Health

Telinga Tidak Nyaman Karena Tersumbat? Ini 5 Cara Mengatasi Telinga Tersumbat

By Erwin |

Telinga tersumbat mungkin bukan hal yang membahayakan nyawa, tetapi tetap saja kondisi ini menyebabkan rasa tidak nyaman pada orang yang mengalaminya. Penyebab telinga tersumbat sendiri ada beberapa macam dan berikut ini beberapa cara mengatasi telinga tersumbat agar Anda kembali nyaman beraktivitas.

Kompres Air Hangat

Cara pertama yang bisa Anda coba adalah dengan mengompres telinga menggunakan air hangat. Penumpukan lendir kotoran di telinga bisa diencerkan dengan suhu hangat. Selain itu, suhu hangat juga bisa memperlebar pembuluh darah sehingga darah yang membawa oksigen bisa lebih lancar mengalir di area yang sakit. Anda akan merasa lebih rileks dan rasa nyeri pun berkurang. Setelah itu, Anda bisa lebih mudah membersihkan telinga. Akan tetapi, perlu Anda pastikan bahwa kompres air hangat tidak diaplikasikan lebih dari 20 menit sekali kompres. Tidak disarankan pula mengompres telinga jika terjadi pembengkakan.

Konsumsi Obat Dekongestan

Jika telinga tersumbat akibat flu atau pilek, cara lain yang bisa Anda gunakan untuk meredakannya adalah dengan minum obat berjenis dekongestan. Selain memiliki manfaat untuk untuk mengecilkan pembuluh darah di area hidung, obat ini juga bisa mengurangi pembengkakan di selaput lendir serta tekanan di bagian telinga. Obat ini tidak hanya bisa diminum saat pilek atau flu melainkan juga bisa Anda konsumsi satu jam sebelum dan sesudah naik pesawat untuk mencegah penyumbatan telinga akibat penerbangan panjang.

Teteskan Minyak ke Dalam Telinga

Penyumbatan telinga bisa terjadi akibat penumpukan kotoran telinga yang mengering. Kondisi ini bisa menyebabkan rasa gatal di dalam saluran telinga. Nah, cara mengatasi telinga tersumbat akibat kondisi ini adalah dengan meneteskan minyak esensial, baby oil, atau gliserin ke dalam telinga. 

Miringkan Kepala

Penyebab penyumbatan telinga yang sangat umum adalah masuknya air ke dalam telinga. Anda tidak perlu panik saat hal ini terjadi karena Anda bisa mencoba mengeluarkan air dari dalam telinga dengan memiringkan kepala Anda selama beberapa saat. Jika air tidak juga keluar dari dalam telinga setelah lama memiringkan kepala, Anda bisa coba berbaring menyamping. Jangan lupa letakkan handuk di bawah telinga Anda dan tunggu hingga air mengalir keluar dari telinga. Anda juga bisa menggunakan pengering rambut untuk mengeringkan air yang masuk ke dalam telinga.

Coba Manuver Valsava

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan manuver valsava. Apa itu manuver valsava? Untuk melakukan manuver ini, Anda cukup menjepit lubang hidung menggunakan jari dan menutup mulut rapat-rapat. Selanjutnya, Anda bisa menghirup udara dalam-dalam dan hembuskan lewat hidung yang masih dijepit dengan jari. Cara ini berguna untuk melegakan saluran eustachius yang menjadi penghubung bagian tengah telinga dengan area belakang hidung. Jika Anda mendengar suara letupan di dalam telinga, itu tandanya saluran eustachius sudah kembali terbuka. 

Mana cara mengatasi telinga tersumbat yang pernah Anda coba?

Share

Latest Articles

Cek 7 Cara Mengatasi Lemas pada Anak Setelah Sakit, Ampuh!

Anak Kurus Apakah Cacingan? Ternyata Ini Penyebabnya!

Kenali 10 Penyebab Bayi Rewel dan Cara Ampuh Mengatasinya!

Intip 10 Fakta Bahaya Makan Mie Instan untuk Anak, Waspadalah!

Khasiat Madu untuk Promil dan Cara Tepat Mengonsumsinya!

Kenali 7 Ciri Ciri Batuk Alergi pada Anak & Bedanya dengan Batuk Biasa

Article Category