Health

Mudah Ditemukan! Ternyata Ini 5 Makanan Penyebab Diare

By Erwin |

Anda mungkin pernah mengalami diare setelah mengonsumsi makanan tertentu. Ternyata, beberapa jenis makanan memang menyebabkan diare. Diare bisa semakin parah jika Anda memang memiliki riwayat gangguan pencernaan sebelumnya. Sebelum hal tersebut terjadi, ada baiknya Anda paham dulu beberapa jenis makanan penyebab diare berikut ini. 

Makanan dengan Rasa yang Sangat Pedas 

Jangan coba-coba memesan makanan pedas dengan level paling tinggi jika Anda memiliki gangguan pencernaan. Bisa jadi, Anda akan menderita diare beberapa saat setelah mengonsumsi makanan tersebut. Rasa pedas tersebut umumnya didapatkan dari zat capsaicin dalam cabai. 

Zat inilah yang bisa mempengaruhi kinerja pencernaan dengan menyebarkan rasa panas. Jika tidak tahan, maka pencernaan akan mengalami iritasi. Diare adalah salah satu dampak dari iritasi pencernaan tersebut. 

Makanan dari Olahan Susu 

Mungkin Anda tidak mengonsumsi susu tapi mengonsumsi makanan dari olahan susu. Diare bisa terjadi jika Anda memiliki intoleransi laktosa. Seseorang dengan intoleransi laktosa tidak memiliki enzim untuk memecah gula tertentu. 

Nah, susu yang digunakan sebagai bahan pembuatan makanan tersebut memiliki kandungan gula tersebut. Saat gula tersebut masuk ke dalam tubuh, maka tubuh akan mencari cara untuk mengeluarkannya secepat mungkin. Salah satu caranya adalah dengan menjadi diare. 

Makanan yang Mengandung Banyak Pemanis Buatan 

Makanan penyebab diare lainnya adalah makanan yang mengandung banyak pemanis buatan. Pasalnya, ada beberapa jenis pemanis buatan yang akan memicu diare, seperti fruktosa dan sorbitol. Alasannya karena tubuh tidak bisa mencerna kandungan yang ada pada pemanis buatan ini. 

Karena itu, tubuh akan mencari cara untuk segera membuang kandungan yang tidak bisa dicerna tersebut. Salah satu jalannya adalah dengan membuat tubuh Anda mengalami diare.  

Bawang Putih 

Ada baiknya mengonsumsi bawang putih secukupnya saja dan jangan berlebihan. Pasalnya, bahan makanan yang satu ini juga menjadi pemicu terjadinya diare. Ketika bawang putih dikunyah dan masuk ke dalam perut, bahan ini akan mengeluarkan sebuah senyawa. 

Senyawa ini akan membuat pencernaan mengeluarkan gas. Gas tersebut akan mengiritasi usus besar. Iritasi usus besar inilah yang biasanya menjadi penyebab diare. Serat tidak larut yang terdapat pada bawang putih juga bisa memicu diare karena mempercepat proses pencernaan makanan.   

Makanan dengan Kadar Lemak yang Tinggi 

Makanan dengan kadar lemak yang tinggi juga bisa memicu diare. Diare bisa terjadi karena tubuh tidak bisa mengurai lemak jahat tersebut dengan baik. Ketika lemak jahat ada dalam tubuh, maka kadar air dalam usus meningkat drastis. Kondisi inilah yang membuat Anda diare atau membuat feses Anda cair.

Jadi, ada baiknya Anda mengurangi atau menghentikan mengonsumsi makanan di atas apalagi jika Anda punya riwayat gangguan pencernaan. Mengonsumsi makanan penyebab diare terus menerus justru akan memperparah kondisi kesehatan Anda.

Share

Trending Article

5 Rekomendasi Vitamin Daya Tahan Tubuh Dewasa untuk Lengkapi Asupan Nutrisi

Khasiat Virgin Coconut Oil & Rekomendasi Produk Terbaik untuk Kesehatan

Mengenal Manfaat Beras Porang Bagi Kesehatan dan Cara Membuatnya

Kenali 6 Penyebab Susah BAB dan Cara Mengatasi BAB Susah Keluar

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Article Category