Health

Apakah Kebab dan Kalori Kebab Menyehatkan?

By Erwin |

Kebab adalah salah satu makanan yang berasal dari Timur Tengah. Makanan ini juga menjadi makanan yang sangat praktis. Seporsi makanan kebab sendiri, Anda bisa mengonsumsi dan juga sayur secara sekaligus. Apakah benar kebab menyehatkan dan berapa kalori kebab? Apakah cocok untuk dikonsumsi? 

Mengetahui Jumlah Kalori dalam Kebab

Untuk jumlah kalori kebab sendiri akan bergantung pada jenis daging kebab apa yang akan dipilih. Jika biasanya dalam 1 kebab ayam kalorinya adalah 402 kkal, sedangkan pada daging khususnya daging domba untuk kalorinya sendiri sebesar 517 kkal. Biasanya, di beberapa tempat yang menjual kebab juga memiliki varian vegetarian dan untuk kalorinya sebesar 345 kkal. 

Untuk jumlah besar kecilnya kalori sendiri akan bergantung juga pada lemak dari daging serta minyak sayur untuk memasak. Beberapa orang mengungkapkan bahwa mengonsumsi kebab akan membuat berat badan bertambah dan tidak menyehatkan. Namun, ada cara yang bisa tetap dilakukan untuk mengonsumsi kebab tanpa harus takut jika berat badan akan bertambah atau berat badan berlebih. 

Pilihlah kebab yang sayurnya dibungkus dengan sayuran tortilla maupun roti pita. Memilih bahan ini karena memiliki kandungan gizi yang sangat lengkap namun dengan kalori yang rendah. Jika ingin mengonsumsi kebab namun tidak ingin berat badan bertambah, maka Anda bisa mengimbanginya dengan sering melakukan aktivitas fisik dengan rutin agar berat badan tidak bertambah. 

Kebab dengan Rendah Kalori 

Meskipun kebab sendiri memiliki kalori yang cukup tinggi, namun ada acara untuk mengonsumsi kebab yang lezat dengan kalori kebab yang tidak terlalu tinggi. Nah, untuk beberapa caranya diantaranya adalah: 

  • Pilihlah daging yang rendah akan lemak untuk membantu dalam mengurangi asupan kalori. Bahkan bukan hanya itu saja, untuk kadar lemak jenuh yang akan dikonsumsi pada kebab daging rendah lemak juga akan berkurang. Jika ingin tetap memilih daging ayam, maka pilihlah dada dan jika daging sapi maka pilihlah bagian rendah lemak yaitu sirloin. 
  • Pilihlah kebab dengan porsi yang kecil. Tentunya dengan ukuran yang lebih kecil, maka akan semakin rendah Jangan lupa untuk meminta jauh lebih banyak sayuran dibandingkan dengan dagingnya. 
  • Pastikan juga untuk mengurangi penggunaan saus. Menggunakan saus memang bisa dibilang membuat kebab menjadi lebih lezat. Namun, kalori kebab akan jauh lebih tinggi karena menambahkan saus di dalam kebab sendiri. Di dalam saus ada kandungan gula dan juga lemak sehingga pastikan menggunakan saus dengan porsi yang sangat minim.

Itulah informasi dari kalori kebab yang bisa Anda ketahui sebelum memutuskan untuk mengonsumsi kebab. Adapun beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat kebab yang tinggi akan manfaat dengan beberapa sayur-sayuran yang diisi di dalamnya.  

Share

Latest Articles

Cek 7 Cara Mengatasi Lemas pada Anak Setelah Sakit, Ampuh!

Anak Kurus Apakah Cacingan? Ternyata Ini Penyebabnya!

Kenali 10 Penyebab Bayi Rewel dan Cara Ampuh Mengatasinya!

Intip 10 Fakta Bahaya Makan Mie Instan untuk Anak, Waspadalah!

Khasiat Madu untuk Promil dan Cara Tepat Mengonsumsinya!

Kenali 7 Ciri Ciri Batuk Alergi pada Anak & Bedanya dengan Batuk Biasa

Article Category