Mom & Kids

Kenali Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi Kram Perut saat Hamil

By Vivi |

Umumnya rasa kram perut saat hamil merupakan hal yang wajar dialami selama masa kehamilan. Kendati demikian, tak dipungkiri saat mengalami kram perut saat hamil muda akan membuat Anda cemas dan khawatir.

Ketika seorang wanita hamil, tubuh Anda akan mengalami berbagai perubahan bentuk. Misalnya saja perubahan kaki, tangan, hingga perut. Setiap perubahan tersebut menimbulkan dampak dan efek berbeda.

Oleh karena itu, mari ketahui apa penyebab perut kram saat hamil, bagaimana ciri kram perut saat hamil muda, hingga cara mengatasi perut kram saat hamil berikut ini.

Penyebab Kram Perut saat Hamil

Rasa kram yang dialami ibu selama masa kehamilan lumrah terjadi. Mulai dari kehamilan trimester pertama, kedua, hingga ketiga. Ada berbagai penyebab perut kram saat hamil, di antaranya sebagai berikut.

1. Ukuran Rahim Berubah

Pada dasarnya, saat masa kehamilan kondisi perut Anda akan berubah dan semakin besar. Ligamen atau jaringan ikat yang menyambungkan rahim dengan tulang panggul ikut merenggang seiring rahim makin besar. Kondisi ini dapat memicu kram saat hamil.

2. Posisi Rahim Berubah

Selama proses janin bertumbuh di dalam rahim, posisi rahim akan terus mengalami perubahan, baik miring ke kanan maupun ke kiri. Kondisi seperti ini membuat ligamen yang menjadi penyangga rahim mengencang erat dan mengalami kontraksi dan kram perut.

3. Saraf Mendapatkan Tekanan Berlebih

Sering kali perut ibu hamil yang membesar akan mendapatkan tekanan lebih besar, khususnya di bagian saraf sekitar rahim. Kondisi ini menimbulkan rasa kurang nyaman dan nyeri saat ibu hamil duduk atau berdiri lama.

4. Berhubungan Intim selama Masa Kehamilan

Melakukan orgasme dan berhubungan intim selama masa kehamilan meninggalkan rasa kram pada perut. Hal tersebut terjadi karena rahim dan vagina mendapatkan sensasi berdenyut sewaktu orgasme sehingga memicu perut kram yang diikuti dengan sakit pinggang ringan.

5. Produksi Gas Berlebih

Memproduksi gas berlebih di dalam tubuh dapat menyebabkan kram perut saat hamil. Ketika produksi hormon progesteron meningkat, otot di saluran pencernaan jadi lebih rileks dan lambat untuk mencerna makanan.

Apabila makanan tersebut berada di usus besar untuk waktu yang lama, semakin banyak gas yang dihasilkan dan terperangkap di dalam perut. Dampaknya ibu hamil akan merasakan perut kram.

Baca Juga: Rekomendasi Vitamin untuk  Ibu Hamil dan Pertumbuhan Janin

Gejala yang Perlu Diwaspadai

Walaupun kram perut saat hamil hal yang wajar, akan tetapi ada beberapa gejala yang patut diwaspadai selama masa kehamilan khususnya perut kram saat hamil trimester 1.

1. Ibu Hamil Merasakan Kram Lebih dari 6 Kali dalam 1 Jam

Kram pada ibu hamil merupakan dampak dari proses peregangan rahim atau ligamen di sekitarnya. Anda akan merasa perut seperti ditarik ke salah satu sisi. Akan tetapi, saat rasa kram terasa lebih dari 6 kali dalam kurun waktu 1 jam, maka segera lakukan konsultasi dengan dokter kandungan.

2. Ibu Hamil Merasakan Kram Diikuti Pendarahan

Apabila Anda mengalami perut kram selama masa kehamilan diikuti dengan pendarahan yang cukup intens, segera lakukan konsultasi dengan dokter kandungan. Kondisi tersebut merupakan gejala kehamilan ektopik, gejala keguguran ataupun plasenta previa (plasenta menutupi leher rahim).letak kram perut saat hamil

3. Ibu Hamil Merasakan Kram di Sekitar Perut Bagian Bawah atas Kemaluan

Gejala terakhir yang perlu diwaspadai saat ibu hamil saat letak kram perut saat hamil berada di antara perut bagian bawah dan di atas kemaluan.

