Health

Kalori Risol Mayo dan Bahaya Mengonsumsinya Secara Berlebihan

By Erwin |

Saat Anda akan mengonsumsi camilan jauh lebih baik bila Anda tahu lebih dahulu kalori di dalamnya. Hal tersebut dilakukan agar bisa mencegah tubuh mendapat asupan kalori yang berlebihan dan menyebabkan kolesterol tinggi. Salah satu camilan favorit di berbagai kalangan adalah risol mayo, lalu berapa kalori risol mayo?. 

Kalori Risol Mayo Goreng

Risol mayo adalah cemilan dari kulit adonan tepung terigu dan tepung roti. Pada balutan kulit tersebut di dalamnya terdapat smoked beef, telur, sosis dan juga mayones sehingga camilan satu ini dapat dijadikan pengganjal perut yang sedang lapar. 

Satu buah risol mayo mengandung kalori kurang lebih 40 gram tetapi biasanya juga bisa mencapai 110 kalori. Jumlah kalori risol mayo bisa berbeda-beda karena akan tergantung dari bahan yang dipakai dan cara pengolahannya. Bila mempunyai kandungan mayones dan telur lebih banyak kalorinya juga akan banyak bila dibandingkan dengan yang tanpa mayones. 

Jika cara memasaknya menggunakan deep frying juga dapat menambah kalorinya. Jauh lebih baik bila pengolahan menggunakan air fryer yang dapat menggoreng makanan tanpa harus memakai minyak. Kalori risol mayo ini didapat dari tepung, isi sampai minyak yang dipakai. Perkiraan jumlah kalori pada 100 gram risol mayo yang di isinya berbeda-beda. 

-Risol mayo isi telur, keju, mayonaise, smoked beef memiliki kandungan 275 kalori. 

-Risol mayo isi daun bawang, daging cincang dan sayur wortel mengandung 241 kalori. 

- Risol mayo isi ayam cincang maupun suwir mengandung 178 kalori. 

Dampak Buruk Terlalu Banyak Konsumsi Risol Mayo 

Tidak berbeda dengan dengan gorengan jenis lainnya, bila dikonsumsi dengan porsi cukup maka tidak akan menimbulkan dampak buruk untuk kesehatan. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan dapat memicu tubuh menjadi kelebihan kalori yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Salah satu penyakit yang bisa timbul karena terlalu banyak kalori adalah kolesterol. 

Jika terus dibiarkan dapat menimbulkan penyakit berbahaya lainnya seperti stroke sampai jantung. Hal satu ini karena kolesterol yang menumpuk bisa menyumbat aliran darah yang menuju ke jantung. Namun, Anda tidak harus merasa khawatir jika hanya mengonsumsi risol Mayo satu maupun dua buah saja. Walaupun banyak mengandung kalori tetapi bila di konsumsi dengan jumlah sedikit tidak akan berbahaya. 

Risol Mayo berisikan sayuran dan daging mempunyai manfaat untuk kesehatan. Ada kandungan gizi di dalam satu buah risol mayo, seperti lemak 6,19 gram, karbohidrat 9,58 gram, vitamin K, vitamin E dan Omega 3 dari mayones dan protein dari telur 3,73 gram. 

Itulah kalori risol mayo agar bisa menjaga asupan risol mayo yang nanti masuk ke tubuh pastikan mengonsumsinya dengan jumlah yang cukup terutama bila diolah memakai minyak goreng. Cukup mengonsumsinya satu atau dua buah dengan ukuran kecil saja agar tetap bisa menjaga kalori yang masuk ke dalam tubuh. 

Share

Latest Articles

Cek 7 Cara Mengatasi Lemas pada Anak Setelah Sakit, Ampuh!

Anak Kurus Apakah Cacingan? Ternyata Ini Penyebabnya!

Kenali 10 Penyebab Bayi Rewel dan Cara Ampuh Mengatasinya!

Intip 10 Fakta Bahaya Makan Mie Instan untuk Anak, Waspadalah!

Khasiat Madu untuk Promil dan Cara Tepat Mengonsumsinya!

Kenali 7 Ciri Ciri Batuk Alergi pada Anak & Bedanya dengan Batuk Biasa

Article Category