Health

Ini Lho, Beberapa Contoh Makanan Menaikkan Trombosit, Mulai Dari Sayuran Hijau Hingga Jambu Biji

By Erwin |

Trombosit merupakan sel darah yang memiliki fungsi utama untuk bantu proses pembekuan darah dalam tubuh. Menjaga jumlah trombosit supaya tetap normal penting sekali untuk dilakukan karena bisa bantu melindungi tubuh dari sejumlah risiko penyakit. Jika Anda memiliki kadar trombosit rendah, terdapat salah satu cara agar dapat meningkatkan jumlah trombosit tersebut, yaitu dengan mengkonsumsi jenis-jenis makanan menaikkan trombosit. Berikut ini beberapa contoh jenis makanan tersebut.

  • Sayuran Hijau

Ini adalah salah satu makanan menaikkan trombosit darah yaitu contohnya sayuran hijau seperti bayam, kubis, selada, brokoli, dan kangkung. Berbagai sayuran hijau tersebut mempunyai kandungan vitamin K yang tinggi, jadi bisa membantu meningkatkan serta menguatkan platelet darah atau trombosit. 

  • Gandum Utuh

Gandum merupakan biji-bijian yang tinggi nutrisi, serat, vitamin, dan mineral. Salah satu vitamin pada gandum utuh yaitu vitamin K, yang mana itu berperan membantu menaikkan kadar trombosit pada tubuh serta bisa membantu proses pembekuan darah menjadi lebih cepat.

  • Buah Delima

Buah delima juga termasuk makanan menaikkan trombosit, karena didalamnya terkandung tinggi zat besi, dan banyak vitamin C serta folat yang mana itu berperan dalam pembentukan sel-sel darah pada tubuh. Akan tetapi, supaya manfaatnya tersebut optimal, sebaiknya dikonsumsi secara langsung, bukan berupa olahan.

  • Buah Jeruk

Kekurangan asupan folat merupakan salah satu faktor penyebab turunnya kadar trombosit, karena asam folat memang termasuk jenis vitamin yang diperlukan tubuh untuk proses pembentukan sel darah merah serta trombosit. Buah jeruk ini salah satu buah yang tinggi akan kandungan tersebut. Tidak lupa, kandungan vitamin C pada buah jeruk juga tak diragukan lagi.

  • Wortel

Berikutnya yakni wortel yang punya beragam manfaat bagus bagi kesehatan. Selain banyak dikenal sebagai makanan yang bisa membantu menjaga kesehatan mata, wortel juga termasuk salah satu makanan yang bisa membantu pembentukan trombosit. 

  • Buah Kiwi

Selain itu, ada pula buah kiwi yang bisa jadi makanan peningkat kadar trombosit. Buah ini mengandung vitamin K cukup tinggi, tidak hanya bantu menjaga daya tahan tubuh, tetapi juga membantu merangsang produksi trombosit dalam darah. Kiwi juga memiliki kandungan vitamin C.

  • Jambu Biji

Masih di kalangan buah-buahan, kali ini juga ada jambu biji. Dilansir dari Halodoc, jambu biji memiliki zat aktif yang dinamakan trombino, zat ini bisa mendorong atau merangsang trombopoietin supaya lebih aktif dan bisa menghasilkan lebih banyak lagi keping darah dalam tubuh.

Sekarang Anda sudah mengetahui terkait dengan beberapa contoh makanan menaikkan trombosit. Masih ada beberapa makanan lainnya yang bisa meningkatkan kadar trombosit. Jika memiliki kadar trombosit rendah, jangan jadikan sejumlah makanan tersebut sebagai solusi pengobatan yang utama, pastinya harus tetap mengikuti anjuran dari dokter. Lalu, tidak lupa tentunya Anda juga harus menerapkan pola hidup yang sehat. 

Share

Latest Articles

Cek 7 Cara Mengatasi Lemas pada Anak Setelah Sakit, Ampuh!

Anak Kurus Apakah Cacingan? Ternyata Ini Penyebabnya!

Kenali 10 Penyebab Bayi Rewel dan Cara Ampuh Mengatasinya!

Intip 10 Fakta Bahaya Makan Mie Instan untuk Anak, Waspadalah!

Khasiat Madu untuk Promil dan Cara Tepat Mengonsumsinya!

Kenali 7 Ciri Ciri Batuk Alergi pada Anak & Bedanya dengan Batuk Biasa

Article Category