Health

5 Rekomendasi Makanan untuk Menurunkan Berat Badan

By Erwin |

Siapa yang sedang diet demi menurunkan berat badan dan memiliki tubuh ideal? Sayangnya, banyak orang yang beranggapan bahwa diet untuk menurunkan berat badan harus dilakukan dengan mengurangi makan atau bahkan tidak makan sama sekali. Faktanya, memperbanyak konsumsi makanan untuk menurunkan berat badan berikut bisa membantu upaya Anda menurunkan berat badan terlebih jika diimbangi dengan olahraga teratur.

Daging Rendah Lemak

Daging ayam maupun daging merah seperti daging sapi bisa menjadi pilihan menu saat Anda ingin mengurangi berat badan. Namun, Anda perlu memastikan bahwa Anda mengkonsumsi daging ayam tanpa kulit dan daging merah rendah lemak. Pilihan menu ini terbilang sehat karena kandungan protein, zat besi, dan lemak tak jenuh yang tinggi.

Akan tetapi, perlu Anda ingat bahwa sebaiknya tidak mengkonsumsi daging rendah lemak secara berlebihan agar tujuan penurunan berat badan Anda tercapai. Tak hanya itu, sebaiknya Anda memilih cara memasak daging yang lebih sehat.

Sayuran Hijau

Anda pasti sudah sangat familiar dengan beberapa jenis sayuran berdaun hijau, seperti bayam, sawi dan kangkung. Jenis sayuran tersebut merupakan pilihan menu diet yang tepat untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Kandungan senyawa tilakoid dalam sayuran berdaun hijau akan memicu rasa kenyang. Dengan demikian, Anda bisa mengatur nafsu makan dengan lebih efisien. Selain itu, sayuran berdaun hijau juga memiliki kandungan serat tinggi yang berguna membantu tubuh merasa kenyang lebih lama.

Telur

Salah satu jenis makanan untuk menurunkan berat badan yang mudah, murah, dan enak adalah telur. Kandungan protein dan lemak sehat yang cukup tinggi dalam telur akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama. 

Efek kenyang lebih lama ini bisa semakin meningkat jika telur dikonsumsi bersama roti menurut salah satu jurnal. Anda bisa mengurangi keinginan makan secara berlebihan dengan mengkonsumsi telur sehingga berat badan pun lebih terjaga.

Ikan

Opsi makanan lain yang bisa Anda konsumsi jika ingin menjaga berat badan adalah ikan. Seperti daging rendah lemak dan telur, ikan memiliki kandungan protein dan lemak sehat yang tinggi sehingga bisa membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Karena rasa kenyang yang lebih lama, Anda bisa mengontrol nafsu makan agar tidak makan berlebihan dan mengurangi cemilan. Tentu Anda bisa lebih berhasil mengontrol berat badan dengan cara ini. Beberapa jenis ikan yang bisa Anda coba untuk membantu menurunkan berat badan adalah ikan kod dan ikan herring.

Yogurt

Yogurt sudah banyak dikenal sebagai jenis makanan yang ramah untuk diet. Yogurt memiliki kandungan probiotik tinggi yang sangat membantu meningkatkan kinerja usus.

Tak hanya itu, kandungan protein yang tinggi dalam yogurt juga berguna untuk membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Sebaiknya Anda memilih yogurt murni tanpa gula sebagai makanan untuk menurunkan berat badan yang juga bermanfaat untuk menurunkan risiko diabetes dan obesitas.

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category