Health

Tips Memasak Bihun Goreng Tanpa Takut Kelebihan Kalori

By Erwin |

Sumbernya karbohidrat bukan hanya bisa di dapatkan dari nasi tetapi juga bisa Anda dapat dari bihun. Namun, penting untuk mencari tahu berapa kalori yang ada di dalam seporsi bihun goreng dan memasaknya tanpa harus takut kelebihan kalori. 

Kalori Seporsi Bihun Goreng

Pada satu porsi bihun goreng yang setara dengan 250 gram – 300 gram mengandung kalori total kurang lebih 455 kkal. Bihun itu sendiri umumnya akan dibuat dari tepung beras dan juga air. Namun, ada beberapa jenis bihun yang akan ditambahkan dengan tepung tapioka supaya memiliki tekstur lebih kuat. 

Sedangkan pada bihun polos atau tidak diberikan tambahan apa pun hanya akan mempunyai kalori sebesar 108 kkal pada 100 gramnya. Jumlah kalori bihun goreng akan mengalami peningkatan setelah ditambah dengan minyak ketika menggoreng, kecap, bumbu, sayuran dan juga lainnya. 

Hal baiknya bihun goreng tersebut bisa dijadikan sebagai alternatif pengganti nasi saat sedan diet. Umumnya total kalori bihun goreng jauh lebih rendah dibandingkan dengan nasi goreng untuk takaran yang sama yaitu 519 kkal setiap per 300 gram tetapi kandungan gizi di dalamnya tidak akan jauh berbeda. Jumlah kalori tersebut nantinya bisa bertambah maupun berkurang sesuai dengan bahan apa yang ditambahkan ke dalamnya. 

Tips Untuk Memasak Bihun Agar Lebih Sehat

Mengonsumsi bihun goreng pastinya boleh saja tidak terkecuali untuk orang yang sedang diet, nantinya hanya harus mempertimbangkan cara dalam pengolahannya supaya lebih sehat. Berdasarkan penelitian, cara memasak yang tepat serta jumlah gizi yang nanti hilang ketika dalam proses pengolahan dapat menentukan kualitas dari bihun yang akan dikonsumsi. 

Anda memang bisa dengan mudah untuk membeli bihun goreng, tetapi bila memasaknya sendiri akan lebih memudahkan untuk menghitung jumlah kalori bihun goreng serta kandungan gizi di dalamnya. Berikut ini tips untuk mendapatkan bihun goreng lebih sehat:

1.Pakai minyak dengan jumlah sedikit

Jumlah minyak yang akan dipakai ketika mengolahnya akan berpengaruh pada kalori di dalamnya. Setiap satu gram minyak akan memberikan tambahan kalori kurang lebih 9 kkal. Oleh sebab itu, Anda harus membatasi jumlah pemakaian minyak ketika mengolah atau pilih jenis minyak yang lebih sehat dengan kalori yang rendah. 

2. Menambahkan lebih banyak sayuran

Agar tidak terlalu banyak karbo yang masuk coba untuk menambahkan lebih banyak sayuran. Sayuran yang berwarna hijau akan sangat tinggi serat dan kalori yang rendah dibandingkan karbohidrat. Serat ini bisa membantu Anda merasa kenyang lebih lama karena memiliki pergerakan yang lambat di dalam usus. 

3. Memilih protein yang rendah lemak

Penting juga untuk memperhatikan kebutuhan protein harian terutama bila sedang menjalani diet. Pilih sumber protein yang memiliki kandungan lebih sedikit. Anda dapat menemukannya di dalam dada daging ayam, daging sapi khas dalam dan juga udang. 

Dengan Anda tahu kalori pada bihun goreng dan cara memasaknya yang lebih sehat akan lebih baik. Hal tersebut akan membuat Anda tidak merasa khawatir makan enak terutama saat sedang diet. 

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category