Mom & Kids

10 Cara Melebatkan Rambut Bayi yang Aman dan Efektif

By Vivi |

Umumnya, saat bayi baru lahir biasanya hanya memiliki beberapa helai rambut saja. Rambut tipis pada bayi tersebut disebut juga rambut velus. Usia rambut velus hanya sementara, sekitar maksimal tiga bulan. Setelahnya rambut tersebut akan rontok dan diganti dengan rambut yang baru.

Mengutip dari Halodoc, sebuah studi diterbitkan oleh American Academy of Pediatrics. Dalam penelitian tersebut menyebutkan bahwa kebanyakan bayi akan kehilangan beberapa atau seluruh helai rambutnya di bulan-bulan pertama kehadirannya di dunia.

Namun, beberapa bayi yang lahir dengan rambut tipis juga bisa disebabkan faktor genetik atau bawaan dari orang tuanya. Tak perlu khawatir dengan rambut bayi yang tipis, ada berbagai cara agar rambut bayi tumbuh lebat dan lurus.

Penyebab Rambut Bayi Tipis

Beberapa penyebab kerontokan pada bayi sudah disebutkan sebelumnya. Bisa dikarenakan faktor genetik atau rambut velus. Dijelaskan lebih terperinci dalam terbitan artikel pada website kesehatan Halodoc.

Dalam artikel tersebut menyebutkan bahwa rambut yang dimiliki bayi saat lahir berbentuk folikel rambut. Folikel tersebut memiliki dua fase, di antaranya fase telogen (fase istirahat) dan fase anagen (fase pertumbuhan).

Setiap orang tua tentu menginginkan anaknya memiliki fase pertumbuhan pada rambutnya. Akan tetapi, ada berbagai faktor yang membuat faktor telogen justru lebih cepat terjadi. Fase telogen ini yang menyebabkan rambut bayi rontok.

Penyebab pertama kerontokan pada rambut bayi karena bayi mengalami stres pasca proses persalinan. Artinya, selama proses persalinan bukan hanya ibunya saja yang berpotensi mengalami stres, melainkan bayinya pun demikian. Ketika bayi mengalami stres, maka hal tersebut mendukung proses efluvium telogen yang menyebabkan rambut bayi rontok.

Penyebab yang kedua karena kepala bayi bagian belakang bergesekan dengan permukaan keras seperti perlak alas tidur, bantal hingga kereta bayi. Istilah kedokteran yang digunakan saat rambut bayi bagian belakang rontok ialah oksipital alopecia.

Umumnya rambut rontok bagian belakang ini dikarenakan bayi sudah mulai bisa berguling dan terlalu aktif. Umumnya terjadi saat bayi berada di akhir usia 7 bulan.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Body Lotion untuk Bayi yang Aman dan Bebas Bahan Berbahaya untuk Bayi

Cara Melebatkan Rambut Bayi

Ada beberapa cara membuat rambut bayi tumbuh lebat. Merangkum dari berbagai website kesehatan, berikut ini cara membuat rambut bayi lebat.

1. Menjaga Kebersihan Kulit Kepala

Cara melebatkan rambut bayi yang pertama dengan memperhatikan dan menjaga kesehatan rambut bayi. Rutin mencuci rambut bayi menggunakan sampo khusus bayi setiap 2 sampai 3 hari sekali. Pastikan Anda membilas rambut bayi menggunakan air hangat.

2. Menggunakan Kondisioner Rambut Khusus Bayi

Bukan hanya orang dewasa yang membutuhkan kondisioner, melainkan bayi juga membutuhkan kondisioner untuk membantu menjaga sekaligus melebatkan rambut bayi.

Dengan menggunakan kondisioner, maka rambut bayi terjaga kelembapan kulit kepalanya, mengurangi tingkat kerusakan sekaligus meningkatkan pertumbuhan rambut yang kuat.

3. Menggunakan Handuk Lembut saat Mengusap Rambut Bayi

Saat mengeringkan rambut bayi, disarankan menggunakan handuk berbahan lembut. Sebab bila permukaan handuk kasar, maka berpotensi merusak folikel rambut bayi sehingga pertumbuhan rambutnya melambat.

4. Mencukupi Kebutuhan Nutrisi Harian Bayi

Cara menumbuhkan rambut bayi agar lebat selanjutnya yakni dengan mencukupi kebutuhan nutrisinya. Nutrisi yang bagus untuk kesehatan rambut bayi antara lain vitamin A, C, E dan nutrisi zat besi serta protein.

5. Menggunakan Minyak Kemiri

Minyak kemiri mengandung vitamin E dan Omega-3 yang berkhasiat untuk menyehatkan rambut bayi. Karena kandungan dan sifatnya yang alami tersebut yang menjadi salah satu bahan alami yang direkomendasikan banyak orang.

Kendati demikian, bila bayi Anda memiliki kulit kepala yang sensitif sebaiknya perhatikan minyak kemiri yang digunakan. Gunakan minyak kemiri murni supaya tidak menimbulkan alergi pada bayi.

