Health

Manfaat dan Kalori Salad Buah

By Erwin |

Di Bulan Ramadhan saat ini, menyantap santapan buka puasa yang manis dan segar pastinya menjadi hal yang wajar dilakukan banyak umat Muslim. Apalagi jika berbuka dengan lezatnya salad buah. Selain nikmat dan segar, salad buah juga memiliki berbagai macam vitamin. Lalu, berapakah kalori salad buah?

Makanan Kaya Vitamin dan Melezatkan, Salad Buah

Semua orang pastinya paham bahwa salad buah sendiri menjadi salah satu jenis makanan yang menyehatkan. Ada banyak vitamin dan juga nutrisi yang akan didapatkan selama mengonsumsi salad buah. Salad buah sendiri juga menjadi salah satu jenis camilan sehat yang akan menggabungkan berbagai jenis buah dan juga bahan-bahan lainnya dalam satu mangkuk. 

Berapakah Jumlah Kalori dalam Salad Buah? 

Pada dasarnya, untuk salad buah ini sendiri akan bergantung pada jenis buah apa saja yang akan dipilih. Dikarenakan pada masing-masing buah sendiri memiliki cukup banyak kalori. Biasanya, untuk buah yang dipilih mulai dari semangka, apel, ceri, jeruk, pisang, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Jumlah kalori ini juga belum ditambah lagi dengan dressing atau kuah salad itu sendiri. Tentunya agar tidak terlalu banyak kalori salad buah yang akan dikonsumsi, maka jangan lupa untuk memilih dressing yang rendah kalori. Bahkan biasanya dalam salad buah ini memiliki banyak keju yang juga akan menambah kalori yang akan dikonsumsi pada salad buah. 

Dalam 1 cangkir atau 1 cup salad buah dengan dressing yang akan dihasilkan, maka terbentuk 77 kalori. Buah yang segar memiliki kepadatan energi yang sangat rendah. Namun, buah ini juga memiliki vitamin dan juga mineral yang sangat tinggi. Tentunya, hanya dengan mengonsumsi 1 cup salad buah saja akan mengenyangkan karena ada banyak vitamin, serat dan mineral dan bisa mencegah rasa lapar. 

Bagaimana Cara Membuat Salad Buah?

Bagaimanakah caranya untuk membuat salad buah? Ada resep yang bisa dilakukan dengan beberapa cara sebagai berikut ini:

  • Menyiapkan Bahan Buah 

Pertama, pastikan untuk menyiapkan buah-buahan yang akan dikonsumsi. Biasanya, untuk beberapa bahan buah yang di dalamnya seperti stroberi, anggur, apel, pisang, semangka, melon dan lain sebagainya. 

  • Menyiapkan Dressing

Anda juga nantinya bisa menyiapkan dressing apa yang akan digunakan. Biasanya, beberapa orang memilih untuk menggunakan yoghurt yang pastinya jumlah kalorinya lebih rendah dan akan jauh lebih menyehatkan. 

  • Proses Pembuatan Salad

Kemudian, potong-potong seluruh buah yang akan dijadikan salad dalam sebuah wadah baik itu cup maupun mangkuk. Kemudian, masukkan yoghurt, aduk-aduk dan salad buah sehat pun siap dihidangkan. 

Adapun beberapa orang yang mengganti yoghurt sendiri menjadi mayonnaise dan juga keju agar rasanya lebih nikmat. Namun, semuanya bisa Kembali lagi sesuai dengan selera dan juga kebutuhan akan konsumsi kalori salad buah yang tidak terlalu tinggi. 

Share

Latest Articles

Cek 7 Cara Mengatasi Lemas pada Anak Setelah Sakit, Ampuh!

Anak Kurus Apakah Cacingan? Ternyata Ini Penyebabnya!

Kenali 10 Penyebab Bayi Rewel dan Cara Ampuh Mengatasinya!

Intip 10 Fakta Bahaya Makan Mie Instan untuk Anak, Waspadalah!

Khasiat Madu untuk Promil dan Cara Tepat Mengonsumsinya!

Kenali 7 Ciri Ciri Batuk Alergi pada Anak & Bedanya dengan Batuk Biasa

Article Category