Health

5 Makanan yang Mengandung Zat Besi dan Menyehatkan

By Erwin |

Tubuh manusia membutuhkan zat besi untuk menunjang kesehatan dan kebugaran. Jika tubuh kekurangan zat besi, tubuh akan lemas dan mudah sakit. Lantas apa saja makanan yang mengandung zat besi? Untuk mengetahui penjelasannya, simak di sini! 

Apa Itu Zat Besi? 

Zat besi merupakan jenis mineral yang bagus untuk mendukung proses pembentukan hemoglobin dalam sel darah merah. Tubuh tidak bisa memproduksi sendiri zat besi, maka dari itu tubuh memerlukan makanan sehat yang mengandung zat besi untuk memenuhinya. 

Rekomendasi Makanan yang Mengandung Zat Besi 

Rekomendasi makanan yang mempunyai kandungan zat besi tinggi, antara lain: 

1. Daun Parsley 

Daun yang mengandung zat besi tinggi adalah daun parsley. Pada 100 gr daun ini mengandung 4,3 mg zat besi. Jadi, daun parsley bukan hanya sebagai penghias makanan saja, namun juga bisa untuk dikonsumsi. 

2. Kismis 

Pada 100 gr kismis mengandung zat besi sekitar 1,79 mg. Kismis banyak dikonsumsi sebagai cemilan yang lezat dan bisa dikonsumsi kapan saja. 

3. Aprikot Kering 

Aprikot kering mengandung zat besi yang tinggi. Pada 100 gr aprikot kering terdapat zat besi sekitar 2,66 mg. Buah ini bisa sebagai antioksidan bagi tubuh dan bisa membantu melawan radikal bebas. 

4. Tiram 

Tiram mengandung zat besi yang tinggi. Pada 80 gr tiram terdapat kandungan zat besi sekitar 5,91 mg. Tiram juga kaya dengan afrodisiak alam dan kalsium yang bisa menjaga tubuh tetap sehat. 

5. Tahu 

Tahu mengandung zat besi sekitar 3 mg. Tahu dapat diolah dalam berbagai masakan, seperti digoreng, dikukus, direbus, dijadikan hidangan puding, salad, dan masih banyak olahan tahu lainnya. 

Manfaat Zat Besi Bagi Tubuh

Tubuh membutuhkan zat besi untuk menunjang fungsi tubuh agar tetap sehat dan bisa mendukung metabolisme tubuh tetap normal. Inilah manfaatnya: 

1. Mengatasi Anemia 

Zat besi bisa menunjang produksi hemoglobin. Hemoglobin ini sangat penting untuk mencukupi kebutuhan asupan zat besi dalam tubuh untuk mencegah serta mengatasi anemia akibat defisiensi zat besi. 

2. Menjaga Sekaligus Mengoptimalkan Fungsi Kognitif 

Zat besi bermanfaat menjaga sekaligus mengoptimalkan kemampuan berkonsentrasi untuk mengambil keputusan, memecahkan masakan, serta menambah daya ingat. Zat besi bisa membantu memaksimalkan kinerja hemoglobin untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. 

3. Menambah Daya Tahan Tubuh 

Kebutuhan zat besi yang terpenuhi oleh tubuh akan membuat tubuh semakin sehat. Hal ini terjadi didukung dengan produksi hemoglobin yang lancar. Kondisi ini tentu membuat tubuh semakin tahan dengan penyakit. 

4. Kualitas Tidur Meningkat 

Zat besi yang tercukupi dalam tubuh bisa membuat seseorang nyaman dan nyenyak saat tidur. Tentunya orang tersebut bisa lebih meningkat kualitas tidurnya dan tubuh akan semakin baik dan segar. 

5. Fungsi Otot Semakin Optimal 

Zat besi berfungsi dalam produksi mioglobin, yakni protein yang fungsinya mensuplai oksigen ke otot. Mioglobin ada di jaringan otot rangka dan jantung. Dengan fungsi demikian, maka kinerja otot semakin meningkat. 

Demikianlah rekomendasi makanan yang mengandung zat besi yang bagus untuk menunjang kesehatan tubuh. Semoga membantu! 

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category