penggunaan alat pemanas pada rambut
  • Menggunakan produk perawatan rambut yang tepat
  • Memotong rambut rutin
  • Menyisir dengan lembut

Rekomendasi Vitamin untuk Mengurangi Rambut Rontok

Terkadang hanya mengonsumsi makanan saja masih kurang cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Oleh karena itu, bantu pemenuhan nutrisi dan vitamin di dalam tubuh, khususnya untuk menyehatkan rambut dengan suplemen multivitamin. Berikut ini rekomendasi multivitamin yang bagus untuk kesehatan rambut, di antaranya sebagai berikut.

1. Nutriwell Vitamin B Complex

Vitamin Nutriwell Vitamin B Complex dapat memenuhi kebutuhan vitamin B kompleks pada rambut. Pasalnya vitamin B sulit diproduksi secara alamiah di dalam tubuh, sehingga Anda perlu mengonsumsi makanan dan multivitamin khusus yang mengandung vitamin B kompleks.

Nutriwell Vitamin B Complex mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7 dan vitamin B12. Kemudian terdapat formula khusus antara asam folat dan choline serta inositol untuk memenuhi kebutuhan zat gizi mikro di dalam tubuh.

2. Now Vitamin C 1000

Vitamin Now Vitamin C 1000 mengandung vitamin C yang berperan sebagai anti oksidan untuk memproteksi sel dan molekul seluruh tubuh dari paparan radikal bebas dan molekul oksigen reaktif. Vitamin C juga membantu produksi kolagen untuk menjaga kesehatan rambut, kulit, tulang hingga sendi.

Now Vitamin C 1000 sendiri dibuat dengan formula khusus yang bisa melepaskan vitamin C berkelanjutan. Kandungan Rose Hips di dalamnya bersumber dari tambahan formula khusus vitamin C.

3. Wellness Natural Vitamin E 400 IU

Vitamin Wellness Natural Vitamin E 400 IU terbuat dari bahan alamiah d-alpha tocophery yang berkhasiat tinggi untuk kesehatan tubuh.Adapun khasiatnya bagi kesehatan tubuh dan rambut yakni memproteksi sel-sel di dalam tubuh dari paparan radikal bebas, meningkatkan kesehatan darah, otak, penglihatan hingga kesehatan kulit.

4. Nuvita Nutri D3 1000 IU

Vitamin Nuvita Nutri D3 1000 IU berperan sebagai anti oksidan untuk memproteksi sel-sel pada kulit kepala dan rambut dari paparan sinar matahari langsung ataupun radikal bebas. Selain menyehatkan rambut, vitamin D juga menjaga kesehatan tulang dengan membantu proses penyerapan kalsium dan fosfor.

5. Natures Plus Iron

Vitamin Natures Plus Iron menjadi alternatif suplemen yang membantu memenuhi kebutuhan mineral di dalam tubuh. Di sanalah peran Natures Plus Iron sebagai pencipta energi dari nutrisi. Kemudian mendukung proses transmisi impuls syaraf alias proses pengiriman sinyal koordinasi yang dibutuhkan seluruh tubuh.

6. Natural Factors - R Omega 3

Sementara untuk memenuhi nutrisi omega-3 yang dibutuhkan tubuh yaitu Natural Factors - R Omega 3. Natural Factors - R Omega 3 mengandung 1170 mg fish oil. Ikannya sendiri berasal dari ikan perairan laut asli yang masih terjaga kemurniannya.

Selain itu terdapat kandungan konsentrat omega-3 (EPA/DHA) 2 kali lipat dari kadar umummnya. Dengan mengonsumsi multivitamin omega-3, Anda bisa menjaga kesehatan rambut, jantung, sendi, hingga menurunkan kadar kolesterol.

Tak boleh sembarangan dalam memilih produk multivitamin untuk kesehatan diri dan keluarga. Jangan pernah tergiur dengan harga yang murah namun formula multivitaminnya masih belum jelas.

Cara mudah menemukan suplemen dan multivitamin terbaik untuk kesehatan tubuh dan telah terjamin produknya bisa ditemukan di website Natural Farm. Semoga bermanfaat, ya!

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category