Cara Mengatasi Kram Perut saat Hamil

Tak bisa tergambarkan bagaimana rasa kram saat hamil. Bagi ibu hamil, tentu kondisi ini sangat tidak nyaman. Untuk mengatasi persoalan perut kram saat hamil, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan, di antaranya:

  • Ibu hamil banyak mengonsumsi air putih agar mineral di dalam tubuh terpenuhi, sebab kekurangan air putih bisa menjadi tanda dehidrasi
  • Ibu hamil bisa berbaring atau duduk secara perlahan saat rasa kram tersebut muncul, hindari melakukan gerakan secara mendadak
  • Ibu hamil dapat mengompres bagian perut yang kram dengan handuk hangat
  • Ibu hamil melakukan mandi menggunakan air hangat saat kram muncul setelah melakukan hubungan intim
  • Ibu hamil melakukan olahraga ringan saat merasakan kram perut karena gas berlebih yang mengendap di saluran pencernaan
  • Ibu hamil menghindari konsumsi makanan dan minuman dengan kandungan gas berlebih, misalnya saja kubis, kacang dan minuman bersoda
  • Ibu hamil mampu mengelola stres dengan melakukan hobi dan minatnya
  • Ibu hamil menggunakan sabuk kehamilan khusus untuk menyangga perut agar perut tidak kram, tapi jangan sampai sabuk tersebut mengikat terlalu kencang

Lengkapi Kebutuhan Nutrisi dan Vitamin selama Masa Kehamilan

Selain merasakan kram perut saat hamil, ada berbagai persoalan yang menimpa ibu selama masa kehamilan. Di samping itu, Anda tetap perlu menjaga kesehatan diri sendiri dan janin agar perkembangannya sehat sampai waktu kelahiran.

Oleh sebab itu, penting untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian ibu hamil. Berikut ini rekomendasi suplemen multivitamin untuk mencukupi nutrisi harian ibu hamil.

1. Nutriwell Magnesium

Magnesium memiliki peran cukup krusial selama masa kehamilan. Sebab magnesium merupakan mineral untuk mengoptimalkan fungsi tubuh seperti fungsi otot, sistem saraf dan produksi energi. Lengkapi nutrisi magnesium dengan mengonsumsi suplemen multivitamin Nutriwell Magnesium.

2. Nuvita Nutri Magnesium

Nuvita Nutri Magnesium mengandung 350 mg magnesium oxide sebagai pendukung kerja enzim. Dengan begitu, proses pembentukan energi, protein, lemak hingga metabolisme karbohidrat tetap terjaga.

Selain itu, suplemen ini diproduksi dengan formula khusus sehingga penyerapannya lebih cepat untuk memelihara kesehatan tulang selama masa kehamilan.

3. Natures Plus Cal Mag Zinc

Tiga mineral penting yang dibutuhkan ibu selama masa kehamilan antara lain kalsium, magnesium dan zinc. Secara alami, tubuh akan memproduksi ketiga nutrisi tersebut, tetapi dalam kadar yang kurang sehingga Anda perlu mencukupinya dengan mengonsumsi suplemen Natures Plus Cal Mag Zinc.

Proses produksinya menggunakan metode Biotron Process sehingga setiap elemen mineralnya terlindungi dari potensi kerusakan karena asam lambung dan makanan.

Demikianlah informasi mengenai penyebab hingga cara mengatasi kram saat perut hamil. Masa kehamilan adalah masa yang paling ditunggu-tunggu setiap pasangan suami istri, khususnya yang belum memiliki anak.

Ketika mendapatkan amanah tersebut, sebaiknya jaga dengan mencukupi kebutuhan nutrisi dan gizi bagi ibu dan juga calon bayi. Temukan suplemen multivitamin yang aman untuk ibu hamil dan ibu menyusui di website Natural Farm.

Yuk, jaga sang buah hati sejak dari rahim!

Referensi:

  • https://siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/perut-kram-saat-hamil
  • https://www.halodoc.com/artikel/penyebab-kram-perut-saat-hamil-muda-dan-cara-mengatasinya?srsltid=AfmBOorY3jDc7_ntb6HEYh6KxGb3bD9wPkoZ5zg7HuKW3mMOp9e5htuo
  • https://www.alodokter.com/kram-perut-saat-hamil-kenali-penyebab-dan-cara-mengatasinya
  • https://www.prenagen.com/id/wajib-simak-kupas-tuntas-kram-perut-saat-hamil-muda
  • https://www.halodoc.com/artikel/perut-kram-saat-hamil-pertanda-apa?srsltid=AfmBOoptYpqcPyUxwAv7rMk1oyT6fASTSl9Ybr59RsdqpFpcnk8-54Jd

Share

Latest Articles

Kenali 10 Penyebab Bayi Rewel dan Cara Ampuh Mengatasinya!

Intip 10 Fakta Bahaya Makan Mie Instan untuk Anak, Waspadalah!

Khasiat Madu untuk Promil dan Cara Tepat Mengonsumsinya!

Kenali 7 Ciri Ciri Batuk Alergi pada Anak & Bedanya dengan Batuk Biasa

Kenali Perbedaan GERD dan Maag agar Tepat Cara Mengobatinya

10 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan dan Cara Mengonsumsi yang Benar

Article Category