Health

5 Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

By Erwin |

Makanan yang dihindari asam lambung-Asam lambung adalah gangguan di lambung yang bisa mengakibatkan perut menjadi kembung, mual, nyeri dan serasa terbakar. Bukan hanya itu, banyak orang yang tidak sadar jika penyebab asam lambung karena makanan maupun minuman yang dikonsumsinya.

Agar asam lambung ini tidak akan kambuh lagi, ada beberapa jenis makanan yang harusnya dihindari. Berikut ini adalah beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung.

1. Makanan yang Mengandung Lemak Tinggi

Makanan yang memiliki kandungan tinggi lemak menjadi salah satu yang wajib untuk dihindari. Mengkonsumsi makanan berlemak akan memerlukan waktu yang lama untuk dicerna. Inilah, yang membuat produksi asam lambung mengalami peningkatan dan memicu gejala asam lambung tersebut.

Anda dapat menghindari makanan yang tinggi lemak seperti makanan yang mengandung santan, jeroan dan gorengan. Agar asam lambung tidak kambuh hindari konsumsi makanan yang rendah dengan lemak.

2. Makanan yang Memiliki Rasa Pedas

Makanan yang dihindari asam lambung berikutnya adalah yang memiliki cita rasa pedas. Bila terlalu banyak konsumsi makanan pedas bisa menganggu sistem pencernaan Anda dan memicu asam lambung naik.Oleh sebab itu, hindari makanan yang dapat memicu asam lambung supaya tidak akan kambuh.

3. Coklat 

Mengatasi asam lambung naik berikutnya harus menghindari untuk mengkonsumsi coklat. Walaupun mempunyai cita rasa manis dan enak coklat adalah salah satu yang bisa mengakibatkan asam lambung. Hal tersebut karena tinggi lemak dan kandungan kafein serta thebromine yang bisa memicu terjadinya asam lambung.

Jika minuman dan makanan bisa memicu terjadinya asam lambung kambuh akan lebih baik untuk dihindari. Menghindari makanan yang bisa memicu asam lambung akan membuat asam lambung Anda lebih mudah untuk diatasi.

4. Makanan Asam

Anda lebih baik untuk menghindari makanan yang asam supaya asam lambung tidak kambuh secara terus menerus. Makanan yang dihindari asam lambung salah satunya berasal dari buah dan sayuran. Buah dan sayur ini menjadi komponen terpenting agar bisa memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh.

Namun, jika Anda mempunyai asam lambung lebih baik untuk menghindari sayur dan buah yang memiliki rasa asam. Misalnya, jeruk, beri, tomat, kubis, Anda masih bisa konsumsi sayur dan buah seperti pisang, apel, bayam, wortel dan pir.

5. Produk dengan Olahan Susu 

Produk dengan olahan susu mempunyai lemak yang sangat tinggi dan bisa meningkatkan produksi asam lambung serta memperburuk gejalanya yang dirasakan. Anda bisa mengalami intoleransi laktosa yang dapat mengakibatkan perut menjadi kram, diare dan juga kembung. 

Jika, Anda mempunyai penyakit asam lambung dan juga intoleransi laktosa lebih baik hindari susu dengan kandungan laktosa.

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category