Health

Berapa Kalori Yang Terkandung Dalam Seporsi Mie Goreng?

By Erwin |

Banyak orang sangat menyukai mie goreng karena rasanya yang enak dan pengolahannya lebih praktis. Terutama jika Anda melakukan pengolahan mie instan tidak akan membutuhkan waktu lama. Namun, bila sekarang ini Anda menerapkan pola makan yang sehat, pastinya dengan tahu asupan kalori mie goreng merupakan kewajiban. Apalagi jika Anda sekarang ini sedang melakukan diet. 

Kalori dalam Mie Goreng

Kalori dalam mie goreng sangat bervariasi tergantung dengan jenis mie yang dikonsumsi, ukuran dan bahan yang ada di dalamnya. Contohnya, pada satu bungkus mie goreng instan seberat 80 gram, memiliki kandungan kalori mie goreng 350. Bukan hanya itu, mie goreng instan dengan ukuran tersebut memiliki kandungan lemak 12 gram, protein 8 gram dan karbohidrat 52 gram. 

Tidak hanya itu, ukuran pada mie goreng instan jumbo 129 gram, ada 560 kalori, 21 gram lemak, 13 gram protein dan 80 gram karbohidrat. Sedangkan untuk mie goreng konvensional dari mie goreng telur memiliki kandungan kalori 146 kkal, 1,69 lemak, 27,08 karbohidrat dan 5,38 gram protein. Kandungan kalori mie goreng telur memang lebih sedikit tetapi proses dalam pemasakannya memakai minyak. 

Tidak hanya itu, jumlah kalori keduanya bisa meningkat bila Anda menambahkan bahan-bahan lainnya. Misalnya, sosis, telur maupun bakso. 

Batasi Mengonsumsi Mie Goreng

Kalori mie goreng memang sangat tinggi dan memiliki kandungan monosodium glutamat (MSG) dan juga pengawet. Mie goreng konvensional yang tidak menggunakan kandungan MSG merupakan salah satu makanan yang cukup berminyak. Jika keduanya dikonsumsi secara berlebihan pastinya bisa meningkatkan risiko beberapa penyakit. Contohnya, jantung stroke maupun tekanan darah tinggi. 

Terutama, banyak orang Indonesia sering konsumsi mie instan menggunakan nasi. Kombinasi dari keduanya pasti akan meningkatkan jumlah kalori dengan signifikan karena merupakan sumber karbohidrat. Hal tersebut dapat mengakibatkan terjadinya obesitas dan diabetes. Apalagi bila mengonsumsi mie goreng disertai dengan mengonsumsi gula tinggi dan tidak di imbangi dengan olahraga. 

Bila Anda ingin mengonsumsi mie goreng dengan lebih aman, coba dikonsumsi sesekali dengan porsi sedikit. Misalnya, Anda dapat memasaknya setengah baru ditambah dengan sayur untuk sumber serat, telur dan daging sebagai sumber protein dengan jumlah yang tepat. Adanya serat dan protein membuat perut menjadi terasa kenyang walaupun asupan karbohidratnya sedikit. 

Mie Goreng yang Lebih Sehat

Kandungan mie goreng yang tinggi kalori dan beberapa bahan yang kurang menyehatkan tubuh ternyata masih ada alternatif lain yang lebih sehat. Salah satunya adalah mie jenis shirataki yang membuat kenyang tetapi lebih rendah kalori. Mie shirataki juga memiliki kandungan glukoman serupa dengan serat yang mempunyai manfaat untuk kesehatan. 

Faktanya, glukoman tersebut terbukti bisa membantu dalam penurunan berat badan dengan jumlah yang banyak. Kandungan tersebut dicerna dengan lambat di sistem pencernaan. Hasilnya rasa kenyang menjadi lebih tahan lama dan memiliki kandungan kalori mie goreng yang rendah. 

Pada 112 gram mie shirataki mempunyai kandungan nutrisi 10 kkal kalori, 0 gram lemak, 0 gram natrium, 3 gram karbohidrat, 3 gram serat, 0 gram gula dan 0 gram protein. 

Share

Latest Articles

Cek 7 Cara Mengatasi Lemas pada Anak Setelah Sakit, Ampuh!

Anak Kurus Apakah Cacingan? Ternyata Ini Penyebabnya!

Kenali 10 Penyebab Bayi Rewel dan Cara Ampuh Mengatasinya!

Intip 10 Fakta Bahaya Makan Mie Instan untuk Anak, Waspadalah!

Khasiat Madu untuk Promil dan Cara Tepat Mengonsumsinya!

Kenali 7 Ciri Ciri Batuk Alergi pada Anak & Bedanya dengan Batuk Biasa

Article Category