Health

Apa Saja Makanan Yang Mengandung Vitamin D? Inilah Beberapa Contohnya

By Erwin |

Ada banyak manfaat vitamin D untuk tubuh, beberapa diantaranya yaitu meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan gigi serta tulang, mengurangi depresi, dan lain-lain. Vitamin D ini merupakan vitamin yang bisa diproduksi sendiri oleh tubuh manusia, tubuh bisa memproduksi vitamin D lewat bantuan sinar matahari saat pagi hari. Selain itu, juga bisa melalui konsumsi suplemen vitamin D maupun makanan yang mengandung vitamin D.

Ada beberapa makanan yang bisa membantu memenuhi kebutuhan vitamin D pada tubuh. Penasaran apa saja contoh makanan yang mengandung vitamin D tersebut? Simak beberapa contoh makanannya berikut ini.

  •  Ikan Sarden 

Ikan sarden termasuk makanan sumber vitamin D yang bagus. Kandungan vitamin D dan kalsium pada sarden juga bisa membantu menjaga kesehatan tulang. Tercukupinya kebutuhan kalsium serta vitamin D harian, bisa melindungi dari berbagai penyakit tulang, khususnya yang berkaitan dengan penambahan usia, contohnya penyakit osteoporosis. Sarden juga mempunyai beragam manfaat lainnya yang baik untuk kesehatan.

  • Minyak Hati Ikan Kod

Mengutip dari Medical News Today, minyak hati ikan kod mempunyai salah satu kandungan berupa vitamin D yang jumlahnya tinggi. Tidak hanya itu, juga terdapat vitamin A dan juga asam lemak omega-3, ini turut berperan dalam menjaga kesehatan mata serta otak. Minyak hati ikan kod sudah dikenal juga sebagai suplemen tambahan yang bermanfaat baik untuk menjaga kesehatan tubuh anak-anak.

  • Ikan Salmon

Selain di atas tadi, makanan yang mengandung vitamin D adalah ikan salmon, namun salmon liar biasanya punya lebih banyak vitamin D dibandingkan salmon yang dibudidayakan. Salmon bisa membantu meningkatkan kesehatan serta kekuatan tulang. Selain itu, ikan ini juga termasuk mengandung tinggi protein yang cocok untuk diet. 

  • Kuning Telur

Tidak hanya tinggi protein, telur terutama bagian kuningnya merupakan salah satu makanan yang mengandung vitamin D. Ini bisa bantu jaga kesehatan tulang, gigi, dan juga otot, selain itu bisa membantu penyerapan kalsium juga. Walaupun demikian, konsumsi kuning telur per harinya harus dibatasi. 

  • Tuna Kalengan

Ini termasuk kelompok makanan laut yang cukup tinggi kandungan vitamin D nya. Mampu membantu menjaga kesehatan tulang serta otot, selain itu bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh. Makanan laut dengan vitamin D ini punya berbagai manfaat lainnya yang baik untuk kesehatan tubuh. 

Namun, Anda harus berhati-hati saat memilih tuna kalengan, perhatikan produk tuna kaleng yang hendak Anda makan, dianjurkan untuk memilih ikan tuna kaleng yang memiliki label “light”. Tak hanya itu, konsumsi tuna kalengan juga harus dibatasi, paling tidak hanya 100 gram per minggunya.

Demikianlah sejumlah makanan yang mengandung vitamin D yang punya manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Selain mengkonsumsi makanan-makanan tinggi vitamin D misalnya seperti di atas tadi, mencukupi kebutuhan nutrisi lainnya untuk jaga kesehatan tubuh tentunya juga tidak kalah penting.

Share

Latest Articles

Cek 7 Cara Mengatasi Lemas pada Anak Setelah Sakit, Ampuh!

Anak Kurus Apakah Cacingan? Ternyata Ini Penyebabnya!

Kenali 10 Penyebab Bayi Rewel dan Cara Ampuh Mengatasinya!

Intip 10 Fakta Bahaya Makan Mie Instan untuk Anak, Waspadalah!

Khasiat Madu untuk Promil dan Cara Tepat Mengonsumsinya!

Kenali 7 Ciri Ciri Batuk Alergi pada Anak & Bedanya dengan Batuk Biasa

Article Category