Health

4 Makanan Sumber Protein Yang Membantu Memperbesar Massa Otot

By Erwin |

Ada banyak cara untuk meningkatkan massa otot sehingga tubuh tampak proporsional dengan berat badan ideal. Salah satunya adalah dengan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung protein. Kabar baiknya, ada banyak sekali makanan sumber protein yang bisa Anda konsumsi. Berikut ini beberapa sumber protein yang bisa Anda konsumsi. 

Daging Ayam Bagian Dada 

Mulai sekarang konsumsi lebih banyak daging ayam bagian dada. Pasalnya, bahan makanan ini sangat tinggi kandungan proteinnya. Selain itu, daging ayam bagian ini juga rendah lemak jahat dibandingkan dengan bagian lainnya. 

Tidak heran jika banyak instruktur fitness yang menyarankan klien mereka untuk mengonsumsi daging dada ayam dengan porsi tertentu secara rutin. Jika dihitung, 100 gram dada ayam matang mengandung hingga 31 gram protein. 

Bahan makanan ini juga sangat mudah diolah. Harganya di pasaran juga tergolong terjangkau. Rebus saja dada ayam tersebut dan tambahi sedikit bumbu penyedap jika ingin segera menyantapnya. Anda bisa mencoba memanggang atau membuat steak jika Anda memiliki waktu luang. 

Telur 

Selain daging bagian dadanya, Anda juga mengonsumsi apa yang dihasilkan oleh ayam tersebut, telur. Ya! Telur juga sangat tinggi kandungan protein. Bahan makanan sumber protein ini mengandung sekitar 6 gram protein per butirnya. 

Coba perhatikan para profesional yang sudah berhasil menaikkan massa otot mereka. Mereka pasti merekomendasikan Anda untuk mengonsumsi telur secara berkala. Kandungan baik dalam telur juga sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung. 

Namun, pastikan Anda memasaknya dengan cara direbus untuk menjaga kadar proteinnya. Menggoreng telur tidak hanya merusak kandungan proteinnya tapi juga meningkatkan kadar kolesterol dan lemak jenuhnya. 

Makanan Laut 

Sediakan pula beragam makanan laut di meja makan untuk memenuhi kebutuhan protein harian Anda. Makanan laut ternyata juga mengandung banyak protein. Contohnya, dalam 100 gram ikan terdapat setidaknya 100 gram protein. Beberapa jenis makanan laut yang cocok untuk meningkatkan massa otot dan menjaga kesehatan, antara lain ikan salmon, udang, cumi, dan gurita. 

Pastikan Anda memilih bahan yang segar dan bebas dari kandungan lain seperti merkuri. Pengolahan pun juga perlu diperhatikan agar kandungan protein tidak rusak atau hilang. Merebus, mengukus, atau menumis makanan laut tersebut adalah cara yang baik untuk mendapatkan kandungan proteinnya. 

Brokoli 

Kombinasikan bahan makanan tersebut dengan brokoli untuk mendapatkan lebih banyak protein. Salah satu jenis sayuran hijau ini juga mengandung banyak protein. Dalam 100 gram brokoli terdapat hingga 2.8 gram protein. 

Selain itu, brokoli juga kaya akan serat, kalium, vitamin C, dan vitamin K. Rebus sebentar brokoli sebelum dikonsumsi. 

Sekarang, setidaknya harus selalu menyiapkan 4 bahan makanan sumber protein di atas saat mengikut program menaikkan massa otot. Dengan perpaduan latihan yang tepat, maka Anda akan melihat peningkatan massa otot yang signifikan.

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category