Health

Segera Hindari 4 Makanan Tinggi Kolesterol Ini Agar Tetap Sehat Hingga Tua!

By Erwin |

Gorengan, makanan cepat saji, dan makanan manis memang sangat nikmat. Tapi tahukah Anda jika makanan tersebut adalah makanan tinggi kolesterol. Semakin tinggi kolesterol jahat pada tubuh Anda, semakin cepat Anda terserang beragam penyakit. Nah, berikut ini jenis makanan yang tinggi kolesterol sekaligus penjelasannya. 

Gorengan 

Gorengan sudah menjadi makanan atau camilan masyarakat Indonesia. Rasanya memang nikmat apalagi disantap ketika hangat sambil minum teh atau kopi. Sayangnya, jenis makanan ini sangat tinggi kolesterol jahat. 

Kolesterol jahat tersebut berasal dari minyak sawit yang dipanaskan. Minyak sawit inilah yang memberikan tambahan lemak trans atau lemak jenuh yang cukup tinggi. Semakin banyak lemak trans atau lemak jenuh dalam tubuh, maka kadar kolesterol pun semakin tinggi. 

Jika tidak dihentikan, maka risiko penyakit jantung dan diabetes akan semakin tinggi. Ketimbang menggoreng bahan makanan, ada baiknya Anda mulai mengukus, merebus, atau memanggang bahan makanan tersebut. 

Makanan Cepat Saji 

Sama halnya dengan gorengan, makanan cepat saji juga terasa nikmat di lidah. Rasa tersebut berasal dari berbagai bumbu, termasuk garam dan gula yang tinggi. Tidak heran jika kebanyakan makanan cepat saji terasa sangat gurih atau manis. Kadar lemak jenuhnya bahkan meningkat ketika makanan cepat saji tersebut diolah dengan digoreng. 

Nah, kandungan inilah yang memicu kolesterol dalam tubuh. Saat Anda sering mengonsumsi makanan tinggi kolesterol ini, maka kesehatan jantung akan terganggu, tekanan darah menjadi tinggi, dan berat badan pun naik dengan cara yang tidak sehat.

Makanan Manis 

Cake, cookies, donat, dan beberapa jenis lainnya adalah makanan manis yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Mereka menggemari makanan ini karena rasa manis yang berasal dari gula. Ternyata, mengonsumsi gula secara berlebihan tidak hanya meningkatkan risiko diabetes tapi juga naiknya kada kolesterol. 

Kandungan gula dapat meningkatkan kadar trigliserida darah sehingga kolesterol dalam tubuh pun meningkat drastis. Jika memang masih belum bisa meninggalkan makanan manis, ada baiknya Anda membuat sendiri makanan tersebut. Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikan takaran sesuai keinginan.

Jeroan 

Sebagian masyarakat Indonesia sangat menyukai jeroan. Banyak sekali menu yang menggunakan jeroan sebagai salah satu bahan dasarnya. Tapi, ada baiknya Anda mengurangi kebiasaan mengonsumsi jeroan sekarang juga. 

Dalam 10 gram jeroan mengandung hingga 2.500 mg kolesterol. Karena itu, kadar kolesterol dalam tubuh akan langsung meningkat beberapa saat setelah mengonsumsi jeroan. Hati-hati jika Anda sudah didiagnosis memiliki riwayat kolesterol tinggi. 

Nah, itu dia setidaknya 4 makanan tinggi kolesterol yang harus diwaspadai. Mulailah berlatih mengurangi jenis makanan tersebut hingga akhirnya Anda tidak mengonsumsinya sama sekali. Ingat! Kesehatan Anda jauh lebih mahal daripada hanya sekedar mengikut kemauan lidah Anda. 

Pilih saja makanan yang mengandung kolesterol baik sehingga kadar kolesterol dalam darah tetap stabil. Anda bahkan bisa mengambil manfaat kesehatan lain dari kolesterol baik tersebut.  

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category