Health

Manfaat Ubi Rebus Untuk Kesehatan dan Jumlah Kalorinya

By Erwin |

Walaupun kalori ubi rebus bisa dikatakan rendah tetapi kandungan nutrisi dan manfaatnya sangat banyak. Bukan hanya vitamin dan juga mineral tetapi ubi jalar ini sangat kaya dengan serat dan karbohidrat. Inilah yang membuat ubi jalar dapat dijadikan sebagai makanan pengganti nasi yang sangat menyehatkan. Ubi jalar juga sangat baik dikonsumsi untuk seseorang yang sedang menjalankan program diet. 

Manfaat Ubi Jalar Untuk Kesehatan

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan bila Anda suka mengonsumsi ubi jalar rebus terutama untuk kesehatan tubuh, seperti:

  1. Membantu menyehatkan usus

Antioksidan dan juga serat pada ubi rebus memiliki manfaat bagi kesehatan usus. Ubi jalar ini mempunyai kandungan dua jenis serat yang tidak larut dan larut. Tubuh tidak bisa mencerna dua jenis serat tersebut. Oleh sebab itu, serat masih tetap ada dalam saluran pencernaan dan memberi berbagai manfaat untuk kesehatan untuk usus. 

Ada beberapa jenis serat larut yang memiliki fungsi untuk menyerap air dan juga membantu melunakkan tinja. Pada sisi yang lainnya, serat yang tidak larut tidak akan menyerap air dan juga menambah jumlah besar. Beberapa serat tidak larut dan larut bisa difermentasikan oleh bakteri yang ada di dalam usus besar. 

Hal tersebut akan menciptakan senyawa yang dinamakan asam lemak rantai pendek yang nantinya dapat mengisi sel yang ada di lapisan usus sehingga membuat usus tetap kuat dan sehat. 

2. Memberikan dukungan pada fungsi penglihatan

Selain kalori ubi rebus rendah ternyata juga sangat kaya dengan kandungan beta karoten, antioksidan yang memiliki fungsi fungsi untuk memberikan warna orange yang cerah pada sayuran. Pada 200 gram ubi jalar orange dengan kulitnya memiliki kandungan tujuh kali lebih jumlah beta karoten yang diperlukan per harinya untuk rata-rata orang dewasa. 

Beta karoten ini akan diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh dan dipakai untuk membentuk sebuah reseptor pendeteksi cahaya pada mata. Ubi jalar yang berwarna ungu juga mempunyai manfaat tersebut. 

3. Meningkatkan fungsi pada otak

Walaupun kandungan kalori ubi rebus ungu tidak terlalu besar, tetapi memiliki manfaat yang sangat besar. Mengonsumsi ubi rebus ungu bisa membantu untuk meningkatkan fungsi otak. Hal tersebut karena memang ubi jalar ungu mempunyai kandungan antocyanin yang bisa melindungi otak dan mengurangi peradangan serta mencegah kerusakan karena radikal bebas.

Kandungan Nutrisi dan Kalori Pada Ubi Rebus

Ubi rebus yang memiliki ukuran sedang atau yang beratnya kurang lebih 150 gram tanpa disertai kulit mengandung kalori ubi rebus 115. Selain itu terdapat kandungan karbohidrat 27 gram, protein 2 gram dan hampir tidak mempunyai lemak. 

Bukan hanya memiliki kalori yang rendah, ubi rebus sangat kaya dengan beta karoten maupun vitamin C. Hal tersebut akan memberikan tubuh kalium, asupan vitamin B6, zat besi, tiamin dan kalium. Ubi rebus juga sangat mengenyangkan karena sebagai sumber karbohidrat dan juga serat makanan yang sangat baik. 

Pada ubi jalar rebus yang mempunyai ukuran sedang mengandung kurang lebih serat 4 gram atau 15% dari nilai harian berdasarkan rekomendasi. 

Share

Latest Articles

Cek 7 Cara Mengatasi Lemas pada Anak Setelah Sakit, Ampuh!

Anak Kurus Apakah Cacingan? Ternyata Ini Penyebabnya!

Kenali 10 Penyebab Bayi Rewel dan Cara Ampuh Mengatasinya!

Intip 10 Fakta Bahaya Makan Mie Instan untuk Anak, Waspadalah!

Khasiat Madu untuk Promil dan Cara Tepat Mengonsumsinya!

Kenali 7 Ciri Ciri Batuk Alergi pada Anak & Bedanya dengan Batuk Biasa

Article Category