Health

1 Butir Telur Berapa Kalori, Cek Informasinya Berikut!

By Erwin |

Terkait 1 butir telur berapa kalori, belakangan ini ramai dipertanyakan oleh masyarakat. Pasalnya, terkadang orang – orang sering kali mengolah telur ayam tersebut menjadi berbagai hidangan lezat, tanpa memedulikan mengenai kandungan kalori yang terdapat di dalamnya. Padahal, mengetahui kandungan kalori pada telur penting dilakukan agar dapat memperkirakan porsi yang tepat saat mengonsumsinya. Sehingga dampak buruk dari mengonsumsi telur secara berlebihan bisa diminimalkan dengan baik.  

Kadar kalori 1 butir telur dan efek samping jika dikonsumsi berlebihan

Penting untuk Anda ketahui, bahwa telur dikatakan sebagai salah satu sumber protein hewan dengan kandungan zat gizi makro dan mikro, termasuk halnya mengenai kandungan kalori di dalamnya. Dalam telur tersebut, umumnya terdiri dari bagian putih telur dan kuning telur. Dimana untuk putih telur memiliki kandungan protein, vitamin B2, vitamin B6, vitamin B12 dan selenium. Sementara kuning telur, memiliki kandungan lemak, koleksterol, mineral dan kadar kalori yang cukup tinggi.

Terkait mengenai 1 butir telur berapa kalori, yaitu umumnya memiliki kandungan kalori sebanyak 71 kkal. Selain itu, di dalamnya juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk menunjang kesehatan tubuh. Kendati demikian, tetap saja Anda harus memahami bahwa mengonsumsi telur dalam porsi tepat penting dilakukan. Pasalnya jika Anda nekat mengonsumsi telur dalam porsi berlebihan, hal ini justru akan menimbulkan efek samping berbahaya di antaranya sebagai berikut.

  • Menyebabkan reaksi alergi

Salah satu efek samping dari mengonsumsi telur ayam secara berlebihan, yaitu dapat menyebabkan reaksi alergi, terutama pada anak – anak. Adapun reaksi alergi yang ditimbulkan ini biasanya bermacam – macam seperti muncul tanda gatal – gatal, terjadi ruam kemerahan, sakit mata, pembengkakan dan hitung gatal yang mengeluarkan ingus. Agar tidak terkena alergi, sebaiknya konsumsi telur dengan porsi yang wajar.  

  • Terkena racun berbahaya dari bakteri salmonella

Meskipun telur memberikan manfaat penting bagi kesehatan, namun tetap saja ada efek samping tertentu jika dikonsumsi secara berlebihan dan dalam kondisi mentah. Salah satunya, yaitu terdapat bakteri salmonella yang biasanya bersumber dari bagian putih telur mentah. Diketahui, baketri ini dapat menyebabkan kondisi demam, diare, mual & muntah sampai dengan feses berdarah.

  • Dapat mengurangi penyerapan biotin dalam tubuh

Adapun dampak bahaya mengonsumsi telur secara berlebihan, juga bisa menyebabkan terjadinya pengurangan penyerapan biotin dalam tubuh. Ini dikarenakan, telur mentah memiliki kandungan avidin yang dapat mengikat dan menurunkan penyerapannya. Mengenai biotin sendiri dikenal sebagai vitamin yang berperan penting dalam membantu metabolisme tubuh.

Setelah mengetahui penjelasan lengkap mengenai 1 butir telur berapa kalori di atas, Anda bisa memahami jumlah kalori di dalam telur dan juga mengenai efek samping berbahaya jika mengonsumsi dengan porsi secara berlebihan. 

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category