Health

Telur Berapa Kalori Baik Jenis Jawa Atau Negeri?

By Erwin |

Telur adalah salah satu lauk termurah yang mampu memenuhi kebutuhan gizi keluarga Anda. Lauk telur dikenal dengan sumber protein hewaninya ini ternyata memiliki kandungan kalori yang lumayan rendah lho! 

Ayo kita kupas tentang telur, si lauk sehat dan murah meriah ini ya! 

Kandungan Telur 

Dalam satu butir telur berapa kalori terdapat kandungan gizi yang bisa menaikkan berat badan Anda dan menjaga kestabilan massa otot yakni vitamin A, vitamin B12, Choline, besi, kalsium, Fosfor, Potassium, Riboflavin, asam folat, vitamin B6. Satu butir telur memiliki 15 kalori dan 7 gram protein dan sangat cukup dianjurkan oleh ahli gizi kesehatan bagi Anda yang ingin menaikkan berat badan. 

Telur terdiri dari 2 komponen pokok yakni kuning telur dan putih telur yang mana kuning telurnya ini berlemak 300 mg. Jadi, yang sering digadang-gadang dengan kolesterol telur sebenarnya ada di bagian kuningnya tersebut. 

Lebih Bagus Manakah Telur Ayam Jawa Atau Negeri?  

Secara ukuran, telur ayam negeri yang bagus untuk kebutuhan porsi karena ukurannya lebih besar dibandingkan telur ayam jawa/kampung. Namun, secara kualitas gizinya telur ayam jawa lebih bagus ya, Anda bisa melihat perbedaan keduanya pada warna kuning telurnya. Warna kuning telur ayam jawa lebih pekat kuning oranye dibandingkan kuning telur ayam negeri. 

Telur ayam jawa dikatakan lebih bagus karena suplai makanan ayamnya berasal dari menu organik dan tidak ada tambahan obat perangsang telur seperti pada ayam negeri. Namun, memang ayam jawa lebih lama memproduksi telur, butuh paling cepat 7 -10 hari bertelur. Sekali bertelur dapat mengeluarkan sebanyak 8 butir (minimal) dan 15 butir (maksimal). 

Zat terbaik telur yakni Lutein serta Zeaxanthin dapat memproteksi daya  penglihatan karena pada usia 65 tahun ke atas banyak orang menderita katarak. Dengan memakan telur, Anda akan lebih terjaga organ penglihatannya. 

Cara Konsumsi Telur 

Cara tepat dalam konsumsi telur berapa kalori adalah direbus, selebihnya bisa disajikan dengan nasi dan sayuran hijau atau bisa juga dibuat cemilan siang hari. Apabila Anda adalah orang bertubuh kurus maka bisa konsumsi telur sebanyak 2 butir per hari sedangkan untuk mempertahankan berat ideal cukup seminggu 3 kali saja. Rasa telur rebus lebih ke gurih dan akan semakin sempurna apabila ditambahkan dengan kecap dan bawang merah. Asam folat telur terdiri dari 20 macam dan cocok sebagai pelengkap gizi ibu hamil dan menyusui. Asam folat menjadi dasar pokok pembentukan organ janin agar tidak lahir cacat. 

Yuk makan telur terutama telur ayam jawa karena lebih banyak mengandung gizi dan anti suntik hormon. Telur ayam yang digoreng sebenarnya kurang bagus untuk memenuhi kebutuhan gizi Anda karena proteinnya telah rusak karena minyak panas. 

Share

Latest Articles

Tips & Cara Menambah Massa Otot dan Mengurangi Lemak

7 Rekomendasi Susu yang Mengandung Protein Tinggi Sesuai Kebutuhan Harian

10 Cara Cepat Memanjangkan Rambut Pria, Aman dan Anti Ribet!

Ketahui Manfaat Aloe Vera untuk Wajah dan Kandungan Nutrisinya

Cek 7 Cara Mengatasi Lemas pada Anak Setelah Sakit, Ampuh!

Anak Kurus Apakah Cacingan? Ternyata Ini Penyebabnya!

Article Category