Health

Kenali Kalori 1 Telur Rebus dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

By Erwin |

Penggunaan telur rebus, umumnya banyak diolah menjadi beberapa hidangan makanan yang enak dan menggugah selera. Akan tetapi, tahukah Anda mengenai berapa kadar kalori 1 telur rebus tersebut dan kira – kira apa saja manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Apabila Anda sendiri juga belum mengetahui kadar kalori dan manfaat telur rebus bagi kesehatan tubuh, maka penting menyimak informasi lengkapnya di artikel berikut.   

Kadar kalori dan manfaat 1 telur rebus bagi kesehatan tubuh

Seperti yang kita ketahui, bahwa telur ayam merupakan salah satu sumber protein yang bisa diolah dengan berbagai cara penyajian, termasuk salah satunya yakni dengan direbus. Meski demikian, penting juga bagi Anda untuk memahami berapa kadar kalori yang terdapat pada 1 telur rebus tersebut. Pada dasarnya, kandungan kadar kalori untuk 1 butir telur rebus matang dengan berat sekitar 50 gram yakni sekitar 77 kkal. Sementara untuk 1 telur rebus setengah matang, umumnya memiliki kandungan kalori sebesar 78 kkal. 

Banyak sekali orang yang menjadikan telur rebus sebagai makanan sehat, khususnya bagi seseorang yang sedang menjalani program hamil maupun selama masa kehamilan. Adapun beberapa manfaat penting dari mengonsumsi telur rebus bagi kesehatan yakni sebagai berikut.

  • Membantu menjaga kesuburan

Bagi pasangan yang merasa kesulitan untuk mendapatkan keturunan, maka penting untuk memperhatikan pola makan yang dijalani sehari – hari. Pasalnya, pola makan sehari – hari sangat berpengaruh pada kondisi kesuburan. Dalam kaitannya dengan hal tersebut, Anda bisa menjadikan telur yang kaya akan kandungan vitamin B sangat penting untuk kesuburan. 

  • Menjaga kesehatan indra penglihatan mata

Manfaat lain dari telur rebus bagi kesehatan, yaitu dapat membantu menjaga kondisi kesehatan indra penglihatan mata. Hal ini dikarenakan, bagian kuning telur umumnya memiliki kandungan iuten dan zeaxanthin antioksidan yang berguna dalam mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula pada mata. Selain itu, telur juga memiliki kandungan vitamin A yang berguna untuk kesehatan mata.

  • Menurunkan kadar kolesterol

Dengan kandungan kalori 1 telur rebus yang sudah dijelaskan di atas, mengonsumsi telur rebus juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Bahkan kebanyakan orang sehat yang mengonsumsi 7 butir telur seminggu, juga tidak akan meningkatkan risiko penyakit jantung. Selain itu, terdapat penelitan yang menyatakan bahwa tingkat konsumsi telur bisa membantu mencegah jenis stroket tertentu. 

  • Menjaga tulang janin tetap sehat

Apabila seseorang sedang mengandung, maka disarankan untuk mengonsumsi telur rebus yang sudah benar – benar matang. Pasalnya, kandungan protein dan vitamin D dalam telur rebus diklaim dapat membantu mendorong perkembangan prenatal. Yang mana, ini akan menjadikan tulang janin maupun kondisi gigi dan pertumbuhan umum lainnya tetap sehat. 

Setelah melihat ulasan di atas tadi, tentunya Anda kini sudah paham mengenai jumlah kalori 1 telur rebus dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh, bukan?

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category