6. Mengoleskan Minyak Kepala

Cara melebatkan rambut pada bayi menggunakan bahan alami lainnya yakni menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa memiliki kandungan vitamin E alami yang dibutuhkan kulit kepala dan rabu.

Selain itu, sudah bukan rahasia lagi bahwa minyak kelapa dinilai efektif dan efisien untuk merangsang pertumbuhan rambut bayi. Caranya pun cukup alami yakni dengan meningkatkan sirkulasi darah ke bagian kulit kepala.

7. Mencuci Rambut Bayi dengan Lidah Buaya

Lidah buaya menjadi bahan alami selanjutnya yang banyak direkomendasikan untuk menjaga kesehatan rambut orang dewasa, anak-anak hingga balita. Khasiat lidah buaya untuk menyehatkan kulit kepala dan rambut tak perlu dipertanyakan lagi.

8. Mengoleskan Minyak Rosemary

Minyak rosemary sering digunakan untuk mengatasi permasalahan kebotakan bagi pasien penderita alopecia areata. Hal tersebut karena minyak rosemary bersifat minoksidil untuk merangsang tumbuhnya rambut. 

9. Menggunakan Hair Lotion

Cara selanjutnya dengan menggunakan hair lotion. Pastikan hair lotion tersebut mengandung bahan-bahan alami seperti kemiri, seledri, hingga lidah buaya. Selain menyehatkan rambut, penggunaan hair lotion memudahkan Anda menyisir rambut anak.

10. Memotong Rambut Bayi secara Berkala

Cara cepat melebatkan rambut bayi yang terakhir yakni dengan rutin memotong  rambut bayi secara berkala. Memotong rambut atau trim rambut pada bayi justru mempercepat proses pertumbuhan rambut bayi.

Rekomendasi Produk Hair Care untuk Anak dan Bayi

Berikut ini produk hair care & protection yang aman digunakan untuk anak dan bayi, di antaranya sebagai berikut.

1. Mediclean Hair Nutrition Shampoo

Mediclean Hair Nutrition Shampoo mengandung bahan alami seperti jojoba oil, ginseng extract, peach extract, glycogen dan argan oil. Produk ini telah terdaftar pada BPOM dan aman untuk newborn dan anak-anak.

2. Mediclean Hair Nutrition Serum

Setelah mencuci rambut bayi menggunakan Mediclean Hair Nutrition Shampoo, kemudian berikan Mediclean Hair Nutrition Serum. Serum ini mengandung  bahan alami yang aktif untuk menutrisi, merawat dan melembutkan rambut bayi.

Bahan alami yang dimaksud di antaranya aloe vera, maca root, ginseng extract, goat’s milk protein, ginger extract, vitamin B5 dan F.

3. Momami Sweet Hair Serum

Rekomendasi serum lainnya untuk menutrisi rambut dan kulit kepala bayi adalah Momami Sweet Hair Serum. Serum ini diproduksi dengan formula khusus sehingga mencegah rambut bayi kusut, menstimulasi pertumbuhan rambut bayi hingga membuat rambutnya berkilau.

Nah, itulah cara melebatkan rambut bayi dan beberapa penyebabnya. Jadi, tak perlu terlalu khawatir bila rambut bayi lebih tipis dari bayi pada umumnya. Anda bisa mencoba beberapa cara dan produk hair care & protection di atas.

Temukan berbagai suplemen multivitamin dan produk perawatan bayi dan anak lainnya yang terjamin aman dan terdaftar di BPOM melalui website Natural Farm.

Semoga informasinya bermanfaat, ya!

Referensi:

  • https://hellosehat.com/parenting/bayi/perawatan-bayi/cara-melebatkan-rambut-bayi/
  • https://www.halodoc.com/artikel/5-trik-untuk-menebalkan-rambut-bayi?srsltid=AfmBOor8Tyi6lIaJ_E_T0yvn_BBYbnaY0JYc83sEDVkr-Es4xQPjcvNp
  • https://www.klikdokter.com/ibu-anak/kesehatan-bayi/cara-sehat-menebalkan-rambut-bayi?srsltid=AfmBOoqpA-m6cWkDJg2ma2p6RDK7wMpaf7BVZBAEEoXqqscvURxfQHu9
  • https://www.alodokter.com/bunda-ini-5-bahan-alami-penumbuh-rambut-bayi
  • https://www.halodoc.com/artikel/7-cara-rawat-rambut-bayi-agar-lebat?srsltid=AfmBOopYZAImBtbMm0pF3cYlE46xZGx9GN88eAS3grZeR17G0sd4gv6B

Share

Latest Articles

Kenali 10 Penyebab Bayi Rewel dan Cara Ampuh Mengatasinya!

Intip 10 Fakta Bahaya Makan Mie Instan untuk Anak, Waspadalah!

Khasiat Madu untuk Promil dan Cara Tepat Mengonsumsinya!

Kenali 7 Ciri Ciri Batuk Alergi pada Anak & Bedanya dengan Batuk Biasa

Kenali Perbedaan GERD dan Maag agar Tepat Cara Mengobatinya

10 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan dan Cara Mengonsumsi yang Benar

Article Category