Health

5 Opsi Makanan Mengandung Kolagen yang Mudah Ditemukan

By Erwin |

Siapa bilang Anda harus mengkonsumsi suplemen kolagen mahal demi mendapatkan manfaat kolagen untuk kesehatan kulit dan sendi Anda? Beberapa jenis makanan mengandung kolagen berikut sangat mudah ditemukan di sekitar kita dan pastinya tidak mahal sama sekali.

Ayam

Anda mungkin akan terkejut saat tahu bahwa sebagian besar suplemen kolagen yang beredar di pasaran ternyata terbuat dari ayam. Jika Anda bisa mengkonsumsi ayam untuk mendapatkan asupan kolagen, buat apa membeli suplemen kolagen?

Anda bisa menemukan semua jenis asam amino dalam daging ayam. Asam amino tersebut merupakan zat yang sangat penting dalam pembentukan kolagen. Sebagian besar kolagen ayam sendiri berasal dari tulang rawan dan jaringan ikat.

Tidak heran jika kemudian tulang rawan dan leher ayam digunakan oleh para ahli untuk pengobatan radang sendi.

Telur

Tak hanya ayam yang sangat berguna untuk pembentukan kolagen dalam tubuh, telur juga merupakan pilihan makanan dengan kandungan kolagen tinggi yang bisa Anda temukan dengan mudah. Anda mungkin selalu memiliki stok telur di rumah untuk lauk sehari-hari.

Seperti halnya daging ayam, telur merupakan sumber protein yang lengkap. Telur juga memiliki kandungan kolagen yang banyak ditemukan pada bagian putihnya.

Putih telur memiliki kandungan asam amino prolin dan glisin yang berguna untuk merangsang pembentukan kolagen dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi telur secara teratur, Anda tak hanya bisa memperbaiki struktur tubuh, melainkan juga memperbaiki dan menjaga kesehatan kulit.

Namun, sebaiknya Anda merebus telur daripada menggorengnya untuk memaksimalkan asupan nutrisi baik yang bisa diserap oleh tubuh.

Kaldu Tulang

Anda mungkin pernah mendengar sup kolagen yang sempat viral karena dianggap mampu membantu Anda mengembalikan dan menjaga kesehatan kulit. Meskipun sup kolagen terdengar sangat wah, sup kolagen sendiri sebenarnya merupakan sup kaldu tulang. Tidak bisa dimungkiri bahwa kaldu tulang adalah sumber kolagen lezat yang bisa Anda buat sendiri di rumah.

Untuk membuat makanan mengandung kolagen ini, Anda cukup merebus tulang ayam, sapi, maupun ikan dalam waktu lama dengan api kecil. Selama proses perebusan, kolagen dalam tulang akan larut dalam air yang akan menjadi kaldu tulang penuh gizi. Kaldu tulang ini bisa menjadi pilihan suplemen kolagen harian yang pastinya lebih sehat dan lezat.

Ikan

Pilihan makanan berikutnya untuk asupan kolagen harian Anda adalah ikan, baik ikan air tawar maupun air laut. Kandungan kolagen yang cukup tinggi bisa Anda temukan pada ikan sarden, tuna, maupun salmon.

Jangan hanya mengkonsumsi daging ikan saja karena kulit ikan juga kaya akan kolagen. Anda bebas memasak ikan sesuai keinginan agar Anda bisa menikmati asupan kolagen tanpa tersiksa.

Pilihan makanan mengandung kolagen lain yang bisa dengan mudah Anda temukan masih sangat banyak, seperti jeruk, beri, sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, dan tomat.

Share

Latest Articles

Cek 7 Cara Mengatasi Lemas pada Anak Setelah Sakit, Ampuh!

Anak Kurus Apakah Cacingan? Ternyata Ini Penyebabnya!

Kenali 10 Penyebab Bayi Rewel dan Cara Ampuh Mengatasinya!

Intip 10 Fakta Bahaya Makan Mie Instan untuk Anak, Waspadalah!

Khasiat Madu untuk Promil dan Cara Tepat Mengonsumsinya!

Kenali 7 Ciri Ciri Batuk Alergi pada Anak & Bedanya dengan Batuk Biasa

Article Category