Health

Daftar 10 Makanan yang Mengandung Karbohidrat

By Erwin |

Karbohidrat adalah nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Namun konsumsi karbohidrat tidak boleh dilakukan dengan berlebihan karena akan meningkatkan risiko diabetes. Berikut daftar 10 makanan yang mengandung karbohidrat.

Beras Cokelat

Kandungan karbohidrat pada beras putih cukup tinggi sehingga jika Anda ingin mengkonsumsi beras dengan kandungan karbohidrat yang lebih rendah, Anda bisa mencoba beras coklat.

Beras Merah

Selain beras cokelat, beras merah juga bisa menjadi alternatif dari beras putih. Sama dengan beras cokelat, kadar karbohidrat dan kalori beras merah tidak setinggi beras putih. Selain itu, beras merah juga memiliki kadar protein, serat dan antioksidan yang lebih tinggi.

Kentang

Selanjutnya ada kentang yang memiliki kandungan karbohidrat. Kentang bahkan bisa membantu menurunkan berat badan, namun pastikan bahwa Anda tidak memasak kentang dengan menggorengnya karena itu akan meningkatkan kadar lemak dan kalori.

Oat

Selanjutnya ada oat yang sering dijadikan menu sarapan alternatif. Oat dianggap sebagai salah satu penghasil protein nabati yang terbaik. Kadar gula darah dan kolesterol yang tinggi bisa diturunkan dengan mengkonsumsi oat secara rutin. 

Ubi

Selanjutnya ada makanan yang sangat mudah dijumpai yaitu ubi. Ubi yang mengandung karbohidrat, berbagai vitamin, kalium dan antioksidan ini bisa dijadikan alternatif pengganti makanan pokok dan memiliki rasa manis.

Pisang

Beberapa buah juga mengandung karbohidrat, salah satunya adalah pisang. Buah ini sering dimakan untuk mendapatkan energi tambahan karena selain mengandung karbohidrat, pisang juga mengandung serat, vitamin B, C dan kalium.

Apel

Selanjutnya di 10 makanan yang mengandung karbohidrat adalah buah lainnya yaitu apel. Terdapat sekitar 15 gram karbohidrat dalam setiap 100 gram apel. Selain itu, apel juga kaya akan vitamin C.

Jeruk

Buah lain yang juga kaya akan vitamin C dan mengandung karbohidrat adalah jeruk. Walaupun terkenal kaya akan vitamin C, jeruk juga mengandung karbohidrat kompleks serta kalium dan juga vitamin B. Anda bisa langsung mengkonsumsi jeruk atau mengolahnya menjadi puding atau jus.

Kacang Merah

Makanan dengan kandungan karbohidrat lainnya adalah kacang merah. Pada setiap 100 gram kacang merah, terdapat kandungan karbohidrat sekitar 20 gram. Makanan yang sering terdapat pada sup dan es campur ini bisa membantu menurunkan level kolesterol juga berat badan.

Jagung

Ada beberapa daerah yang mengkonsumsi jagung dan bukan beras sebagai makanan pokok. Hal ini karena jagung mengandung karbohidrat, serta mineral dan berbagai jenis vitamin seperti vitamin A, B dan C.

Itulah daftar 10 makanan yang mengandung karbohidrat yang bisa Anda jadikan referensi sebagai menu untuk menurunkan berat badan atau menjaga pola makan sehat untuk Anda dan keluarga. 

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category