Health

5 Rekomendasi Makanan untuk Sakit Gigi

By Erwin |

Waduh kalau sudah sakit gigi, tidur tidak nyenyak, makan pun tidak enak. Tak cuma hilang nafsu makan, mengunyah menjadi kegiatan yang sangat menyiksa. Akan tetapi, Anda harus tetap makan agar tidak menderita penyakit yang lebih parah.

Nah, berikut ini beberapa jenis makanan untuk sakit gigi yang tidak akan membuat orang yang sedang sakit gigi semakin menderita.

Bubur

Salah satu solusi umum untuk mengatasi kesulitan makan akibat sakit gigi adalah dengan makan bubur. Ketika Anda kesulitan mengunyah makanan akibat rasa nyeri sakit gigi, bubur akan menjadi pilihan asupan nutrisi yang tepat. Anda bisa memenuhi kebutuhan nutrisi dengan makan bubur tiga kali sehari tanpa membebani gigi yang sedang sakit.

Tentu perlu dipastikan bahwa bubur yang Anda konsumsi memiliki kandungan nutrisi yang cukup. Bubur sebaiknya dicampur dengan sayuran, daging sapi, ayam, maupun telur agar mengandung gizi seimbang.

Sup Hangat

Hanya karena Anda sedang sakit gigi bukan berarti Anda harus makan bubur terus-menerus. Anda pasti akan bosan jika harus makan bubur tiga kali sehari selama beberapa waktu. Pilihan lain makanan untuk sakit gigi yang akan mencerahkan hari Anda adalah sup hangat.

Ketika Anda mengkonsumsi sup hangat, Anda mungkin akan merasa bahwa rasa nyeri akibat sakit gigi sedikit berkurang. Jangan khawatir mengalami kesulitan mengunyah selama Anda pastikan bahwa bahan-bahan di dalam sup, seperti sayuran dan daging ayam sudah dimasak hingga lembut.

Bubur Kacang Hijau

Selain bubur yang terbuat dari beras, Anda bisa memberikan variasi ke dalam menu makan selama sakit gigi dengan bubur kacang hijau. Bubur kacang hijau juga bisa menjadi cemilan sehat yang tidak akan mengganggu gigi Anda yang sedang sakit.

Tak hanya itu, bubur kacang hijau terbilang sehat dan bernutrisi karena memiliki kandungam serat, vitamin E, dan protein yang tinggi. Tekstur bubur kacang hijau yang lembut tidak akan membuat Anda kesulitan menyantap bahkan saat sedang sakit gigi.

Telur

Anda ingin makan sesuatu yang enak saat sakit gigi, tetapi di rumah hanya ada telur? Tak perlu khawatir karena telur justru bagus dikonsumsi saat sakit gigi.

Teksturnya yang lembut tidak akan membuat nyeri gigi Anda semakin parah. Telur juga menjadi sumber protein, vitamin, mineral, dan omega 3 yang sangat bagus untuk kesehatan. Kandungan nutrisi dalam telur tersebut akan membantu Anda mengurangi peradangan akibat sakit gigi dengan lebih cepat.

Pure Buah

Anda mungkin menghindari makan buah selama sakit gigi agar tidak perlu mengunyah. Akan tetapi, Anda tetap membutuhkan buah sebagai sumber vitamin, mineral, dan serat.

Jika Anda kesulitan mengunyah buah, pure buah adalah pilihan makanan untuk sakit gigi yang sangat sesuai. Anda juga bisa memilih buah yang memang memiliki tekstur lembut, seperti pisang. Namun, Anda sebaiknya menghindari buah yang terlalu asam agar gigi Anda tidak bertambah sakit.

Share

Latest Articles

Cek 7 Cara Mengatasi Lemas pada Anak Setelah Sakit, Ampuh!

Anak Kurus Apakah Cacingan? Ternyata Ini Penyebabnya!

Kenali 10 Penyebab Bayi Rewel dan Cara Ampuh Mengatasinya!

Intip 10 Fakta Bahaya Makan Mie Instan untuk Anak, Waspadalah!

Khasiat Madu untuk Promil dan Cara Tepat Mengonsumsinya!

Kenali 7 Ciri Ciri Batuk Alergi pada Anak & Bedanya dengan Batuk Biasa

Article Category