Health

Inilah Jumlah Kalori Apel dan Manfaatnya dalam Membantu Program Diet

By Erwin |

Salah satu buah yang sering dijadikan menu diet sehat, yakni ada apel dengan kandungan serat yang cukup tinggi dalam memberikan efek kenyang lebih lama. Selain memiliki kandungan serat, Anda juga sebaiknya perlu mengetahui mengenai kadar jumlah kalori apel serta manfaat pentingnya dalam membantu program diet. Mengenai informasi tersebut, Anda dapat menyimak detail ulasannya yang ada di bawah ini.  

Jumlah kalori dan manfaat buah apel untuk program diet

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa buah apel memiliki kandungan serat tinggi yang cocok untuk menu diet sehat. Pasalnya, buah ini sangat efektif dalam mencegah rasa lapar dan memberikan efek mengenyangkan lebih lama. Dikarenakan dalam program diet sangat penting untuk mengontrol asupan kalori, maka sangat disarankan untuk mengonsumsi buah yang rendah kalori seperti buah apel.

Mengenai kandungan kalori apel dengan berat sekitar 100 gram, yakni kurang lebih sebanyak 52 kalori dengan berbagai nutrisi penting di dalamnya. Seperti halnya serat, karbohidrat, protein, lemak, vitamin C dan memiliki kandungan air untuk membantu mengurangi asupan kalori. Dalam membantu program diet, buah apel ini menawarkan banyak sekali manfaat di antaranya yakni sebagai berikut. 

1. Mencegah terjadinya risiko obesitas

Mengingat apel memiliki kandungan air dan serat, maka tidak heran jika penggunaan buah ini diklaim mampu memberikan efek kenyang lebih lama. Ketika seseorang mengonsumsi apel dalam jumlah berlebihan, tidak akan memicu terjadinya kenaikan berat badan. Karena itulah, sangat dianjurkan bagi Anda mengonsumsi apel untuk mencegah risiko berat badan berlebih atau obesitas.

2. Membantu melancarkan sistem pencernaan tubuh

Bagi seseorang yang mengonsumsi apel secara rutin, maka dipastikan akan membantu melancarkan sistem pencernaan tubuh. Ini dikarenakan, di dalam buah tersebut terdapat kandungan pektik / serat bersifat prebiotik yang memberikan efek kenyang lebih lama dan mengurangi keinginan untuk makan. Dengan demikian, maka dapat mendukung penurunan berat badan secara optimal. 

3. Menjaga kondisi kesehatan jantung

Tahukah Anda, bahwa penurunan risiko penyakit jantung sering kali dikaitkan dengan apel karena kandungan serat larut di dalamnya. Dengan kandungan tersebut, menjadikan kadar kolesterol dalam darah akan terkontrol dengan baik. Di samping itu, apel juga mengandung polifenol bersifat antioksidan berupa flavonoid yang efektif mengurangi tekanan darah dan mengurangi lemak jahat yang menghambat aliran darah.

4. Meminimalkan terjadinya risiko penyakit diabetes

Manfaat penting lain dari buah apel untuk diet, yaitu dapat meminimalkan terjadinya risiko penyakit diabetes tipe 2 sampai dengan 28%. Dengan kandungan polifenol di dalamnya, tentunya akan dapat membantu mencegah terjadinya kerusakan jaringan sel beta di organ pankreas. Yang mana, organ ini sangat berguna dalam memproduksi insulin di tubuh. 

Demikianlah tadi pembahasan seputar jumlah kadar kalori apel dan manfaat pentingnya dalam membantu program diet sehat. 

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category